Daftar 7 Kampus dengan Jurusan Desain Interior Terbaik di Indonesia dengan Akreditasi A (BAN-PT)

Bagi kamu yang sedang bingung untuk menentukan jurusan kuliah apa yang hendak ditempuh dan mempunyai minat serta bakat dalam seni untuk menata ruangan atau bangunan, tidak perlu berlama-lama dalam kebingungan. Jurusan desain interior dapat menjadi jawaban terbaik atas kebimbanganmu. Membantu untuk semakin mendalami bakat senimu, jurusan Desain Interior juga merupakan jurusan tepat jika kamu ingin menjadikan minatmu dalam penataan ruangan sebagai pekerjaan yang menjanjikan.

Keahlian yang Dipelajari di Jurusan Desain Interior

Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari hal-hal terkait perancangan, perencanaan dan penataan ruangan. Seorang desain interior mempunyai peran penting dalam penataan ini karena untuk mendapatkan kenyamanan bagi pengguna ruangan, diperlukan pemahaman seni dan estetika yang tepat dan sesuai dengan keinginan. Pastinya, ilmu pengetahuan yang mumpuni diperlukan sebelum seseorang bekerja sebagai desain interior. Kuncinya adalah mencari kampus yang tepat untuk mengembangkan ilmu tersebut.

Jurusan desain interior termasuk salah satu jurusan yang cukup diminati oleh calon mahasiswa saat ini. Oleh karena itu, sejumlah kampus terbaik di negeri pun sudah mulai banyak yang menyediakan jurusan ini bagi mahasiswa untuk memfasilitasi minat dan bakat mereka dalam desain ruangan.

Tidak sedikit yang menanyakan keahlian apa yang harus dikuasai sebelum memilih untuk menghabiskan 4 tahun mempelajari desain interior. Apakah harus bisa menggambar? Ataukah harus mempunyai kemampuan dalam bidang seni? Meskipun akan menjadi nilai tambah apabila mahasiswa memang punya kemampuan menggambar, namun tidak perlu khawatir, karena di semester awal nanti mahasiswa akan diajarkan semuanya dari awal. Mulai dari proses mendesain, menggambar, mewarnai, pemodelan 3D dan desain furnitur.

Mahasiswa yang mengambil jurusan Desain Interior juga akan mempelajari hubungan antar manusia dengan ruangan yang akan dihuni. Salah satunya yaitu bagaimana untuk menciptakan ruangan yang sesuai dengan kenyamanan pengguna, dapat memenuhi kebutuhannya, serta membuat mood meningkat saat berada di ruangan tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jurusan Desain Interior menekankan estetika seni dalam penataan ruangan, maka hal penting yang perlu diperhatikan dalam perkuliahan nantinya adalah berfokus pada detail, kreatif, dapat berkomunikasi dengan baik dan percaya diri. Selain membantu di bangku perkuliahan, softskill ini akan sangat berguna ketika sudah masuk dalam dunia kerja, terutama yang berhubungan dengan desain.

Jika kamu menganggap desain interior adalah jurusan yang cocok untuk kamu tempuh di bangku perguruan tinggi, maka sejumlah kampus ini bisa menjadi pilihanmu di mana jurusan Desain Interior menjadi salah satu jurusan favorit. Simak daftar kampus dengan jurusan Desain Interior terbaik berikut ini!

  1. BINUS University

BINUS merupakan salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia dengan akreditasi A dan pilihan jurusan yang beragam. Oleh karena itu, kualitas pendidikan sudah tidak perlu diragukan lagi. Memilih jurusan desain interior di BINUS dapat menjadi pilihan yang baik untuk calon mahasiswa. Jurusan desain interior tersedia di BINUS @Malang dan BINUS Kemanggisan.

Di BINUS @Malang, mahasiswa jurusan Desain Interior akan dibekali dengan kemampuan untuk berpikir kreatif dalam membangun bisnis dan wawasan terkait hospitality sign agar siap untuk terjun dan berperan di dunia industri nantinya.

