Beberapa pekan lalu, tepatnya 11 Oktober 2017, jurusan Teknik Informatika Binus Bandung berkesempatan untuk berbagi inspirasi di SMAK Bina Bakti Matius. Inspirasi yang digalang kali ini tentang virtual reality, teknologi yang tengah menjadi tren saat ini. Bertempat di lantai 2 SMA ini, para siswa kelas XI antusias mengikuti acara ini. Dipandu oleh pak Boby Siswanto dan pak Arfive Gandhi, topik tentang virtual reality dibawakan dengan suasana santai disertai demonstrasi contoh produk-produk virtual reality. Acara ini terselenggara sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang diselenggarakan sesuai bidang keilmuan dosen-dosen Binus Bandung.

Materi utama yang dibawakan pada acara ini, yaitu virtual reality, sebetulnya bukan hal yang asing bagi generasi muda saat ini. Teknologi virtual reality memungkinkan pengguna memasuki dunia digital yang sifatnya ‘buatan’ dimana mereka dimungkinkan untuk berpetualang serta berinteraksi sesuai tingkat kerumitan teknologinya. Hanya saja, pemanfaatannya masih identik dengan permainan interaktif atau game. Padahal, masih banyak manfaat lain melalui berbagai modifikasi produk untuk kebutuhan kerja manusia. Pemanfaatan inilah yang menjadi bahan diskusi pada acara ini. Diharapkan para siswa mampu tergugah untuk ikut berkreasi di bidang komputer, khususnya teknologi virtual reality.

Pada acara ini, para siswa ‘asyik’ menikmati dunia ‘buatan’ melalui perangkat yang disediakan oleh Binus Bandung. Ada yang mencoba sensasi dunia ‘buatan’ ini dengan video ekspedisi di taman dinosaurus, bahkan ada pula yang mencicipi suasana misterius ala video horor. Video-video tersebut memang tersedia banyak di dunia maya namun perlu perangkat khusus virtual reality. Suasana makin asyik dengan dialog selingan mengenai ide apa yang bisa dibuat dengan teknologi virtual reality tersebut. Pada kesempatan ini pula, para siswa diajak diskusi ringan mengenai dunia perkuliahan bidang komputer serta prospek kerjanya. Meskipun peserta masih kelas XI, namun wawasan mengenai dunia perkuliahan memang perlu dikenalkan agar saat kelas XII nanti dapat memilih jurusan kuliah dengan tepat sesuai minat dan bakatnya.