Yuk, Intip Jurusan S1 Computer Science yang Ada di BINUS @Malang

Kian hari pilihan jurusan kuliah di Indonesia yang dapat dipilih oleh para calon mahasiswa kian beragam, adapun salah satu jurusan yang banyak dipilih adalah Computer Science. Tentu saja melihat jumlah peminat program S1 jurusan Computer Science yang semakin banyak, pastinya persaingan untuk dapat menduduki jurusan ini bisa dibilang cukup sulit dan ketat. Di Indonesia sendiri, jurusan ini sudah banyak dibuka oleh kampus-kampus ternama sehingga tidak sulit lagi bagi calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan dengan jurusan Computer Science.

Tentu saja hal-hal yang berkaitan dengan jurusan Computer Science kerap ditanyakan sebelum memilih jurusan ini untuk dipelajari selama beberapa tahun kedepan. Salah satunya, gelar apa yang akan didapat setelah menyelesaikan S1 Computer Science? Nah, berikut akan kami jelaskan mengenai seluk beluk jurusan S1 Computer Science  yang ada di BINUS @Malang.

S1 Computer Science

Computer Science adalah jurusan pendidikan di perguruan tinggi yang mempelajari banyak hal terkait ilmu komputer, termasuk mengolah data menggunakan teknologi komputer, analisis matematis mengenai perkembangan software, sampai bagaimana kinerja komputer. Pengolahan data yang dilakukan juga menggunakan prinsip dan proses logika. Jadi, fokus pada jurusan Computer Science  memang berpusat pada software komputer.

Kecerdasan logika memainkan peran penting ketika mahasiswa memilih jurusan ini, karena nantinya mahasiswa akan mempelajari untuk memprogram perangkat lunak atau software. Nah, guna mencegah kesalahan saat membuat program, akan lebih baik jika mahasiswa mempunyai kemampuan analisis kuat dan menguasai dasar matematika.

Ketika mahasiswa sudah menyelesaikan pendidikan S1 Computer Science, gelar yang akan diraih yaitu S.Kom.

Mata Kuliah Computer Science

Melalui penjelasan singkat mengenai jurusan Computer Science  di atas, pastinya kamu sudah ada gambaran mengenai apa saja yang akan dipelajari. Namun tentu kurang lengkap apabila belum mengetahui apa saja mata kuliah yang akan ditekuni ketika mengambil jurusan ini nantinya. Biasanya di semester awal mata kuliah seperti Pengantar Teknologi Komputer dan Informatika, Pemrograman Kalkulus, Analisis Algoritma dan Sistem Database akan menjadi pembuka bagi mahasiswa yang memilih Computer Science  sebagai jurusan kuliahnya.

Setelah itu, di semester-semester berikutnya mahasiswa juga akan mempelajari Data Warehouse, Rekayasa Perangkat Lunak serta Teori Bahasa dan Automata yang merupakan beberapa mata kuliah wajib selain mata kuliah lain yang bisa dipilih sesuai peminatan. Nantinya di semester akhir, selain mempelajari hal-hal yang terkait dengan jurusan mahasiswa juga akan menerapkan ilmu yang sudah diperolehnya selama beberapa semester dalam kegiatan magang, atau saat Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Lama Studi

Sama seperti jurusan S1 pada umumnya, lama studi yang diperlukan untuk menempuh pendidikan jurusan Computer Science di BINUS @Malang yaitu 8 semester atau 4 tahun. Setelah itu mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan dan menerapkan ilmu yang sudah diperolehnya selama 4 tahun dan mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Syarat Pendidikan

Untuk dapat mendaftar sebagai mahasiswa jurusan Computer Science  di BINUS @Malang, ada beberapa syarat yang sudah ditentukan terkait pendidikan terakhir calon mahasiswa. Jurusan ini terbuka bagi calon mahasiswa yang pendidikan terakhirnya SMA jurusan IPA atau SMK dengan jurusan tertentu.

Di antaranya yaitu Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Informatika, Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi, Teknik Komputer dan Informatika, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, Elektronika, Konstruksi Pesawat Terbang, Teknik Elektro, Pelistrikan Kapal, Teknik Listrik, Broadcasting, dan juga Teknik Elektronika Industri. Bagi calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan tersebut, BINUS @Malang sangat menunggu kehadirannya untuk mendaftar dan meraih ilmu lebih tinggi melalui jurusan Computer Science.

