Daftar PTN 2024: Jalur Seleksi, Syarat, dan Jadwal Seleksinya

Bagi calon mahasiswa yang hendak daftar PTN 2024, kamu tentu harus tahu bagaimana jalur seleksi Perguruan Tinggi Negeri. Ada beberapa pilihan seleksi yang dapat dipilih sesuai keinginanmu. Bahkan, kamu juga dapat mencoba semuanya karena proses seleksi tersebut digelar secara berurutan. Ingin tahu apa saja jalur seleksi dan juga syarat serta jadwal seleksinya? Yuk cek infonya di bawah ini!

3 Jalur Seleksi Masuk PTN Tahun 2024

Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2024 masih sama dengan seleksi masuk PTN pada tahun sebelumnya. Kamu dapat memilih salah satu dari jalur berikut atau bahkan semuanya asal kamu bisa memenuhi semua persyaratannya:

  1. Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP)

SNBP merupakan jalur seleksi dari nilai rapor siswa. Proses pendaftarannya dilakukan oleh pihak sekolah yang mengisi dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Proses pendaftaran dilakukan selama kurang lebih 30 hari. Sebelum tanggal berakhirnya proses pendaftaran, sekolah harus sudah menyelesaikan tahap Finalisasi PDSS. Jika tidak, maka para siswa di sekolah yang belum selesaikan finalisasi PDSS tersebut tidak dapat melakukan pendaftaran SNBP. Sebaliknya, sekolah yang sudah berada pada tahap finalisasi saat hari terakhir finalisasi tidak boleh melakukan unfinalisasi.

Siswa dapat memilih prodi yang diinginkan saat mereka mengakses laman resmi https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/?mid=4. Calon mahasiswa dapat pilih kampus yang mereka inginkan dengan jurusan yang sesuai minat dan bakat. Kampus yang dapat dipilih berdasarkan kategori yaitu PTN Akademik, PTN Vokasi, atau Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

  1. Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)

Seleksi Nasional Berbasis Tes adalah seleksi masuk perguruan tinggi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Tetapi, ada tambahan kriteria lain sesuai ketentuan dari PTN Akademik, PTN Vokasi, atau Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN) yang dipilih.

Seleksi ini dapat diikuti oleh siswa lulusan minimal dua tahun sebelum tahun penyelenggaraan. Artinya peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat dan lulusan Paket C serta berumur maksimal 25 tahun dalam jangka minimal dua tahun sebelum tahun penyelenggaraan. Selain itu peserta juga harus membayar biaya penyelenggaraan SNBT yang sudah dapatkan subsidi dari pemerintah.

  1. Mandiri

Jalur ini adalah jalur seleksi dari setiap PTN dengan ketersediaan kuota minimum sebesar 30%. Sedangkan untuk Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum memiliki ketersediaan kuota maksimum 50%. Jadwal seleksi jalur Mandiri biasanya tergantung kebijakan masing-masing PTN. Sesuai dengan Permendikbud Ristek No. 48 Tahun 2022, jadwal seleksi jalur mandiri untuk PTN dilakukan sebelum akhir Juli pada tahun penyelenggaraan.

Baca Juga: Sambil Menunggu Pendaftaran PTN, Simak 8 Jurusan Favorit di BINUS Malang.

Syarat dan Aturan Masuk Daftar PTN 2024

Sekarang, simak syarat dan aturan daftar PTN 2024 yang tentunya berbeda dari tiga jalur seleksi tersebut.

  1. SNBP

Jika kalian berminat memilih jalur SNBP, maka kalian harus memenuhi syarat yaitu sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).  Kalian juga harus sudah terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan nilai rapor yang sudah diinput di PDSS sesuai ketentuan.

Apabila kalian memilih program studi seni dan olahraga, kalian perlu mengunggah portofolio. Kalian juga dapat mendaftar lewat jalur seleksi ini jika kalian memiliki prestasi akademik serta memenuhi persyaratan PTN.