  1. Telkom University

Kampus swasta unggulan berikutnya yang juga menyediakan jurusan Desain Interior adalah Telkom University yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Telkom University menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi profesional kreatif, penuh inovasi dan dapat bersaing dalam industri. Di kampus ini terdapat 3 spesialisasi di jurusan Desain Interior, yaitu Arsitektur Interior Nusantara, Interior Digital dan Teknologi, dan Eksperimental Desain yang mana merupakan ciri khas dari program studi tersebut.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Menjadi kampus pertama di Indonesia yang membuka jurusan Desain Interior, ITB merupakan salah satu kampus negeri terbaik yang terletak di Bandung, Jawa Barat dan memiliki banyak peminat setiap tahunnya. Tujuan yang hendak diraih program studi ini di antaranya membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan mencakup kreativitas, keahlian teknis dan pemahaman soal perilaku manusia agar dapat membangun ruangan menjadi fungsional dan bermakna. Mata kuliah yang akan ditempuh juga berkaitan dengan seni, desain, teknik dan arsitektur.

  1. Institut Seni Yogyakarta (ISI)

Kampus berikutnya yang memiliki desain interior sebagai program studinya adalah Institut Seni Yogyakarta. Jurusan Desain Interior di kampus ini merupakan bagian dari Fakultas Seni Rupa, yang menekankan pendidikan di bidang perencanaan dan perancangan ruang dalam bangunan hunian. ISI juga bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan dan sikap profesional, beretika tinggi dan berdaya saing dalam berkarya di bidangnya.

  1. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Salah satu opsi perguruan tinggi lainnya yang dapat dipertimbangkan dan mempunyai jurusan Desain Interior terbaik ini berdiri di kota Semarang, Jawa Tengah. Universitas Sebelas Maret adalah kampus negeri dan bertujuan untuk menghasilkan lulusan di bidang desain interior yang memiliki etos kerja tinggi sehingga dapat unggul dan dapat bersaing.

  1. Universitas Tarumanegara (UNTAR)

Selanjutnya ada Universitas Tarumanegara, kampus swasta di Jakarta terakreditasi unggul yang juga membuka jurusan Desain Interior dengan ditunjang fasilitas seperti studio komputer dan ruang ruang pameran tematik yang dapat membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran agar dapat semakin menekuni minatnya dalam dunia seni.

  1. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

ITS yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini memiliki jurusan Desain Interior yang bereputasi internasional dalam bidang studi desain interior terutama yang menunjang industri kreatif. Sudah terakreditasi A, kampus ini dapat menjadi pertimbangan sebagai kampus negeri pilihan bagi calon mahasiswa yang berminat mengambil jurusan Desain Interior.

Pertanyaan lain yang kerap kali ditanyakan terkait mengenai jurusan adalah gelar apa yang akan didapatkan, serta prospek kerja kedepannya. Bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan pendidikan S1 Desain Interior, gelar yang didapatkan yaitu Sarjana Desain (S.Ds.) atau Sarjana Seni (S.Sn). Sementara bagi mereka yang menyelesaikan pendidikan S2 akan diberi gelar Master of Arts (M.A).

Tidak perlu khawatir mengenai prospek kerja. Banyak sekali pilihan profesi yang dapat kamu pilih sesuai keinginan setelah lulus dari jurusan interior, yaitu antara lain konsultan desain interior, perancang desain interior, desain grafis, konsultan properti, kontraktor dan bekerja di perusahaan konstruksi interior.

Pilihan Kampus Jurusan Desain Interior Terbaik

Untuk dapat bersaing dalam dunia industri nantinya perlu dipersiapkan dengan matang oleh mahasiswa, yang mana menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, penting untuk memilih kampus terbaik yang dapat memfasilitasi. BINUS @Malang dapat menjadi solusi dan jawaban untuk persoalan tersebut. Peringkat 10 besar universitas terbaik yang diraihnya dan dapat menyaingi universitas lainnya menjadi bukti bahwa BINUS @Malang mempunyai standar tinggi dalam edukasi yang diberikannya.

Peringkat tersebut dikeluarkan langsung oleh QS World University Rankings, UniRank, dan WUR. Akreditasinya juga tidak perlu dipertimbangkan lagi, karena akreditasi internasional bergengsi seperti ABET, AACSB, Tedqual dan AUN-QA sudah mengakuinya, menjadi bukti bahwa BINUS @Malang memang terakreditasi unggul dan terakreditasi internasional.

So, tunggu apalagi? Yuk, segera join ke BINUS @Malang!