Inilah 6 PTN dengan Program Ekstensi Terbaik Versi Edurank

Ada cukup banyak kampus yang menawarkan program ekstensi dari D3 ke S1. Tak hanya sebagai jalan untuk menambah pengetahuan, lulusan jenjang D3 yang menjalani ekstensi memiliki peluang lebih baik dalam mendapatkan pekerjaan. Nah, jika kamu salah satu yang ingin mengambil ekstensi atau alih jalur, kamu harus tahu mana saja PTN ekstensi di Indonesia. Untuk memudahkanmu memilih kampus, di bawah ini kami berikan daftar 6 kampus dengan program ekstensi terbaik versi Edurank.

Perlu diketahui, program lanjutan dari D3 ke jenjang Sarjana tidak membuat kita mengulang perkuliahan dari awal. Namun setiap perguruan tinggi baik negeri atau swasta umumnya memiliki kebijakan serta persyaratan masing-masing terkait dengan program ekstensi yang dimilikinya. Hal ini juga terkait dengan pemilihan jurusan.

Berikut Daftar PTN Terbaik yang Menyediakan Program Ekstensi D3 ke S1 Versi Edu Rank

Bagi kamu yang tertarik mengambil ekstensi atau alih jalur dari Diploma ke Sarjana, berikut beberapa kampus negeri terbaik versi Edu Rank yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Yuk simak! Salah satunya mungkin adalah tujuanmu!

1.     Universitas Indonesia, Depok

Peringkat pertama dalam daftar PTN terbaik versi Edu Rank didapatkan oleh UI. Universitas Indonesia tidak hanya membuka program ekstensi untuk lulusan SMA yang telah memiliki pengalaman kerja untuk melanjutkan ke jenjang S1, namun juga membuka untuk lulusan D3. Nah, program ekstensi UI ini tidak memiliki batasan usia sehingga berapapun usiamu tetap bisa mendaftar asalkan persyaratan lainnya terpenuhi.

Bagi kamu yang mendaftar program ekstensi ke UI, kamu perlu tahu jika waktu perkuliahan biasanya dilakukan pada hari Sabtu atau di malam hari sehingga tidak mengganggu jam kerja.

Universitas Indonesia membuka beberapa jurusan seperti jurusan Akuntansi, Kesehatan Masyarakat, Manajemen, Ilmu Keperawatan dan lainnya.

2.     Institut Pertanian Bogor

Sebagai teknik pertanian yang berada di kota Hujan Bogor, IPB menjadi PTN terbaik kedua versi Edu Rank untuk program ekstensi. Ada beberapa jurusan yang dibuka dalam program ini yakni Ilmu Komputer, Agribisnis serta Ilmu Manajemen. Bagi kamu yang berada di sekitaran Jawa Barat dan berminat mengikuti program ekstensi, maka IPB adalah salah satu yang direkomendasikan.

3.     Universitas Diponegoro

Awalnya UNDIP belum membuka program ekstensi, namun lambat laun UNDIP membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Lanjutan yang berasal dari jenjang D3 ke S1 atau Sarjana Terapan dengan dua prodi pilihan yakni Perancangan Arsitektur serta Teknik Infrastruktur Sipil.

Selain itu ada program studi S1 Kesehatan Masyarakat yang mana prodi ini bisa diikuti oleh lulusan D3 dari jurusan Akademik Penilik Kesehatan, Ahli Madya Sanitasi, Kesehatan Lingkungan, serta lulusan D3 sejenis.

Perlu diketahui, untuk bisa mengambil program ekstensi yang ada di UNDIP, kamu harus mengikuti seleksi atau ujian mandiri. Perlu diketahui, UNDIP hanya membuka jalur seleksi dengan sistem ujian mandiri yang dikelola oleh LP2MP UNDIP untuk program transfer. Sama seperti seleksi lainnya, untuk bisa mengikuti seleksi ini kamu diharuskan memenuhi persyaratan yang diberikan oleh UNDIP. Selain itu perhatikan program studi S1 yang hendak dipilih. Beberapa kampus ada yang memperbolehkan peserta untuk mengambil prodi yang berbeda dari jenjang sebelumnya, namun ada pula yang mengharuskan untuk sama. Oleh karena itu perhatikan dengan baik semua detailnya.

4.     Universitas Airlangga, Surabaya

Universitas yang terkenal dengan sebutan UNAIR berdiri sejak tahun 1954. Ketika itu UNAIR diresmikan oleh Presiden Soekarno langsung. Awalnya UNAIR hanya memiliki 5 fakultas yaitu Keguruan, Kedokteran Gigi, Hukum, Kedokteran, Sastra dan Ilmu Pendidikan. Namun seiring dengan perkembangannya, UNAIR mulai membuka program ekstensi. Program ekstensi UNAIR diantaranya adalah jurusan Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Bidan, Manajemen, Pendidikan Ners, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Akuntansi serta Sastra Inggris.

5.     Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya

Selain UNAIR, kampus negeri lainnya yang berada di Surabaya dan menawarkan program ekstensi adalah ITS atau Institut Sepuluh November. Kampus negeri satu ini memiliki cukup banyak program ekstensi diantaranya jurusan Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Fisika, Teknik Elektro, Teknik Sistem Perkapalan serta Statistika.

6.     Universitas Negeri Surabaya

UNESA merupakan perubahan dari IKIP Surabaya. Perubahan ini berdasarkan dari SK Presiden pada tahun 1999 lalu. Di awal perubahannya, UNESA memiliki 6 fakultas yakni Fakultas Bahasa dan Sastra, Teknik, hingga Fakultas Pendidikan.

Seiring perkembangannya, pada tahun 2022 lalu UNESA membuka program ekstensi untuk jurusan Tata Boga, Administrasi Negara, Desain Komunikasi Visual, Teknik Mesin, Teknik Informatika hingga Teknik Elektro.

Kampus ini juga membuka program ekstensi bagi lulusan D3 dari jurusan D3 Transportasi atau D3 Teknik Sipil ke beberapa pilihan jurusan yakni S1 Pendidikan Teknik Bangunan atau Teknik Sipil.

Selain mempertimbangkan daftar PTN ekstensi versi Edu Rank di atas, pertimbangkan pula akreditasi kampus untuk jurusan yang dituju. Misalnya jika kamu memilih jurusan Sistem Informasi, cari tahu informasi akreditasi jurusan tersebut di PTN yang kamu tuju.

Baca Juga : Simak 7 PTN dengan Jurusan Sistem Informasi Terbaik dengan Akreditasi A.

Selain PTN ekstensi, ada pula PTS yang memiliki program ekstensi, salah satunya adalah BINUS. Sebagai salah satu PTS terbaik di Indonesia, BINUS membuka program ekstensi dengan metode Online Learning.

Ada beberapa jurusan yang bisa dipilih di kampus ini yaitu Sistem Informasi, Akuntansi, Teknik Informatika, Teknik Industri, dan Business Management. Jika kamu tertarik mengikuti program ekstensi ini, kamu bisa mendaftar secara offline di kampus BINUS @Malang.