  1. SNBT

Mayoritas peminat perguruan tinggi negeri selalu mencoba jalur SNBT. Syarat kurang lebih sama dengan SNBP yaitu seorang WNI dan memiliki NIK. Setelah itu, kalian bisa memastikan sudah memiliki Akun SNPMB Siswa di mana kalian dapat melakukan registrasi akun SNPMB siswa di Portal SNPMB dan juga membayar biaya pendaftaran.

Syarat utama adalah kalian adalah siswa SMA/SMK/MA yang sudah berada di kelas 12 pada tahun penyelenggaraan atau Peserta didik Paket C di tahun penyelenggaraan. Syarat umur maksimal yaitu 22 tahun per 1 Juli di tahun penyelenggaraan.

Apabila memang kalian belum mendapatkan ijazah karena baru lulus, kalian dapat membawa surat keterangan siswa kelas 12 disertai identitas nama dan kelas serta NISN dan NPSN. Kalian juga dapat membawa pas foto terbaru berwarna dan tanda tangan Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi stempel sekolah.

Jika kalian pernah mencoba SNBT tahun sebelumnya, kalian juga harus pastikan bahwa umur kalian maksimal 22 tahun per 1 Juli di tahun penyelenggaraan. Apabila kalian lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus mempunyai ijazah yang sudah disetarakan.

Sama halnya dengan SNBP, apabila kalian memilih program studi bidang seni atau olahraga wajib mengunggah portofolio. Sedangkan untuk peserta berkebutuhan khusus tunanetra harus mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.

  1. Mandiri

Secara umum, syarat untuk mendaftar melalui jalur seleksi ini hampir sama dengan jalur SNBT. Jika kalian sudah mencoba SNBT tetapi belum diterima, kalian dapat mencoba melalui jalur mandiri. Terlebih, kalian juga sudah melakukan registrasi akun SNPMB. Syarat yang berbeda dari jalur SNBT adalah persyaratan untuk menyetujui syarat lain yang sudah ditetapkan setiap PTN, termasuk besaran nilai UKT serta Sumbangan Pengembangan Institusi atau SPI. Pasalnya nominal yang ditawarkan berbeda sesuai perguruan tinggi masing-masing.

Jadwal Seleksi Masuk PTN 2024

Kini, simak jadwal seleksi daftar PTN 2024 untuk masing-masing jenis seleksi:

  1. SNBP

Seleksi Nasional Berbasis Prestasi sudah dibuka sejak pengumuman kuota sekolah pada 28 Desember 2023. Masa pengisian PDSS sudah dilakukan sejak 9 Januari hingga 9 Februari 2024. Pendaftaran dilakukan pada 14 – 28 Februari dimana kalian dapat mengecek pengumuman hasil SNBP pada 26 Maret 2024,

  1. SNBT

Jika kalian ingin mendaftar SNBT, kalian dapat melakukannya mulai 21 Maret hingga 5 April 2024. Sedangkan pelaksanaan UTBK Gelombang 1 digelar pada 30 April 2024 dan 2 hingga 7 Mei 2024, dan Gelombang 2 digelar 14 hingga 20 Mei 2024. Pengumuman hasil SNBT adalah pada 13 Juni 2024.

  1. Mandiri

Jalur mandiri bisa berbeda-beda di setiap kampus sehingga kalian harus mengecek di situs resmi kampus yang ingin kalian tuju.

Itulah dia bagaimana jalur seleksi untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Nah, Jika kalian berdomisili di Indonesia bagian timur dan ingin juga mencoba untuk meneruskan pembelajaran kalian di Kampus Swasta, Konsultasikanlah dengan BINUS @Malang.

BINUS @Malang merupakan kampus berakreditasi internasional yang terletak di kota Malang yang menghadirkan metode pembelajaran berkualitas dengan lulusan yang terbukti telah memiliki daya kompetisi tinggi. Jadi, tidak diragukan lagi banyak perusahaan berskala raksasa memprioritaskan lulusan BINUS untuk berkontribusi di perusahaan mereka. Tunggu apa lagi? Gabung ke BINUS @Malang sekarang juga!