10 Kampus Jurusan Desain Grafik Terbaik di Indonesia Tahun 2024 Versi Edurank

Setiap orang memiliki impian atau cita-citanya sendiri. Bagi kamu yang memiliki impian berkarir dalam dunia desain grafis, kamu bisa meraihnya lebih mudah dengan mengambil kampus dengan jurusan yang sejalan dengan impianmu. Agar lebih memudahkan dalam menentukan pilihan, daftar kampus jurusan desain grafik terbaik di Indonesia ini mungkin akan lebih membantumu.

Daftar 10 Kampus Jurusan Desain Grafis Terbaik Tahun 2024 Versi Edurank

Di Indonesia ada cukup banyak jurusan yang bisa menjadikanmu sebagai seorang desainer grafis profesional. Jurusan ini mempelajari berbagai hal tentang konsep, bentuk serta komposisi dari karya visual berupa garis, gambar dan elemen grafis lainnya.

Dari tahun ke tahun kebutuhan akan lulusan dari jurusan desain grafis kian meningkat. Salah satu alasannya adalah peningkatan kebutuhan komunikasi visual. Selain itu peluangnya juga sangatlah luas mulai dari industri media, periklanan, bisnis dan sebagainya.

Bagi kamu yang masih galau menentukan kampus dan jurusan, simak daftar kampus jurusan desain grafik terbaik di Indonesia versi Edurank tahun 2024 ini.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia

DKV menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di FPSD UPI. Meskipun termasuk kategori fakultas baru, namun berdasarkan dari survei dari Edurank, UPI berhasil meraih peringkat 1 nasional, peringkat 88 Asia, dan peringkat 468 Internasional. Dari pencapaiannya tersebut tak heran jika UPI menjadi sasaran para camaba yang memiliki minat dalam dunia desain.

DKV UPI memiliki konsentrasi dalam bidang desain multimedia dan desain grafis serta memiliki dukungan akan fasilitas modern yang sangat lengkap. Semua hal tersebut membuat mahasiswa lebih leluasa dalam pengembangan kompetensinya.

  1. Universitas Indonesia

UI juga memiliki prodi di bidang desain grafik. Namun prodi yang ditawarkan ini adalah vokasi. Dalam pembelajarannya, prodi desain grafis UI fokus pada pengembangan serta pemahaman terkait dengan media komunikasi visual. Banyak hal yang dilakukan untuk memberi kesempatan pada para mahasiswanya untuk berkolaborasi dalam berbagai macam proyek kreatif yang mampu mendukung bakat dan seni mahasiswanya. Jadi tak heran jika UI masuk dalam daftar kampus jurusan desain grafik terbaik di Indonesia bukan?

Berdasarkan dari peringkat Edurank, UI mendapatkan peringkat 2 nasional, peringkat 97 Asia dan peringkat 505 dunia.

  1. Institut Teknologi Bandung

ITB menjadi kampus peringkat 3 nasional berdasarkan pemeringkatan Edurank. Selain itu juga mendapatkan peringkat 99 Asia dan peringkat 512 dunia.

ITB memang sudah sangat terkenal dengan Fakultas Seni Rupa dan Desainnya yang mampu menggabungkan berbagai macam aspek seni, desain serta teknologi. Fakultas ini memiliki tiga jurusan yakni Jurusan Seni Rupa Murni, Jurusan Mata Kuliah Dasar Umum dan Jurusan Desain. Selain itu FSRD ITB juga memiliki 3 departemen yakni departemen Seni Murni, Sosioteknologi dan Desain.

  1. BINUS University

Meskipun BINUS bukanlah PTN, namun kualitas pembelajaran dari BINUS bisa bersaing dengan banyak PTN ternama. Hal ini dibuktikan dengan masuknya BINUS dalam jajaran 5 besar terbaik kampus dengan jurusan desain grafik. Selain itu BINUS juga mendapatkan peringkat 105 Asia dan 561 dunia.

