Menjadi seorang creativepreneur tentunya tidak diperlukan keahilan khusus, hanya dibutuhkan kegigihan dari dalam diri untuk mau berusaha belajar. Selain itu, untuk menjadi seorang creativepreneur yang dapat dikenal luas, kita harus bisa cerdik ketika akan melakukan bisnis apa atau jasa apa yang akan kita berika kepada customer. Hal pnting yang harus diperhatikan ketika memutuskan untuk menjadi seorang creativepreneur adalah solve customer problem atau menjawab permasalahan customer melalui barang atau jasa yang kita berikan.

Benefit Menjadi Seorang Creativepreneur

Banyak sekali benefit yang kita dapatkan ketika kita menjadi seorang creativepreneur yang sukses. Kita akan menjadi semakin dikenal luas oleh masyarakat, selain itu produk kita pun akan menjadi mudah untuk diingat terus oleh customer. Dalam hal pengembangan produk dan pemasaran, kita akan mendapatkan cukup banyak kemudahan dengan “hanya” memposting produk atau jasa kita di media sosial seperti Instagram atau facebook, maka customer akan dapat segera mengetahuinya, kemudian kita juga dapat membuat website untuk produk atau jasa kita dan dapat melakukan paid promosi.

Contoh Perusahaan Creative

Salah satu contoh perusahaan yang layak dicap sebagai perusahaan yang creative yaitu Go-jek. Kenapa? Karena Go-jek adalah perusahaan yang solve customer problem, dimana saat ini ketika kita hendak berpergian namun bingung akan menggunakan trasnportasi apa, maka disinilah Go-jek berperan. Kita dapat memilih mau naik mobil atau naik motor. Tentunya dengan harga yang terjangkau pula. Sebelum adanya transportasi online atau Go-jek ini, kita hanya bisa naik angkot atau memesan taksi sebagai transportasi umum. Ketika kita memilih angkot, tarif yang diberikan memang murah dan terjangkau, namun cenderung tidak aman. Kemudian, taksi, relatif jauh lebih aman sih dibandingkan dengan angkot, namun tarif argonya yang ditawatkan cukup mahal sekali. Tidak halnya dengan Go-jek, kita dapat berpergian kemanapun dengan rasa aman tanpa memusingkan tarif yang akan dibayar, karena Go-jek cukup sering memberikan promo berupa potongan harga atau promo-promo lain kepada penggunanya. Selain itu, kita dapat memberikan rating kepada driver yang mengantar kira yang nantinya rating tersebut akan berpengaruh terhadap penilaian kinerja driver dari Go-jek tersebut.

Maka dari itu, ketika seseorang telah memutuskan untuk menjadi seorang creativepreneur, dia tidak akan pernah rugi atau bahkan menyesal di akhir, tetapi malah akan memberikan keuntungan yang besar dan feedback yang sangat berguna untuk kehidupan kita di kedepannya. Jika kita mempunyai kesempatan untuk menjadi seorang creativepreneur janganlah ragu untuk mengambil kesempatan tersebut dan jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Seperti kata pepatah, kesempatan tidaklah datang dua kali.

Oleh:

Jesslyn Chandra / 2201805615
Christin Wahyuni / 2201783860
Vina Josephine / 2201812476