25 Jurusan Kuliah IPS Lengkap dengan Prospek Kerjanya

Ketika kita berada di jenjang SMA, kita akan bertemu dengan dua jurusan utama yakni IPA dan IPS. Kedua jurusan peminatan ini memiliki kualifikasi masing-masing. Pertama jurusan IPA yang mana mereka yang masuk jurusan ini sudah terlatih untuk menganalisis bidang ilmu pasti seperti matematika, biologi, fisika atau kimia. Sedangkan mereka yang masuk jurusan IPS umumnya lebih mahir dalam menganalisis sudut pandang sosial kemasyarakatan yang berbekal ilmu ekonomi atau sosiologi. Lantas jika kamu adalah seorang siswa jurusan IPS, kira-kira apa jurusan kuliah IPS yang tepat?

Mari simak 25 jurusan kuliah IPS di bawah ini!

25 Jurusan Kuliah IPS Lengkap dengan Prospek Kerjanya

Ada banyak jurusan kuliah IPS di Indonesia. Artinya kamu bisa bebas menjadi siapapun. Berikut ini kami berikan 25 diantaranya jurusan kuliah IPS yang lengkap dengan prospek kerjanya.

1. Ilmu Ekonomi

Ini adalah jurusan yang hampir semua bidang pekerjaan membutuhkannya. Baik di pemerintahan maupun di sektor swasta. Tentu saja alasannya karena ilmu ekonomi mempelajari berbagai macam skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Selain itu jurusan ini juga mempelajari pengelolaan sumber daya agar bisa mencapai kesejahteraan.
Prospek kerja jurusan ini antara lain konsultan keuangan, akuntan, konsultan bisnis dan keuangan, aktuaria dan banyak lagi.

2. Manajemen

Lulusan jurusan Manajemen banyak dibutuhkan di berbagai bidang perusahaan untuk membantu perusahaan tersebut dalam berbagai macam hal seperti perencanaan sumber daya, membuat kebijakan, mengimplementasikan strategi dan sebagainya.
Prospek karir jurusan Manajemen antara lain pengusaha, konsultan bisnis, banker, HRD, business development, marketing manager, production manager dan masih banyak lagi.

3. Akuntansi

Jika kamu adalah seorang yang tertarik untuk hitung menghitung atau catat mencatat, jurusan ini sangatlah tepat untukmu. Jurusan Akuntansi sendiri sama halnya dengan jurusan Manajemen yang banyak dibutuhkan di berbagai bidang perusahaan. Jadi prospek karirmu pun juga akan sangat luas. Kamu tak hanya bisa bekerja di perbankan namun juga bisa bekerja sebagai akuntan sendiri atau bahkan bekerja di sektor lainya.
Contoh prospek kerja jurusan Akuntansi yaitu konsultan pajak, auditor, akuntan publik, broker saham, dosen akuntansi, financial analyst, akuntan manajemen, dan sebagainya.

4. Bisnis

Salah satu tujuan seseorang untuk kuliah adalah memiliki dan atau mengembangkan bisnis miliknya. Nah, kamu bisa meraih tujuan tersebut dengan memilih jurusan bisnis. Ada berbagai keilmuan tentang bisnis mulai dari keuangan, riset pasar, kebijakan dalam bisnis, hingga pemasaran yang akan kamu dapatkan. Prospek kerja jurusan ini juga sangat luas tak terbatas pada satu bidang saja. Mulai dari menjadi pengusaha, manajer bisnis, konsultan bisnis, pemasar, analis bisnis, marketing executive, dan sebagainya.

5. Ekonomi Pembangunan

Jika kamu ingin belajar ilmu ekonomi yang fokus pada pembangunan, kamu bisa mengambil jurusan Ekonomi Pembangunan. Fokus yang dipelajari dalam jurusan ini antara lain sistem keuangan, perbankan, berbagai isu pembangunan serta ekonometrika.
Lulusan jurusan ini memiliki karir yang cukup luas diantaranya sistem analis, R&D, akuntan, hingga analis finansial.

