Menggunakan Adobe Illustrator CC

Dalam Desain Komunikasi Visual, menyampaikan pesan visual dapat dilakukan dengan membuat karya visual, dengan dua cara secara teknis, yakni manual dan digital. Tentu kita semua sudah sangat lekat dan sering sekali menggunakan aplikasi peng-edit-an di smartphone kita masing-masing. Kita bebas menentukan tema, warna, jenis editan, untuk tujuan tertentu. Entah itu untuk menghibur, membuat konten interaktif, ataupun informative, dengan menggunakan berbagai aplikasi. Entah itu berupa fotografi, ilustrasi, kartun, atau gambar 3 dimensi.

Pada komputer, jika kita ingin membuat desain yang sifatnya dua dimensi, atau bentuk visualnya seperti kartun, kita dapat membuatnya dengan menggunakan Adobe Illustrator CC. Bidang-bidang pada visual yang dihasilkan dengan Adobe Illustrator CC dimanakan vector. Yang membedakan gambar berbidang vector dengan digital drawing adalah vector itu sendiri. Vector akan terbentuk apabila kurva pada bidang, tertutup. Dia tidak berupa garis atau stroke saja, seperti pada digital drawing.

Ilustrasi yang ada pada vector, biasanya tidak digambar manual seperti pada digital drawing. Prosesnya biasanya adalah men-tracing atau menjiplak objek atau foto tertentu sesuai dengan tema dan konsep karya yang ingin dibuat. Sementara digital drawing, biasanya berupa gambar manual yang dibuat oleh seseorang, seperti menggambar pada umumnya, namun menggunakan alat digital seperti Wacom.

Agar proyek karya vector menjadi lebih menarik, maka dibuatlah karya visualisasi diri dengan membuat karikatur diri. Karikatur diri ini diambil dari kegemaran atau kesukaan seseorang terhadap sebuah karakter. Entah itu karakter super hero, karakter dari film horror, dan lain sebagainya. Yang paling penting adalah, selain pemilihan karakternya adalah yang digemari, juga yang paling mendekati kepada sifat atau bentuk fisik dari si pembuat.

Setelah mendapatkan karakter yang sesuai dengan sifat dan visual diri, selanjutnya, dibuat pula ukuran kepala dari karakter tersebut menjadi lebih besar. Sebab hal ini adalah salah satu ciri dari karikatur. Agar sifat karikatur nya keluar, dan visual yang akan terbentuk adalah kartun dua dimensi, maka aspek vector ini sangat kuat di dalamnya.

Hasil karya dari proyek ini dinilai baik, dan prosesnya pun menyenangkan. Berikut beberapa contoh hasil karya visualisasi diri dengan menggunakan aplikasi Adobe Illustration CC :