Entrepreneurship adalah jiwa kewirausahaan yang dibangun untuk menghubungankan antara ilmu pengetahuan dan pasar. Sebagai entrepreneur kita dituntut dapat membangun dan mengembangkan usaha, kita harus bisa memecahkan dan menimimalisir masalah yang ada didalam peruasahaan.Entrepreneur harus bisa memkobinasikan keahlian orang-orang untuk memaksimalakn kinerja perusaan. Lalu, entrepreneur harus benar-benar peka dan mampu mengambil serta memanfaatkan peluang yang ada dipasar untuk memenuhi keinginan orang-orang.

Salah satu contoh yang peka dan dapat memanfaatkan peluang tersebut adalah seorang Rex Marindo, dia mengetahui bagaimana pasar di Indonesia khususnya Bandung, dia memiliki keinginan yang kuat untuk terus belajar, dia melakukan survey pasar, dan dia melakukan inovasi hasil dari survey pasar tersebut. Dia memiliki pemikiran yang simple dan tidak ribet namun tetap inovatif, dia berargumen bahwa orang-orang di Indonesia suka kumpul bersama-sama, nongkrong sambil minum kopi, murah, dan foto-foto. Dari situlah muncul ide membuat tempat nongkrong bernama Upnormal dimana semua yang dibutuhkan anak-anak masa kini ada.

Berikut ini adalah beberapa kiat dan saran dari Rex Marindo untuk membangun dan melejitkan Bisnisnya:

#1 Inspirasi dari Hobi

Rex Marindo adalah tipe orang yang hobi nongkrong di warung kopi dengan menu-menu sederhana yang ditawarkannya seperti mie instan, roti bakar, dan berbagai jenis minuman lainnya.

Ia juga sering melakukan ‘wiskul’ atau wisata kuliner menjajaki berbagai daerah di Indonesia, dan dari sinilah Rex Marindo dan kawan-kawan mendapatkan ide menjalankan bisnis kuliner sambil mengangkat nilai jual kuliner lokal.

 

#2 Komitmen dan Konsisten untuk Belajar

Berbisnis bersama teman itu dapat dikatakan gampang-gampang susah. Membutuhkan komitmen yang tinggi dari Setiap orang atau pendirinya sesuai dengan visi awal didirikannya usaha tersebut.

Selain menjaga komitmen, Rex Marindo dan kawan-kawan senantiasa terus belajar dan berdiskusi untuk membuat perencanaan yang matang dan tidak pernah takut gagal pada saat eksekusinya.

Bagi Rex Marindo, tidak ada istilah bawahan dan atasan dalam merintis bisnis karena pemilik usaha juga harus mau turun tangan langsung bahkan hingga di level bawah.

 

 

#3 Pahami Target Pasar

“Gue harus mengerti market, baru bikin kemasan, bikin merek dan segala sesuatu yang bisa memenuhi ekspektasi mereka (konsumen).” Kata Rex. Jadi pengetahuan terhadap target pasar sanagat penting bagi seorang entrepreneur. Menurutnya, target pasar adalah hal penting yang harus diketahui, dipahami, dan ditetapkan terlebih dulu sebelum memulai langkah berbisnis.

Apapun bentuk dan jenis produknya, baik itu berupa produk makanan, barang, atau bahkan jasa sekalipun, memahami target pasar adalah salah satu kunci penting agar bisnis yang dijalankan dapat maju dan berkembang.

 

 

#4 Ciri Khas Menjadi Kekuatan Produk

Menggali ciri khas mie instan dari kekayaan kuliner Nusantara yang dikolaborasi dengan cita rasa modern adalah upaya yang digali oleh Rex Marindo dan kawan-kawan.

Hal inilah yang menurutnya bisa memunculkan keunikan tersendiri. Selain itu, bisa juga dengan mengikuti tren yang sedang berkembang di pasaran dan dikemas secara unik.

 

 

“Misalnya lagi tren rasa pedas beberapa level, dari level satu. Nah, di tempat kita ada level nuklir yang bukan buat manusia biasa gitu.”

 

#5 Tidak Cukup Dengan Modal Nekat

Walaupun dirinya terhitung nekat karena banting setir meninggalkan bisnis konsultan pemasaran danmenjadi seorang entrepreneur, bukan berarti Rex Marindo dan kawan-kawan belum sama sekali mempelajari bidang yang akan digelutinya.

Meski profesi wirausaha sedang naik daun di kalangan anak muda, kita juga perlu berbekal ilmu, khususnya marketing. Contohnya saja, usaha makanannya yang berupa nasi goreng, ayam dan mie instan sudah banyak ditemukan di tempat lain.

Nah gitu guys!jadi sekarang yang merintis jangan patah semangat,walaupun masih rugi tetaplah berusaha pengalaman itu akan berharga jadi sukses itu butuh waktu dan proses ya temen-temen!

 

Edited by Panji Miftah Gofari (2301851515)

 

Daftar pustaka

 https://www.google.com/amp/s/www.finansialku.com/warunk-upnormal-rex-marindo/amp/

https://www.temukanpengertian.com/2013/06/pengertian-entrepreneurship.html?m=1