Saat memilih jurusan kuliah, apa saja faktor yang akan kamu pertimbangkan? Salah satunya pasti minat dan bakat yang dimiliki. Berkuliah di jurusan yang diminati pasti lebih menyenangkan. Namun, ada hal lain yang tak boleh diabaikan, yaitu prospek kerjanya pada masa depan.

Computer Science BINUS UNIVERSITY merupakan salah satu jurusan yang sangat prospektif. Dikutip dari laman Kominfo, Rudiantara, ketika sedang menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika, pernah menyampaikan bahwa Indonesia darurat tenaga programmer. Artinya, peluang kerja lulusan jurusan ini masih sangat besar.

Ilmu yang Akan Kamu Pelajari

Computer Science Binus University

Saat berkuliah di jurusan Computer Science BINUS UNIVERSITY, kamu harus siap mempelajari segala hal seputar Information and Communication Technologies (ICT). Banyak calon mahasiswa yang mungkin menganggap jurusan ini tidak menarik. Sebenarnya, ada banyak ilmu yang sangat bermanfaat yang bisa kamu pelajari dan dapatkan.

Beberapa mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa antara lain Algorithm and Programming, Program Design Methods, Discrete Mathematics, Linear Algebra, Data Structures, Database Systems, Object Oriented Programming, dan sebagainya. 

Pada Program Studi Computer Science BINUS UNIVERSITY ini pun kamu bisa memilih satu dari enam peminatan yang tersedia. Biasanya, peminatan dimulai pada semester 4 dan 5. Peminatan tersebut antara lain Digital Creative Technology, Digital Technopreneur, Network, Network Security, Game Technology, dan Intelligent System.

Karier Untuk Lulusan Computer Science

Computer Science Binus University

Setelah lulus, kamu pun bisa memulai karier di bidang teknologi dan informasi. Ada beberapa peluang kerja yang bisa digeluti oleh lulusan Computer Science BINUS UNIVERSITY, antara lain:

  • Admin Database

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai Admin Database. Tugasnya adalah mengurus pengembangan basis data dalam sebuah perusahaan. Saat ini, data adalah aset yang sangat berharga. Karena itu, data harus dirawat dan disimpan dengan benar sekaligus mudah diakses. Admin Database juga harus menjaga basis data supaya tak diakses oleh pihak yang tidak berkepentingan.

  • Programmer

Programmer sangat banyak dicari pada era digital ini. Seorang programmer tentu harus menguasai bahasa pemrograman. Tugasnya adalah membuat program komputer, aplikasi, bahkan website. Dengan demikian, orang lain dapat menikmati hasilnya. Untuk menjadi seorang programmer, kamu juga harus bisa mengenal kebutuhan masyarakat pada masa kini.

  • Konsultan IT

Jika tidak ingin terjun sebagai praktisi, kamu bisa menjadi konsultan IT. Tugasnya adalah memberikan saran serta informasi kepada pihak-pihak yang membutuhkan jasa konsultasi terkait teknologi informasi. Selain harus memiliki ilmu ICT, seorang konsultan IT juga wajib memiliki kemampuan berpikir kritis dan bisa menganalisis masalah dengan baik.

  • Software Engineer

Kamu juga bisa menjadi seorang Software Engineer setelah lulus dari jurusan Computer Science BINUS UNIVERSITY. Tugasnya adalah mendesain, mengembangkan, memelihara, dan menguji software komputer atau perangkat yang ada. 

  • Game Developer

Perkembangan industri game saat ini sangat menjanjikan. Bahkan, ada banyak kompetisi khusus untuk para pemain game. Game bukan lagi sekadar hobi, tetapi juga telah menjadi profesi. Agar makin menarik, banyak game baru diciptakan. Di sinilah peran Game Developer dibutuhkan. Tugasnya antara lain menciptakan karakter dan alur cerita hingga menyusun mekanisme permainan.

Lulusan yang Selalu Dibutuhkan

Computer Science Binus University

Selain lebih mudah mendapat pekerjaan karena peluang kerja masih terbuka luas, ada keuntungan lain yang bisa kamu nikmati. Salah satunya, berpeluang untuk bekerja di perusahaan internasional, seperti Facebook, Google, dan sebagainya. Untuk mencapai impian ini, kamu perlu mempersiapkan diri dengan skill berbahasa asing.

Menjadi lulusan Computer Science BINUS UNIVERSITY, kamu pun diharapkan bisa membuka lapangan kerja baru. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan, terutama pada masa pandemi. Hal ini bisa terwujud jika kamu membangun perusahaan berbasis teknologi. Berbekal kemampuan IT yang mumpuni serta ilmu entrepreneurship, mimpi ini bisa terwujud.