Trend dalam melakukan bisnis semakin meningkat di Indonesia seiring meningkatnya trend-trend permintaan dari masyarakat. Oleh karena itu, dalam artikel ini, akan dibahas 4 trend bisnis yang cocok untuk mahasiswa lakukan, yaitu:

  1. Kuliner

Bisnis kuliner bisa dibilang bisnis yang low cost namun memiliki margin yang menguntungkan. Bisnis kuliner di Indonesia memang tidak pernah mati. Di Indonesia sendiri, bisnis kuliner menyumbang 41,40 persen produk domestik bruto ekonomi kreatif Indonesia dengan nilai 383 triliun rupiah.

Terlebih lagi dengan adanya layanan antar makanan seperti Go Food dan Grab Food, bisnis kuliner semakin berjaya di bidang online. Jasa antar makanan ini memungkinkan pelanggan untuk memesan makanan secara online dan makanan akan diantar ke lokasi pemesan.

Dengan adanya peluang tersebut dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi mahasiswa yang ingin melakukan bisnis.

  1. Fashion

Usaha di bidang fashion masih menjadi primadona di Indonesia, terutama yang dilakukan secara online. Menurut The Jakarta Post, produk fashion menjadi salah satu incaran favorit orang Indonesia ketika berbelanja online. Lingkup industri pakaian sangat luas, dari baju, celana, aksesoris, hingga sepatu.

Mahasiswa yang ingin membuat usaha dapat menjual produk merek terkenal atau bisa juga membuat merek produk fashion sendiri. Merek-merek pakaian lokal pun kini juga banyak dicari oleh konsumen-konsumen Indonesia. Oleh karena itu, usaha di bidang fashion menjadi solusi yang baik bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuan di bidang bisnis.

  1. Skin Care dan Kosmetik

Produk skin care dan kosmetik juga kini sudah menjadi potensi yang baik karena industri ini memiliki masa depan yang cerah. Berdasarkan laporan Kementerian Perindustrian, industri kosmetik mengalami pertumbuhan sebanyak 20 persen pada tahun 2017 dan 95 persen industri kosmetik nasional didominasi oleh industri kecil dan menengah. Pasar yang ditargetkan pun sekarang menjadi lebih luas, tidak hanya perempuan, tetapi laki-laki kini juga menjadi pasar potensial untuk industri kosmetik dan skin care. Selain itu, tren untuk menggunakan bahan alami juga sedang populer di kalangan konsumen kosmetik Indonesia.

Jadi bagi Mahasiswa yang ingin memulai usaha kecil menengah di bidang kosmetik dan skin care, kelompok konsumen laki-laki dapat menjadi target pasar yang potensial. Selain itu, tidak lupa untuk mempertimbangkan bahan-bahan alami pada produknya.

  1. Jasa Foto dan Video

Jasa foto dan video juga dapat menjadi solusi bagi Mahasiswa yang ingin memulai usaha. Meskipun sekarang hampir semua orang bisa mengakses dan menggunakan kamera, belum tentu bisa menghasilkan foto dan video yang bagus. Selain itu, banyak sekali akses bagi pemula yang ingin mempelajari bagaimana membuat foto dan video yang bagus melalui tutorial-tutorial di Youtube.

Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi mahasiswa yang ingin membuka usaha karena trend jasa foto dan video yang ramai dicari adalah untuk mendokumentasikan momen-momen penting seperti pre wedding, pernikahan, wisuda, ulang tahun, atau anniversary.

Sumber:

https://indonesia.tripcanvas.co/id/bandung/kafe-unik-instagram/https://www.thejakartapost.com/tag/Indonesian-fashionhttps://kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri-Kosmetik-Nasional-Tumbuh-20