6. Arkeologi

Jika kamu tertarik dengan sejarah dan budaya, kamu bisa memilih jurusan arkeologi. Peminat dari jurusan ini memang sedikit karena anak muda sekarang jarang yang menyukai sejarah dan budaya. Ada beberapa prospek kerja bagi kamu yang mengambil jurusan ini antara lain pengelola museum, pemandu wisata sejarah, dosen, reporter sejarah serta arkeolog.

7. Ilmu Hukum

Jurusan ini memang nampak cukup keren. Namun kuliah hukum memerlukan dedikasi yang besar karena kamu diharuskan untuk rajin membaca, meneliti bahkan turun langsung ke lapangan untuk menyelesaikan sebuah kasus. Seorang yang memilih jurusan Hukum disarankan memiliki daya ingat yang tinggi, memiliki tingkat fokus yang bagus, jeli dan mampu berpikir cepat meski dibawah tekanan.
Beberapa prospek kerja yang disarankan untuk jurusan Ilmu Hukum antara lain pengacara, panitera, jaksa, hakim, konsultan hukum, staf legal, arbiter dan sebagainya.

8. Ilmu Filsafat

Jurusan ini mengkaji berbagai macam aspek yang ada dalam kehidupan mulai dari nilai moralitas, pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya serta politik. Seorang lulusan jurusan Filsafat bisa bekerja sebagai konselor, jurnalis, psikoterapis, bisnis, keuangan serta instansi pemerintahan.

9. Administrasi Bisnis

Jurusan ini mempelajari bagaimana cara untuk memasarkan suatu bisnis agar bisa mendatangkan keuntungan. Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja dimanapun dalam bidang kerja apapun. Misalnya menjadi management trainee, staf administrasi, staf pemasaran, staf sumber daya manusia, marketer, analis bisnis, konsultan hingga membangun bisnisnya sendiri.

10. Kriminologi

Umumnya lulusan kriminologi bisa menjadi seorang ahli, dosen, pengamat atau peneliti. Namun selain itu lulusan kriminologi juga sering dibutuhkan untuk berkarir di lembaga pemerintahan seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Intelijen Negara (BIN), Kemenkumham, Komnas Ham atau Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

11. Fashion Bisnis

Dunia fashion selalu berkembang seperti teknologi. Bagi kamu yang menyukai dunia ini, kamu bisa mendaftar di jurusan Fashion Bisnis. Jurusan ini akan mengajakmu mempelajari berbagai macam hal yang berkaitan dengan bisnis dalam industri fashion.
Beberapa pekerjaan yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah disini antara lain retail manager, fashion director, fashion writer, retail analyst, fashion blogger, dan sebagainya.

12. Ilmu Pemerintahan

Selama proses perkuliahan kamu akan banyak belajar tentang keterampilan komunikasi dan konsep pemerintahan. Prospek kerja utama dari jurusan ini tentu saja ada di lembaga pemerintahan.  Kamu bisa menjadi seorang PNS atau bisa bekerja di perusahaan yang masih dalam naungan BUMN seperti menjadi anggota legislatif, arsiparis, konsultan pemerintahan, spesialis humas. Selain itu kamu juga bisa menjadi seorang jurnalis, dosen atau public relations manager.

13. Sosiologi

Bagi kamu yang memiliki keterampilan yang baik dalam bidang komunikasi atau hubungan antar masyarakat, jurusan ini tentu cocok dengan bakat dan minatmu. Prospek kerja dari jurusan ini antara lain sosiolog, pendidik, peneliti, konsultan kebijakan publik, HRD, analis riset pasar, wartawan, reporter, serta public relation executive.

14. Antropologi

Ketika kamu lulus dari jurusan kuliah IPS ini, kamu akan menjadi seorang yang memiliki kompetensi tinggi dalam hal penelitian. Prospek karir dari jurusan ini cukup luas mulai dari kurator seni, wartawan, wirausaha, akademisi, market researcher, public relations, peneliti sosial, hingga seorang blogger.

