Oleh = Mochammad Haldi Widianto

Alan Mathison Turing (lahir 23 Juni 1912 – meninggal 7 Juni 1954 pada umur 41 tahun) di Maide Vale, London, Inggris, ia adalah seorang peneliti matematika dan komputer, dan pahlawan perang Inggris.

Dia adalah dari peneliti-peneliti komputer modern digital pertama. Selain itu dia adalah orang pertama yang berpikir menggunakan komputer untuk berbagai keperluan. Dia mengatakan bahwa komputer dapat menjalankan berbagai program. Dia juga memberikan ide tentang mesin Turing, mesin yang dapat menjalankan sekumpulan perintah. Turing juga yang mencetuskan tes Turing. Namanya diabadikan dalam nama Penghargaan Turing.

Alan Punya Potensi sebagai Pelari Olimpiade

Alan mengikuti sejumlah olahraga dan lari adalah favoritnya. Dia sering berlari sejauh 10 mil dari dua lokasi tempat ia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja, yaitu antara National Physical Laboratory dan gedung elektronik di Dollis Hill. Dengan kecepatan larinya, Alan sampai bisa lebih cepat sampai ke kantor daripada rekan kerjanya yang menggunakan transportasi umum.

Gambar 1. Alan Turing potensi pelari olimpiade

Berhasil Membuat Mesin Turing (Turing Machine)

Alan memang sosok yang sangat berpengaruh dalam perkembangan komputer modern. Tahun 1930, ia berhasil membuat mesin yang bernama Turing Machine (Mesin Turing). Mesin ini dapat menjalankan sekumpulan perintah yang sederhana. Mesin ini bisa jadi alat untuk mengubah serta memanipulasi simbol abstrak dasar.

Gambar 2. Penemu Turing Machine

Mesin Colossus penyelamat inggris

Pada saat itu sebenarnya sudah ada team yang lagi memecahkan kode Enigma, namun belum bisa mengatasi kode karena ada “Jutaan kombinasi angka pada kode enigma” yang menyusun beberapa digit angka. Sedangkan mereka memakai algoritma cara brute force : sebuah algoritma untuk menemukan solusi dari sebuah kasus dengan cara mencoba segala kemungkinan/kombinasi yang ada.

Alan pun melakukan beberapa percobaan. Hingga pada akhirnya dia mempunyai sebuah pemikiran yang menjadi sebuah Quote :

“Otak dilawan dengan otak, mesin dilawan/ditaklukkan pun dengan Mesin”

Referensi:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Alan_Turing
  2. https://www.boombastis.com/si-jenius-alan-turing/76239

https://www.codepolitan.com/alan-turing-pioner-awal-terciptanya-komputer-digital-58c686f4cdcef