Menempuh pendidikan di perguruan tinggi adalah salah satu upaya dalam memperoleh prospek kehidupan lebih baik di masa depan. Kamu dapat memilih tempat kuliah di mana saja sesuai dengan keinginan. Namun, jangan sampai salah pilih perguruan tinggi. Kamu perlu memastikan bahwa tempat kuliah yang dipilih mampu menghadirkan sistem belajar nyaman, menyenangkan, dan suportif.

BINUS UNIVERSITY memahami pentingnya sistem belajar nyaman, menyenangkan, dan suportif bagi para mahasiswa. Oleh karena itu, BINUS UNIVERSITY membangun Program (2+1)+1 untuk mendorong kenyamanan para mahasiswa selama proses belajar. Terlebih lagi, ada banyak pengalaman seru yang bisa kamu dapatkan dari sistem belajar ini.

Apa Itu Program (2+1)+1 BINUS UNIVERSITY?

Di perguruan tinggi lain, proses belajar para mahasiswa dilaksanakan dengan sistem konvensional. Mahasiswa mengikuti sesi belajar di dalam kelas selama 4 tahun dengan berbagai aktivitas pendukung, seperti praktik di laboratorium, magang, dan lain sebagainya. Namun, suasana yang berbeda diterapkan oleh BINUS UNIVERSITY lewat Program (2+1)+1.

Skema belajar dalam Program (2+1)+1 dilakukan dengan mengikuti aktivitas kuliah selama 2 tahun di kampus asal. Selanjutnya, mahasiswa dapat memilih berkuliah di kampus BINUS UNIVERSITY di kota lain selama 1 tahun. Sebagai tambahan, BINUSIAN dapat mengikuti enrichment program selama 1 tahun.

Dalam praktiknya, Program (2+1)+1 BINUS UNIVERSITY terbagi menjadi tiga program berbeda, yaitu:

  1. Mobility Program

Program pertama adalah Mobility. Kebijakan ini merupakan salah satu inovasi BINUS UNIVERSITY yang tidak akan kamu jumpai di perguruan tinggi lain. Melalui program ini, kamu berkesempatan untuk merasakan pengalaman kuliah di kampus BINUS UNIVERSITY di kota lain. BINUSIAN dapat mengikuti program ini setelah menginjak semester 5 dan berlangsung selama 1 tahun.

BINUSIAN yang berpartisipasi dalam Mobility Program dapat mengikuti pembelajaran yang sama meski berada di kampus BINUS UNIVERSITY kota lain. Sebagai contoh, BINUSIAN @Malang atau @Bandung berkesempatan untuk menghabiskan waktu belajar selama 1 tahun di BINUS @Greater Jakarta.

Perlu diketahui, BINUS UNIVERSITY mempunyai jaringan kampus di tiga kota besar Indonesia, yakni BINUS @Bandung, @Malang, dan @Greater Jakarta. Khusus BINUS @Greater Jakarta, terdapat tujuh kampus yang bisa dimanfaatkan selama mengikuti Mobility Program, yaitu:

  • BINUS Kampus Syahdan
  • BINUS Kampus Anggrek
  • BINUS Kampus Kijang
  • BINUS @Alam Sutera
  • BINUS @Bekasi
  1. Minor Program

Selanjutnya, ada pula Minor Program yang sifatnya opsional. BINUSIAN dapat memilih untuk mengikuti program ini atau memilih untuk streaming. Streaming dilakukan dengan memperkaya pengetahuan secara spesifik pada program studi tertentu yang menjadi representasi kebutuhan terkini. Selain itu, streaming dilakukan dengan upaya untuk memperdalam major yang dipelajari.

Berbeda dengan streaming, Minor Program merupakan upaya pengayaan dengan menggunakan pengetahuan serta keterampilan lintas disiplin. Mahasiswa dapat menjalani program ini bersamaan dengan Mobility Program dan memilih jurusan yang berbeda di kampus lain. Skema pembelajaran yang inovatif ini dapat mendorong kemampuan mahasiswa yang lebih luas, tidak terbatas hanya pengetahuan dari jurusannya.

  1. Enrichment Program

Terakhir adalah Enrichment Program, yang dapat diikuti oleh para mahasiswa saat memasuki semester ke 7. Program ini berlangsung selama satu tahun atau dua semester. Mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini bisa memilih tujuh jenis kegiatan, yaitu:

  • Penelitian
  • Pengabdian Sosial
  • Merintis Usaha
  • Studi ke Luar Negeri
  • Magang Kerja
  • Further Study

Mikrokredensial