15. Kesejahteraan Sosial

Lulusan dari jurusan ini bisa bekerja di berbagai instansi pemerintahan. Selain itu kamu juga bisa bekerja di lembaga swadaya masyarakat atau organisasi nirlaba yang fokus pada pembangunan sosial atau pengembangan sumber daya. Misalnya menjadi petugas LSM, ahli sosial pengembangan masyarakat dan petugas kebijakan.

16. Ilmu Sejarah

Jurusan ini mempelajari berbagai macam sejarah dunia. Prospek karirnya cukup luas. Misalnya sebagai akademisi, pengamat sejarah, kurator, dan juga staf balai konservasi cagar budaya.

17. Ilmu Perpustakaan

Menjadi seorang pustakawan juga membutuhkan ilmu. Bagi kamu yang berminat dengan dunia seorang pustakawan, kamu bisa mengambil jurusan ini. Selain menjadi pustakawan kamu juga bisa menjadi seorang arsiparis.

18. Ilmu Komunikasi

Jurusan ini adalah salah satu jurusan dengan peminat yang sangat banyak. Tak heran karena prospek karirnya yang sangat luas dan kekinian seperti Youtuber, videografer, content creator, produser TV atau penulis skenario.

19. Pendidikan

Jurusan pendidikan adalah jurusan dengan peminatan yang tinggi. Selain menjadi guru, lulusan dari jurusan ini juga bisa membuka bimbel sendiri atau bekerja dalam departemen pelatihan dan pengembangan di berbagai macam organisasi atau perusahaan.

20. Hubungan Internasional

Kamu yang tertarik dengan jurusan ini bisa menjadi konsultan internasional, duta besar, staf kedutaan, international officer, jurnalis atau bahkan menjadi seorang wartawan.

21. Jurnalistik

Selain menjadi seorang jurnalis, lulusan jurnalistik juga bisa menjadi reporter, photojournalist, editor, dan wartawan. Jurusan ini memiliki peminatan yang cukup tinggi lho. Mungkin kamu adalah salah satunya?

22. Ilmu Politik

Selanjutnya adalah jurusan Ilmu Politik. Jurusan ini diperuntukkan bagi kamu yang suka dan ingin terjun kedalam dunia politik. Ada banyak prospek karir yang bisa kamu geluti seperti menjadi anggota parpol, anggota legislatif, staf lembaga pusat, NGO Activist, dan pengamat politik.

23. Pariwisata

Jika kamu suka berwisata, masuklah jurusan Pariwisata. Jurusan ini bisa mengantarkanmu untuk bekerja sambil berwisata lho. Beberapa prospek pekerjaan untuk lulusan jurusan ini antara lain tour guide, operator tour, manager public relations, dan sebagainya.

24. Psikologi

Jurusan ini akan banyak memberikan ilmu tentang psikologi. Ada banyak peluang karir yang bisa kamu geluti ketika mengambil jurusan ini. Diantaranya adalah psikolog, dosen, peneliti, pengembang SDM, konselor dan pastinya seorang psikolog.

25. Sastra

Jurusan kuliah IPS terakhir adalah jurusan Sastra. Jurusan ini mempelajari semua hal yang berkaitan dengan sastra. Kamu bisa menjadi seorang leksikografer, penulis, editor, jurnalis, atau seorang tenaga pengajar.

Baca Juga: Yuk, Intip Jurusan S1 Computer Science yang Ada di BINUS @Malang

Di atas adalah beberapa jurusan kuliah IPS yang bisa kamu ambil. Kamu juga bisa mengambil jurusan IPA seperti jurusan Computer Science. Meski ini nampak baru bagimu, tapi jika kamu memiliki bakat atau minat disini tentu saja semua akan jadi lebih mudah bukan?