5 Pilihan Jurusan Perguruan Tinggi Negeri dan Hal-hal yang Dipelajari

Memilih jurusan bukanlah perkara yang mudah mengingat ini akan membawa dampak jangka panjang bagi karir kita kedepannya. Bagi kamu yang sudah berada di jenjang akhir Sekolah Menengah Atas, kamu harus mulai mencari tahu berbagai jurusan perkuliahan yang ada di Indonesia. Khususnya jurusan Perguruan Tinggi Negeri karena kebanyakan calon mahasiswa menjadikan PTN sebagai tujuan utamanya.

Agar memudahkan menentukan jurusan yang tepat, di bawah ini lima pilihan jurusan Perguruan Tinggi Negeri yang bisa kamu jadikan acuan untuk memilih.

Pilihan Jurusan di Perguruan Tinggi Negeri

Sebelum menentukan pilihan, kamu harus tahu jika jurusan merupakan bidang keilmuan yang paling spesifik. Diatasnya ada fakultas sebagai divisi yang menaungi jurusan secara luas. Jurusan juga dibagi dalam beberapa kelompok ilmu yang mana cakupannya luas seperti halnya fakultas. Berikut beberapa pilihan jurusan Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan dari pengelompokkan keilmuan yang dipelajari.

  1. Kelompok ilmu sains

Sains merupakan pengetahuan yang mempelajari alam semesta dan isinya. Jadi jurusan yang ada dalam kelompok ini akan mempelajari lebih dalam tentang makhluk hidup beserta semua aspek kehidupan di bumi yang berhubungan dengan sains.

Jika dibandingkan dengan kelompok ilmu sosial, kelompok ilmu ini dianggap lebih sulit karena materi yang dipelajari berkaitan dengan hitung-hitungan dan logika. Oleh karena itulah kelompok ilmu sains diperuntukkan untuk jurusan IPA yang sebelumnya sudah cukup familiar dengan materi sains.

Beberapa contoh jurusan yang masuk dalam kelompok sains diantaranya Statistika, Fisika, Biologi, Astronomi, Matematika, Elektronika dan Instrumentasi, serta Farmasi.

  1. Kelompok ilmu kesehatan

Jurusan yang masuk dalam kelompok ilmu kesehatan merupakan jurusan yang menangani kesehatan manusia dan juga hewan. Dalam kelompok ilmu kesehatan secara umum pembelajarannya akan terbagi menjadi dua bagian yakni riset, studi atau pengetahuan dan aplikasi dari riset tersebut. Jurusan ini sama seperti jurusan sains yang secara umum diperuntukkan untuk lulusan IPA. Hal ini lantaran banyaknya materi yang sudah dipelajari ketika jenjang SMA sehingga tidak terlalu sulit untuk melanjutkannya.

Beberapa jurusan yang masuk kelompok ini antara lain jurusan Kedokteran Hewan, Pendidikan Dokter, Kesehatan Masyarakat, Fisioterapi, Rekam Medis, Kedokteran Gigi, dan Ahli Gizi.

  1. Kelompok ilmu teknik

Jurusan dalam kelompok ilmu teknik umumnya mempelajari tentang implementasi teknologi baru dalam berbagai sektor teknik mulai dari manufaktur, manajemen dan juga pemeliharaan. Ilmu teknik juga mempelajari semua hal terkait dengan rancangan serta pembangunan suatu benda yang mampu mempermudah dan membantu kehidupan manusia.

Jurusan yang masuk dalam ilmu teknik juga bukan termasuk jurusan yang mudah dipelajari. Hal ini karena ilmu teknik membutuhkan pemahaman dasar matematika dan sains yang kuat. Selain itu kamu harus memiliki kecakapan teknik dan etos kerja yang kuat untuk bisa mengatasi berbagai macam tantangan. Namun jika kamu memiliki minat dan bakat dalam bidang ini tentu tidak jadi masalah bukan?

Beberapa contoh jurusan dalam kelompok ilmu teknik antara lain jurusan Teknik Penyehatan, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Perencanaan Wilayah Kota, Teknik Nuklir, Teknik Pertambangan, Teknik Geofisika, Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Metalurgi, Teknik Penerbangan, dan Teknik Penerbangan.

  1. Kelompok ilmu pertanian

Bidang kelompok ilmu ini mempelajari segala hal yang berhubungan dengan pertanian. Mulai dari dasar pertanian, teknik, manajemen, ekonomi hingga lingkungan. Jurusan yang masuk dalam kelompok ini juga akan membahas aspek yang berkaitan dengan agrikultur dan juga pemanfaatan sumber daya alam untuk kebutuhan manusia. Kelompok ilmu ini masuk dalam bagian rumpun ilmu kesehatan dan juga bagian dari rumpun biosains yang sifatnya multidisiplin dan terapan.

Beberapa contoh jurusan yang masuk dalam kelompok ini antara lain jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Budidaya Pertanian, Ilmu Tanah, Ilmu Hama dan Penyakit, Peternakan, Perikanan, Mekanisasi Pertanian, Kehutanan, Teknologi Industri Pertanian dan Pengolahan Hasil Pertanian.

  1. Kelompok ilmu sosial

Ilmu sosial dipelajari agar kita bisa lebih peka terhadap masalah sosial serta memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Jurusan yang masuk kategori ilmu sosial berfokus pada aspek kehidupan manusia. Oleh karena itulah jurusan yang masuk kategori ilmu sosial sangatlah luas karena aspek kehidupan manusia sangat beragam mulai dari sejarah, bahasa hingga sosial.

Jika sains secara umum dikhususkan untuk jurusan IPA, maka kelompok ilmu ini biasanya diperuntukkan untuk mereka lulusan dari IPS. Namun bukan berarti jurusan IPA tak boleh masuk ke jurusan ini bukan?

Beberapa contoh jurusan dalam kelompok ilmu sosial antara lain jurusan  Antropologi, Arkeologi Indonesia, Filsafat Indonesia, Psikologi, Sastra Arab, Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sosiologi, Hubungan Internasional, Ilmu Sosial Pemerintahan, Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Auditing dan Manajemen.

Baca juga: Daftar 7 Kampus dengan Jurusan Desain Interior Terbaik di Indonesia dengan Akreditasi A (BAN PT)

Pembagian kelompok ilmu di atas akan sangat membantu menentukan mana jurusan yang sesuai dengan bakat dan minatmu. Setelah menentukan jurusan, jangan lupa menentukan kampus. Pilih kampus terbaik yang telah terakreditasi dan memiliki berbagai macam fasilitas penunjang. Contohnya adalah BINUS @Malang.

Sebagai salah satu kampus yang diluncurkan oleh BINUS University, BINUS @Malang menjadi kampus terbaik yang menawarkan pembelajaran kreatif dengan memanfaatkan teknologi modern para BINUSIAN bisa mengembangkan ide yang dimilikinya lebih luas tak terbatas. Yuk gabung dengan BINUS @Malang!