People Innovation Excellence
 

Build Customer Experience

Apa yang terpikirkan dalam benak kalian apabila saya meminta anda untuk membayangkan bioskop? Mungkin beberapa jawaban yang akan muncul adalah berikut: karpet, aroma khas popcorn, alunan musik yang menenangkan, dan pencahayaan ruangan yang cukup redup. Namun pernahkah kalian coba menyimak dan memperhatikan, mengapa perusahaan melakukan hal tersebut untuk konsumennya? Tentu saja semua aktivitas yang dilakukan perusahaan memiliki tujuan tertentu selain meningkatkan profit, salah satu tujuan lainnya tersebut adalah menciptakan customer experience yang baik sehingga konsumen akan menjadi loyal pada produk atau jasa yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan customer experience yang maksimal untuk mendukung usaha yang kita lakukan, secara sederhana, ketika kita hendak membuat customer experience, kita harus memikirkan empat benefits bagi konsumen kita, yakni:

  1. Sensing benefits
  2. Emotional benefits
  3. Rational benefits
  4. Dan physical benefits

Setiap element tersebut harus dapat diterjemahkan melalui unsur marketing mix yang akan kita buat bagi customer kita seperti:

  1. Produk

Keunggulan produk kita dibandingkan dengan produk sejenis, value produk apa saja yang kita tawarkan kepada konsumen,

  1. Price

Harga yang ditawarkan harus memiliki lebih banyak benefit dibandingkan dengan cost yang mereka keluarkan untuk membeli produk kita,

  1. Place

Hal yang perlu diingat adalah tidak hanyak berkaitan dengan fisik lokasi, tetapi juga setiap channels yang kita gunakan untuk dapat berinteraksi dengan konsumen kita serta bagaimana konsumen mendapatkan produk yang kita tawarkan,

  1. Communication,

Tidak hanya terkait dengan pelayanan terhadap konsumen, tetapi juga tentang cara kita ketika bersinggunggan dengan konsumen kita. Serta bagaimana kita membangun persepsi terkait dengan produk kita dihadapan para konsumen.

  1. Process/Technology

Terkait dengan proses, sebisa mungkin memang setiap konsumen yang bersinggungan dengan usaha kita mengalami proses bisnis yang sederhana dan user friendly, sehingga konsumen memiliki kesan yang baik terhadap produk kita serta penggunaan teknologi di usaha kita juga harus mempermudah proses bisnis yang terdapat di usaha kita.

  1. People

Pastikan setiap konsumen kita yang bersinggungan, baik itu secara langsung maupun tidak langsung, dengan orang yang ada di setiap channels dari usaha kita adalah orang yang kompeten dan ahli dibidangnya, karena setiap pengalaman yang dirasakan oleh konsumen pasti akan mereka ingat dan bisa di tularkan kepada orang lain.

Sehingga secara keseluruhan, setiap aktivitas yang kita lakukan saat mengembangkan usaha kita dapat berlangsung dengan baik dan menimbulkan kesan yang baik dan positif dan dalam jangka panjang, usaha kita akan memiliki konsumen yang loyal terhadap usaha yang kita bangun.

Reference:

https://www.sketchbubble.com/en/presentation-customer-experience.html


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close