Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Industri Teknologi Kreatif di Indonesia diprediksi terus tumbuh berkembang.

Didukung jumlah demografi penduduk yang besar, akses internet yang makin mudah dan murah serta penetrasi tinggi.

Hal ini membuka peluang besar bagi pelaku industri teknologi kreatif untuk akses di abad ke-21 ini.

“Saat ini minat, kreativitas, inovasi anak muda Indonesia sebagai pelaku industri teknologi kreatif muda juga sangat luar biasa pertumbuhannya,” kata Rektor Binus @Bandung, Andreas Chang, pada acara diskusi media bertema ‘Mendorong Pertumbuhan Industri Kreatif di Bandung dan Jawa Barat’ di Kampus Binus Bandung, Rabu (21/3/2019).

Menurutnya, kebutuhan pelaku industri teknologi kreatif muda yang mumpuni semakin meningkat.

Kondisi ini ditandai dari banyaknya penemuan atau inovasi baru berbasis teknologi digital yang diciptakan.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga di bidang industri teknologi kreatif, perlu didukung kesiapan sumber daya manusia atau SDM yang mumpuni.

Saat ini, perguruan tinggi harus mampu mempersiapkan para mahasiswa dan lulusannya menciptakan ilmu pengetahuan yang inovatif, adaptif, kompetitif, serta mampu menciptakan lapangan kerja baru sebagai konsep utama daya saing dan pembangunan bangsa di era revolusi industri 4.0.

Ia mengatakan, untuk sukses di abad 21 ini, diperlukan keterampilan sesuai abad karena tuntutan zaman sudah berubah.

Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) menyantumkan sejumlah keterampilan yang akan sangat diperlukan pada tahun 2020, antara lain keterampilan memecahkan masalah yang kompleks, keterampilan berpikir kritis, kreativitas, keterampilan mengelola modal insani, dan berkoordinasi.

“Dunia pendidikan harus berubah, harus mengikuti kebutuhan zaman. Karena itu, Binus Bandung juga ingin mendorong pertumbuhan industri teknologi kreatif khususnya di Bandung dan Jawa Barat dengan menyiapkan kebutuhan SDM berkualitas di sektor ini,” katanya.

Universitas Binus Bandung, katanya, turut membangun ekosistem teknologi kreatif dan entrepreneurship yang dapat mendorong pertumbuhan industri kreatif berbasiskan teknologi di Indonesia.

Ia juga mengklaim bahwa kampusnya membangun pelaku industri kreatif muda dalam perkembangan industri kreatif di era digital, serta turut mengembangkan jiwa kreatif dan teknologi di kalangan mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi.

“Kampus di Bandung ini hadir untuk memastikan mahasiswanya memiliki 21st century skills untuk sukses,” katanya

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Menghadapi Era Industri Kreatif, Rektor Binus Bandung Sebut Dunia Pendidikan Harus Berubah, http://jabar.tribunnews.com/2019/03/20/menghadapi-era-industri-kreatif-rektor-binus-bandung-sebut-dunia-pendidikan-harus-berubah.
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Theofilus Richard