Profesi Lulusan

Salah satu alasan mengapa jurusan Computer Science memiliki banyak peminat dan persaingannya cukup ketat adalah karena profesi bagi lulusannya terbilang cukup menjanjikan. Apabila kamu memutuskan untuk menempuh S1 Computer Science di BINUS @Malang, setelah lulus nantinya ada banyak pilihan profesi yang dapat kamu pilih. Di antaranya:

  1. Software Engineer/Developer

Jika seseorang memilih profesi ini, nantinya sebagai pemrogram komputer yang terlatih mempunyai peran untuk menciptakan suatu software yang digunakan untuk menjalankan sistem dan juga memecahkan masalah. Orang yang bekerja sebagai software engineer/developer juga bekerja untuk merancang perangkat lunak, menguji program komputer dan juga menganalisa masalah pada perangkat lunak.

  1. System Analyst

Tugas dari seorang system analyst yaitu menganalisa sistem yang digunakan pada sebuah perusahaan, kemudian juga membuat solusi integratif dengan menggunakan perangkat lunak. Nantinya system analyst juga akan melakukan pengecekan system definition, database dan perangkat keras pada suatu sistem dan bekerja berdampingan dengan programmer.

  1. Web Engineer/Developer

Peran dari seorang yang bekerja sebagai web engineer atau developer antara lain yaitu merancang, mengembangkan, membangun dan memelihara sebuah website termasuk layanan dan fasilitas yang ada dalam website tersebut.

  1. Computer Network Specialist

Pada profesi ini, seorang computer network specialist mempunyai peran untuk menciptakan, mendesain juga merawat jaringan komputer. Mereka akan menjaga stabilitas jaringan para penggunanya dalam suatu perusahaan supaya berjalan dengan lancar.

  1. Database Specialist

Data specialist mempunyai posisi jabatan di perusahaan yang tugas utamanya adalah untuk mengolah data, menerjemahkannya secara akurat, mengerjakan analisis dan juga melakukan riset pada data menggunakan tools yang terkait dengan keperluan analisa.

  1. IT Support/Consultant

Tugas utama yang diemban seorang IT support/consultant ialah mengatasi masalah seputar penyalahgunaan seperti spam dan phising, mendiagnosis suatu masalah, memberi solusi untuk memecahkan masalah kepada user, melatih user mengenai cara kerja suatu produk, dan menginstal komponen jaringan.

  1. Lecturer/Trainer

Pekerjaan seorang lecturer/trainer meliputi mengembangkan ilmu yang sudah diperoleh untuk kemudian menyebarluaskan kembali mengenai teknologi dan pengetahuan terkait Computer Science melalui perguruan tinggi.

Selain jenjang profesi yang menjanjikan, ilmu pengetahuan yang didapat di jurusan Computer Science juga akan sangat berguna di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini. Memang menjadi tantangan tersendiri untuk menghadapi perkembangan zaman yang sangat cepat, oleh karena itu, BINUS @Malang hadir menjawab tantangan tersebut.

Kenapa Harus Memilih BINUS @Malang?

Calon mahasiswa pasti akan mencari kampus terbaik untuk kelangsungan jenjang pendidikan mereka. BINUS @Malang adalah kampus yang tepat untuk kualitas pendidikan yang baik dan membuka banyak peluang setelah mahasiswa lulus nanti. Terlebih, BINUS merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berhasil meraih peringkat 10 besar universitas terbaik di Indonesia, bahkan termasuk universitas swasta yang menyaingi perguruan tinggi negeri lainnya.

Peringkat tersebut dikeluarkan langsung oleh QS World University Rankings, UniRank, dan WUR. Terakreditasi unggul dan internasional, BINUS @Malang pun telah diakui oleh ABET, AACSB, Tedqual, AUN-QA, dan berbagai akreditasi internasional bergengsi lainnya. Tidak perlu diragukan lagi, dengan sederet prestasi yang didapatkan oleh BINUS @Malang, pastinya memiliki standar yang sangat tinggi terkait kualitas edukasi yang akan diberikan pada setiap mahasiswanya.

So, tunggu apalagi? Yuk segera gabung ke BINUS @Malang!