People Innovation Excellence
 

Sekilas Tentang Data Recovery

Artikel berikut akan membahas Sekilas Tentang Data Recovery. Setiap orang yang menggunakan komputer pribadi akan menghadapi kasus pemulihan data ketika terjadi data yang hilang atau rusak. Performansi perangkat keras dan lunak komputer akan mengalami penurunan seiring dengan perubahan waktu. Hard drive dan komponen mekanis lainnya dari komputer tidak akan bertahan selamanya. Ketika terjadi kegagalan dalam memulihkan data yang rusak, akan menjadi hal yang sulit, memakan waktu dan mahal.

Jika Anda bekerja pada dokumen Microsoft Word atau spreadsheet di Microsoft Excel dan listrik padam, Anda mungkin masih dapat memulihkan dokumen yang sedang Anda kerjakan ketika lampu menyala kembali. Jenis pemulihan data ini relatif mudah dan langsung. Produsen perangkat lunak menyadari bahwa pemadaman listrik tidak dapat dihindari dan tidak dapat diprediksi dan sebagian besar aplikasi kantor menggabungkan apa yang dikenal sebagai fitur penyimpanan otomatis. Pada interval yang ditentukan, dokumen yang telah Anda buka disimpan ke file yang di-cache. Mereka tetap dalam cache dan harus dapat diakses setelah listrik menyala. Cukup dengan membuka Microsoft Word atau Excel biasanya akan mengembalikan dokumen-dokumen ini secara otomatis.

Misalnya, ketika Anda membuka Word setelah mati lampu atau kesalahan perangkat lunak, Anda akan disajikan dengan dokumen yang diikuti oleh kata yang dipulihkan dalam tanda kurung. Ini adalah dokumen yang sedang Anda kerjakan pada titik penyimpanan otomatis terbaru. Anda mungkin masih kehilangan pekerjaan beberapa menit dengan cara ini, tetapi itu pasti lebih baik ketimbang harus mengetik ulang seluruh dokumen.

Jika dokumen yang dipulihkan tidak muncul secara otomatis, cari file di hard drive Anda yang diakhiri dengan tmp. Cari yang waktunya dekat dengan waktu kegagalan daya atau kesalahan perangkat lunak dan buka. Kemungkinan besar dokumen yang Anda buka saat itu.

Tentu saja tidak semua pemulihan data sangat mudah dan mudah. Jika Anda menghapus file secara tidak sengaja, itu adalah masalah sederhana untuk memulihkannya dari tempat sampah daur ulang. Namun, begitu Anda mengosongkan tempat sampah daur ulang, segalanya menjadi lebih sulit. File yang dihapus masih berada di komputer Anda di suatu tempat, tetapi pointer yang memberi tahu program tempat menemukan file itu sekarang sudah tidak ada. Ada berbagai alat perangkat lunak yang tersedia yang menjanjikan untuk membantu memulihkan file yang dihapus, dan mereka semua memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Bahkan program pemulihan yang digunakan gagal memulihkan data Anda, Anda harus memikirkan untuk meminta bantuan layanan pemulihan data (recovery). Layanan pemulihan data mengkhususkan diri dalam memulihkan data dari hard drive yang gagal dan rusak. Layanan pemulihan data ini memiliki alat dan peralatan yang tidak tersedia untuk masyarakat umum, tapi Anda harus membayar sejumlah uang sebagai kompensasinya.

Pemerintah dan tim forensik penegakan hukum akan sering menggunakan teknik pemulihan data canggih ini untuk menyelidiki kasus-kasus kejahatan komputer. Bisnis juga akan beralih ke layanan pemulihan data profesional untuk memulihkan data penting misi dari hard drive yang rusak.

Penting untuk memilih perusahaan yang memiliki reputasi baik kapan saja Anda perlu melakukan layanan pemulihan data. Perusahaan yang Anda pilih harus dapat memberikan referensi dari klien sebelumnya. Semoga Anda terhindar dari kegagalan data.

Wassalam – Bobsis.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close