Program Program (2+1)+1 dan Relevansinya dengan Kebutuhan Masa Kini

Skema Program (2+1)+1 secara sederhana dapat diterjemahkan sebagai 2 tahun kuliah di kampus asal, 1 tahun kuliah di kampus BINUS UNIVERSITY yang berlokasi di kota lain, dan 1 tahun menjalani program enrichment. 

Tidak sedikit lulusan perguruan tinggi yang belum memperoleh pekerjaan setelah menerima ijazah. Apa saja faktor yang menyebabkan hal ini? Salah satu faktor yang utama adalah ketidaksiapan alumni kampus untuk bersaing dengan ratusan ribu fresh graduates yang lain. Kompetisi mencari pekerjaan pada zaman sekarang memang sangat ketat.

Memahami pentingnya mempersiapkan mahasiswa sebelum lulus dan terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya, BINUS UNIVERSITY merancang Program (2+1)+1. Program ini dinilai efektif untuk membantu mahasiswa mempelajari bidang ilmu yang dipilih, baik secara teoritis maupun praktis. 

Apa Itu Program (2+1)+1?

Skema Program (2+1)+1 secara sederhana dapat diterjemahkan sebagai 2 tahun kuliah di kampus asal, 1 tahun kuliah di kampus BINUS UNIVERSITY yang berlokasi di kota lain, dan 1 tahun menjalani program enrichment. 

Kuliah selama dua tahun di kampus asal merupakan model kuliah biasa. Mahasiswa hadir di kelas untuk belajar tatap muka dengan dosen. Mahasiswa mempelajari bidang ilmu yang dipilihnya sesuai kurikulum yang telah ditetapkan. 

Untuk memperkaya pengetahuan dan memperdalam wawasan, mahasiswa juga bisa mengikuti kelas Minor Program. Program ini adalah mempelajari mata kuliah tertentu yang bukan termasuk dalam kurikulum jurusan yang diambil. Mahasiswa bisa mengikuti kelas Minor Program mulai dari semester tiga hingga semester lima. 

Selanjutnya, mahasiswa menjalani Mobility Program atau kuliah selama satu tahun di kampus kota lain mulai semestar 5. Kampus BINUS UNIVERSITY hingga saat ini ada di Jakarta, Malang, Bandung, dan Semarang. Mahasiswa bisa mengambil program studi yang selaras dan melanjutkan pembelajaran kurikulum walaupun berbeda kampus.

Fase ketiga adalah enrichment program yang berlangsung selama satu tahun dan bisa mulai dijalankan pada semester 7. Enrichment program terdiri atas enam jenis kegiatan pilihan, yaitu penelitian, pengabdian sosial, merintis usaha, studi ke luar negeri, magang kerja, atau further study. Mahasiswa bebas memilih enrichment program yang dianggap paling sesuai dengan kebutuhan.

Mengapa Program (2+1)+1 Penting?

Program (2+1)+1 dianggap sangat penting dalam mempersiapkan lulusan yang memiliki kualitas dan dapat diandalkan. Alasannya adalah karena program ini membantu mahasiswa untuk mempelajari bidang ilmu tertentu dengan berbagai metode. Tujuan Program (2+1)+1 tersebut secara umum adalah untuk memastikan lulusan BINUS UNIVERSITY tetap relevan dan dibutuhkan pada masa kini. 

Masa kuliah yang didukung oleh Minor Program misalnya, bertujuan untuk melengkapi pengetahuan dan wawasan mahasiswa terkait ilmu lain yang tidak didapatkan di jurusannya. Mahasiswa dapat mempelajari entrepreneurship walaupun tercatat sebagai mahasiswa psikologi.

Mobility Program juga merupakan salah satu cara efektif untuk mempersiapkan mahasiswa secara mental. Berkuliah di kota lain dengan kultur yang berbeda mau tidak mau mendorong mahasiswa untuk beradaptasi dengan cepat. Selain itu, kesempatan ini merupakan momen yang tepat untuk membangun network.

Melalui Enrichment Program, mahasiswa juga bisa mempersiapkan diri dengan maksimal sebelum melangkah ke dunia luas. Bukan hanya magang di perusahaan-perusahaan terkemuka, merintis usaha atau startup juga bisa memberikan pengalaman seru dan bermanfaat. 

Program yang satu ini memang bertujuan untuk membantu mahasiswa mempraktikkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku kuliah. Dengan magang, melakukan pengabdian sosial, atau merintis usaha, mahasiswa dituntut untuk mengeluarkan segala kemampuannya dan mendapatkan pengalaman. Ini dapat menjadi modal penting saat menggeluti dunia kerja.

Kehadiran program ini merupakan salah satu alasan untuk memilih BINUS UNIVERSITY sebagai kampus untuk belajar dan mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Mahasiswa akan memperoleh bekal yang cukup sehingga tidak perlu bingung usai lulus dari kampus. Kesempatan pun terbuka lebar dan peluang untuk mendapatkan pekerjaan lebih besar.