10 Daftar PTN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Tahun 2024

Memutuskan untuk kuliah bukanlah perkara yang mudah. Selain kita harus siap secara finansial,  kita juga harus memilih jurusan serta kampus yang tepat agar bisa masa-masa perkuliahan tidaklah sia-sia. Salah satu cara untuk mengantisipasi kesalahan dalam memilih jurusan atau kampus yakni dengan melihat rangking atau peringkat mereka. Bagi kamu yang kini sedang mencari kampus, yuk cari tahu top 10 PTN Indonesia versi Webometrics tahun 2024 di bawah ini!

10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2024

Webometrics merupakan salah satu sistem pemeringkatan yang dilakukan dengan menilai perguruan tinggi di seluruh dunia. Mereka menggunakan indikator bibliometric dan webometric serta menggunakan metodologi dengan tiga indikator (keunggulan, transparansi dan visibilitas) untuk menentukan peringkat universitas.

Berikut top 10 PTN Indonesia tahun 2024 versi Webometrics.

  1. Universitas Indonesia

Peringkat dunia: 537

Dalam top 10 PTN Indonesia, UI mendapatkan peringkat pertama sebagai universitas negeri terbaik Indonesia. Meski di tahun sebelumnya peringkatnya sempat turun, namun tahun ini peringkat terbaik pertama di Indonesia kembali didapatkan oleh kampus yang berada di Depok Jawa Barat ini. Kini UI memiliki 14 fakultas dengan 2 sekolah dan 1 program vokasi. Kamu bisa memilih mana yang paling sesuai dengan minat dan bakatmu.

  1. Universitas Gadjah Mada

Peringkat dunia: 667

Selain Webometrics, UGM juga mendapat menjadi top 10 PTN Indonesia oleh lembaga pemeringkatan internasional lainnya. Artinya UGM memang kampus yang sangat layak untuk diperjuangkan. Ada 18 fakultas dengan 2 sekolah yang menyelenggarakan berbagai macam program pendidikan mulai dari sarjana, sarjana terapan, pascasarjana, spesialis, profesi hingga program internasional. Selain itu UGM juga fokus pada 4 klaster bidang ilmu yakni sains dan teknologi, sosiohumaniora, kesehatan dan agrokompleks.

  1. Institut Teknologi Bandung

Peringkat dunia: 752

Perguruan Tinggi Negeri ini berlokasi di Bandung. ITB memiliki peminat yang sangat banyak. Tak hanya berasal dari dalam negeri bahkan ada yang berasal dari mancanegara. ITB berdiri sejak tahun 1959 dan banyak yang mengenalnya sebagai kampus Ganesha. Adapun semenjak berdiri ITB konsisten dengan misi pengabdian ilmu pengetahuan serta teknologinya dalam rangka memajukan Indonesia.

  1. Universitas Brawijaya

Peringkat dunia: 780

Perguruan Tinggi Negeri ini sudah menjadi langganan dalam top 10 PTN Indonesia versi Webometrics. Artinya PTN yang berlokasi di Malang dan berdiri sejak tahun 1963 ini memang memiliki kualifikasi pendidikan yang tidak main-main. Salah satu bukti nyatanya adalah banyaknya alumni UNIBRAW yang telah berhasil dalam dunia kerja.

  1. Universitas Airlangga

Peringkat dunia: 830

UNAIR terletak di Jawa Timur tepatnya di Surabaya dan sangat direkomendasikan sebagai kampus pilihan. Ada banyak pilihan fakultas dan jurusan yang bisa kamu pilih. UNAIR sendiri merupakan sebuah universitas yang inovatif, mandiri, terkemuka serta sebagai pelopor dalam norma agama.

  1. Universitas IPB

Peringkat dunia: 892

Bagi kamu yang suka dengan dunia pertanian, daftarkan dirimu di IPB. Sebagai kampus yang berlokasi di Bogor, IPB memiliki 9 fakultas, 2 sekolah bisnis dan 1 sekolah vokasi. Awalnya IPB adalah bagian dari UI, namun pada tahun 1 September tahun 1963 IPB berdiri sendiri menjadi institut pertanian. IPB juga memiliki fakultas teknik, namun tentunya masih dalam lingkup pertanian yakni fakultas teknik Industri Pangan, Teknologi Pangan, Sipil dan Lingkungan serta Pertanian dan Biosistem.

  1. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Peringkat dunia: 1026

UNS merupakan salah satu universitas dengan peminat yang sangat banyak. Mangesthi Luhur Ambangun Nagara adalah salah satu motto terkenal dari UNS. Universitas yang berlokasi di Jebres Surakarta ini memiliki beberapa program pendidikan mulai dari sarjana, pascasarjana, doktoral, dan juga vokasi. UNS memiliki kampus yang sangat nyaman dengan nuansa yang rindang, teduh, dan asri yang sangat mendukung kegiatan pembelajaran para mahasiswanya.

  1. Universitas Diponegoro

Peringkat dunia: 1090

UNDIP merupakan salah satu universitas bergengsi yang terletak di Semarang Jawa Tengah. UNDIP memiliki beberapa program pendidikan yang bisa dipilih mulai dari Sarjana, Pasca Sarjana, Doktoral hingga vokasi. Ada banyak pilihan fakultas dan jurusan yang bisa kamu pilih mulai dari fakultas hukum, peternakan pertanian, teknik, kedokteran, kesehatan masyarakat, psikologi, sains dan matematika, hingga ilmu budaya.

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Peringkat dunia: 1114

Berlokasi di Surabaya, ITS menjadi salah satu PTN yang masuk dalam daftar 10 terbaik Indonesia. Selain itu, prestasinya ITS tingkat dunia juga naik dari Januari 2023 lalu yang mendapatkan peringkat 1146. Bagi kamu yang memiliki peminatan dalam bidang teknik, PTN ini sangat direkomendasikan.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia

Peringkat dunia: 1126

PTN terakhir yang masuk dalam top 10 PTN Indonesia adalah UPI. UPI menganut sistem multi kampus dengan 6 kampus yang terletak di dua provinsi yakni Banten dan Jawa Barat. Kampus utamanya berada di Bandung sedangkan kampus lainnya tersebar di beberapa tempat yakni Tasikmalaya, Sumedang, Cibiru, Serang dan Purwakarta.

Di atas adalah top 10 PTN Indonesia versi Webometrics. Selain mengetahui peringkat di atas, jika kamu ingin kuliah tahun ini kamu juga harus tahu daftar PTN terfavorit di SNBP tahun 2024 ini.

Baca Juga: Daftar PTN 2024: Jalur Seleksi, Syarat, dan Jadwal Seleksinya

Memilih kampus adalah hal yang tak mudah. Tentunya karena kampus di atas termasuk dalam daftar top 10 PTN Indonesia, sudah pasti peminatnya bisa jadi ribuan dengan kuota yang hanya puluhan. Oleh karena itu jangan lupa pertimbangkan hal tersebut juga ya.