Dalam buku Font & TIPOGRAFI yang ditulis oleh Surianto Rustan, tipografi secara tradisional berhubungan erat dengan setting huruf dan pencetakannya. Saat ini tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf. Dalam Desain Komunikasi Visual, tipografi menjadi sangat penting karena setiap bentuk bisa memiliki maknanya sendiri. Contohnya Times New Roman memiliki serif/kait yang berkesan tajam sedangkan Comic Sans termasuk dalam sans serif/tidak memiliki kait dan tidak bersudut.

Mempelajari prinsip desain adalah dasar dalam memahami desain itu sendiri. Ada 6 prinsip desain yang harus dimengerti, antara lain:

  1. Unity/harmony (kesatuan/harmoni)
  2. Balance (keseimbangan)
  3. Hierarchy (hirarki/susunan bertingkat)
  4. Scale/proportion (skala/proporsi)
  5. Dominance/emphasis (dominan/penekanan)
  6. Similarity & contrast (kesamaan dan kontras)

Dalam mata kuliah Tipografi 1 di Binus @Bandung jurusan Desain Komunikasi Visual, mahasiswa diberikan tugas berupa penggabungan tipografi dan prinsip desain. Hal ini bertujuan untuk melatih kepekaan mahasiswa terhadap prinsip desain yang telah dipelajari tetapi mengganti bentuk dasar (basic shape) menjadi sekumpulan huruf-huruf.

Dua buah karya di atas merupakan contoh desain yang dibuat oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual angkatan 2021 Binus @Bandung. Seluruh prinsip desain masuk dalam karya tersebut. Ada kesatuan antara luasnya bidang gambar, huruf-huruf, dan pemakaian warna. Terdapat keseimbangan yang simetris pada karya B dan asimetris pada karya A. Audience akan mengerti dari mana arah gerak/baca (hirarki) terlebih jika melihat contoh karya A. Proporsi antara huruf yang satu dengan yang lainnya membuat suatu harmonisasi. Jika melihat karya A terdapat huruf berukuran kecil diantara huruf yang besar hal ini membuat penekanan pada karya. Pada karya B unsur similarity dan contrast sangat terlihat. Di satu sisi pemakaian huruf yang sama dan simetris membuat karya tersebut terlihat teratur, tetapi di sisi lain kontras terlihat dari pemakaian warna yang berbeda antara bagian kiri dan kanan.

 

Dengan memadukan antara tipografi dan prinsip desain, diharapkan bisa menghasilkan sebuah karya yang memiliki cita rasa baru. Bukan hanya bentuk persegi, bulat, segi tiga atau persegi panjang yang dapat diolah dengan prinsip desain tetapi dengan memadukan huruf-huruf dapat menghasilkan harmoni yang kuat.