KEARIFAN LOKAL DALAM KARYA KOMPUTER GRAFIS DESAIN KOMUNIKASI VISUAL BINUS@BANDUNG

Salah satu mata kuliah yang dipelajari di jurusan Desain Komunikasi Visual adalah komputer grafis. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa dan mahasiswi Binus@Bandung diajarkan menggunakan perangkat lunak, salah satunya adalah adobe illustrator CC. Dalam mempelajari perangkat lunak ini, mahasiswa dan mahasiswi Binus@Bandung diarahkan untuk membuat projek yang berupa buku cerita rakyat dari daerah yang tersebar dari segala penjuru di Indonesia.

Negara kita memiliki banyak sekali cerita rakyat yang dapat diangkat dan dibuat ilustrasinya. Oleh karena itu, projek membuat ilustrasi buku cerita rakyat dengan menggunakan perangkat lunak adobe illustrator CC ini adalah hal yang baik, dapat meningkatkan kepedulian mahasiswa dan mahasiswi Binus@Bandung kepada kearifan lokalnya, sambil belajar tentang tehnik perangkat lunak adobe illustrator CC ini.

Selain mempelajari tentang perangkat lunaknya, mahasiswa dan mahasiswi Binus@Bandung juga mempelajari tentang layout, pemilihan typeface, dan color theory. Mahasiswa dan mahasiswi Binus@Bandung pun membuat karya mereka menjadi interaktif, dengan membuat karya nya berbentuk pop-up, yang sangat menarik. Sehingga, membaca buku cerita rakyat Indonesia, dapat menjadi lebih menyenangkan.

Karya cerita rakyat Indonesia yang dibuat oleh mahasiswa dan mahasiswi Binus@Bandung cukup memuaskan, dinilai dari antusiasme mereka, dan bagi pemula, karya yang mereka hasilkan dapat bersaing dengan karya-karya lain yang sudah memiliki jam terbang.

Salam Kreatif

~CACA | Citra Fadillah