Basis data, apakah basis data itu? Bagi Anda yang telah terbiasa menggunakan komputer tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah basis data atau database. Mungkin Anda juga sudah pernah mendengar atau menggunakan basis data dari perusahaan terkenal seperti SAPDB, Microsoft SQL-Server dan Oracle DB. Pada aktifitas keseharianpun Anda tidak lepas dari yang namanya basis data, betul tidak? Mari kita analisa, ketika anda menelpon teman dari ponsel Anda, Anda tidak perlu mengingat nomor telpon teman Anda, tapi Anda hanya perlu mencari namanya saja di Phone Book ponsel Anda yang nanti akan ditampilkan nomor telpon teman Anda tersebut. Phone Book ponsel merupakan salah satu implementasi dari basis data.

Bukti lain bahwa Anda sering berinteraksi dengan basis data adalah ketika Anda melakukan penyetoran uang di teller sebuah Bank, nominal uang yang Anda setor akan tersimpan dan ketika Anda mengecek di ATM maka terlihat penambahan nominal pada rekening Anda sebedar uang yang Anda setor di teller, dimanakah nominal uang tersebut disimpan oleh teller Bank? jawabannya adalah di dalam basis data Bank tersebut.

Oke satu bukti lagi bahwa Anda selalu berinteraksi dengan basis data. Anda tentu punya email kan? nah email yang Anda terima dari teman Anda tahun lalu masih bisa Anda lihat di email Anda sekarang ini selama Anda belum menghapusnya, dimanakah data email tersebut di simpan? jawabannya adalah di dalam basis data.

Dari beberapa bukti tersebut bisa kita simpulkan bahwa setiap hari kita tidak bisa lepas dari yang namanya basis data. Sadar atau tidak kita menggunakan basis data, baik untuk keperluan pekerjaan ataupun personal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Oke selanjutnya kita coba analisa, basis data itu apa?

Dilihat dari makna per kata basis adalah dasar sedangkan data adalah kumpulan fakta yang dikumpulkan dan dicatat dalam berbagai media, kalau kita gabungkan kedua kata tadi maka basis data adalah sebuah dasar yang mengumpulkan fakta yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang dicatat dalam berbagai media.  Menurut Wikipedia, basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Penulis sendiri mengartikan basis data sebagai berikut: sekumpulan data terstruktur terdiri dari baris dan kolom yang disimpan pada suatu media penyimpanan dimana data tersebut dapat dimanipulasi (tambah, ubah, hapus) dan dapat dilihat dengan menggunakan teknik tertentu untuk menghasilkan informasi yang lebih bermakna.

Oke cukup dulu pengertian tentang basis data. Sekarang kita tahu bahwa basis data itu menyimpan sekumpulan data terstruktur.

Nah muncul lagi nih pertanyaan, data terstruktur itu apa? Mari kita awali jawaban tentang data terstruktur dari implementasinya pada basis data. Data terstruktur diimplementasikan menjadi sebuah tabel pada basis data, jadi bisa dikatakandata terstruktur itu adalah tabel pada basis data. Sebuah basis data akan terdiri dari satu atau lebih tabel, jadi sebuah basis data akan terdiri dari sekumpulan data terstruktur.

Hmm..muncul lagi nih pertanyaan, tabel sendiri itu apa? Anda tentu pernah menggunakan Microsoft Excel kan? Microsoft excel adalah jenis basis data spreadsheet (apa lagi nih spreadsheet?, pembahasan spreadsheet akan di bahas pada artikel terpisah) dimana terdapat baris dan kolom. Tabel merupakan bagian dari basis data yang terdiri dari baris dan kolom, baris pada tabel disebut dengan rows/records sedangkan kolom disebut dengan columns/fields. Pembahasan detil tentang tabel akan di bahas pada artikel lainnya. Oke sekian dulu perkenalan kita dengan basis data, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.  (sumber: http://belajarbasisdata.id/2017/07/02/pengenalan-basis-data/)

Wassalam, Bobsis.