7 Manfaat Penggunaan Google Bisnisku dalam Mengoptimalkan Strategi Pemasaran


Google Bisnisku adalah fitur yang ditawarkan oleh Google bagi pemilik bisnis yang ingin mengoptimalkan strategi pemasarannya karena Google Bisnisku berguna untuk mempermudah konsumen untuk mengetahui informasi lengkap mengenai sebuah bisnis. Konsumen akan mengetahui nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review pelanggan.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan 7 manfaat penggunaan Google Bisnisku, di antaranya yaitu:

  1. Menyediakan Informasi yang Valid

Di era digital, calon konsumen terbiasa untuk melakukan riset online terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Di Indonesia, 95% calon konsumen melakukan riset secara online sebelum melakukan pembelian. Banyaknya calon konsumen yang melakukan riset online sebelum membeli tentu menuntut pelaku bisnis untuk memberikan online presence yang terbaik. Dengan Google Bisnisku memungkinkan Anda untuk memberikan informasi bisnis yang valid dan terpercaya. Sebab, hanya pemilik bisnis terverifikasi yang ias membuat Google Bisnisku.

  1. Menyediakan Informasi Lengkap dan Aktual

Para pelaku bisnis dapat memberikan informasi yang lengkap dan aktual. Di Google Bisnisku, pelaku bisnis dapat menampilkan informasi dari nama, deskripsi, jam operasional, sampai review pelanggan.

  1. Lokasi Bisnis akan Muncul di Google Maps

Dengan mendaftarkan bisnis di Google Bisnisku, lokasi kantor, restoran, atau perusahaan akan secara otomatis muncul di Google Maps. Pelanggan yang ingin datang ke tempat bisnis Anda akan mudah menuju lokasi dengan bantuan Google Maps.

  1. Nama Produk akan Muncul di Mesin Pencarian Google

Produk yang telah terdaftar di Google Bisnisku juga akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google. Ketika pelanggan mencari nama produk tertentu di Google, Google akan menampilkan informasi produknya.

  1. Mendapatkan Review dari Pelanggan

Berdasarkan riset Trustklik, 70 persen konsumen Indonesia mempercayai review online pelanggan lain. Bahkan mereka 12 kali lebih percaya kepada review online pelanggan lain dibanding keterangan dari produk itu sendiri.

  1. Menjadi Media Komunikasi Pelanggan

Google Bisnisku tidak hanya menyediakan review pelanggan, tetapi juga fitur tanya jawab pelanggan. Pelanggan bisa mengajukan pertanyaan tentang produk di Google Bisnisku. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh pelanggan lain atau oleh pihak pembuat produk.

  1. Menjadi Alat Analisis Pelanggan

Di Google Bisnisku, pelaku bisnis dapat melakukan analisis pelanggan dengan fitur Analytics. Dengan analisis sederhana dari Google Bisnisku, para pelaku bisnis dapat melihat performa bisnisnya dibandingkan dengan pelaku bisnis lainnya, jumlah pelanggan yang telah mengalami transaksi pembelian, dan interaksi pelanggan.