BINUS memiliki cukup banyak cabang di Indonesia dan jurusan DKV adalah salah satu jurusan unggulan yang bisa ditemui di banyak kampus BINUS, salah satunya BINUS @Malang. Berbagai fasilitas dan teknologi canggih disiapkan dengan baik untuk menciptakan ruang belajar yang efektif dan efisien. Inilah yang membuat BINUS berbeda dari kampus lainnya.

  1. Telkom University

Sama halnya dengan BINUS, Telkom University juga termasuk PTS dengan kualitas pembelajaran yang sangat unggul. Terbukti dengan perolehan peringkat 107 Asia dan 564 dunia versi Edurank.

Telkom University merupakan perguruan tinggi swasta milik BUMN yang telah berhasil meraih akreditasi A di semua program studi. Jadi tak heran jika jurusan desain di Telkom masuk 5 besar terbaik di Indonesia.

  1. Universitas Negeri Malang

Bagi kamu yang berminat kuliah di PTN yang terletak di Jawa Timur, UM bisa jadi rekomendasi. Berdasarkan data pemeringkatan Edurank, UM berhasil meraih peringkat 6 nasional, 120 Asia dan 601 dunia. Tak hanya memiliki kualitas pendidikan yang baik, UM juga memiliki beragam fasilitas yang mampu menunjang berbagai keperluan pembelajaran.

  1. Universitas Sebelas Maret

UNS mendapatkan peringkat 7 nasional, peringkat 136 Asia dan 658 dunia. UNS memang cukup terkenal dengan jurusan desainnya karena kurikulum mereka yang mampu menggabungkan aspek aplikasi dengan teori dalam desain. Selain itu mereka juga banyak memberikan kesempatan pada para mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan yang mendukung kreativitas.

  1. Universitas Negeri Yogyakarta

Peringkat 8 nasional diraih oleh UNY. Sebagai PTN dengan peminat yang cukup banyak, jurusan DKV menjadi salah satu yang paling banyak diminati. Hal ini lantaran program DKV menawarkan kesempatan bagi para mahasiswanya untuk mempelajari materi DKV dengan pendekatan yang praktis. Tujuannya adalah mempersiapkan lulusannya menjadi seorang profesional desainer.

  1. Universitas Negeri Padang

Ada cukup banyak prestasi yang sudah diraih oleh universitas ini. Khususnya untuk desain grafis, kampus ini meraih peringkat 9 nasional, 189 Asia dan 803 dunia.

Universitas Negeri Padang adalah pilihan terbaik bagi kamu yang ingin menjadi seorang yang mandiri, berkualitas, dan profesional yang hendak memasuki industri kreatif.

  1. Universitas Gadjah Mada

UGM masuk dalam 10 besar terbaik nasional dan mendapatkan peringkat 189 Asia serta 803 dunia. Tak mengherankan karena UGM memiliki pengajaran yang sangat baik mulai dari dasar hingga aplikasi praktis dalam seni rupa terapan. Bahkan para mahasiswanya juga diajak untuk mengembangkan berbagai ide kreatif mereka lewat berbagai platform.

Desain grafik selalu menjadi salah satu bidang jurusan yang diminati dimanapun itu kampusnya. Peluang kerja yang luas adalah salah satu alasannya. Jika kamu memiliki potensi dalam bidang desain grafik, langsung saja pilih kampus jurusan desain grafik terbaik di Indonesia di atas agar kamu bisa mendapatkan pembelajaran yang maksimal. Disini kami rekomendasikan untuk memilih BINUS @Malang. Kenapa?

BINUS @Malang merupakan salah satu kampus terbaik yang diluncurkan BINUS University. Selain memiliki kurikulum unggulan berstandar Internasional, fasilitas kampus BINUS @Malang juga tidak boleh dianggap enteng.

Baca juga:  Sambil Menunggu Pendaftaran PTN, Simak 8 Jurusan Favorit di BINUS @Malang

Menariknya BINUS @Malang memiliki program 2+1+1 yang ditujukan untuk mematangkan para mahasiswanya dalam menghadapi dunia kerja. Program ini mengharuskan mahasiswanya kuliah 2 tahun di kampus asal, 1 tahun di kampus lain dan 1 tahun magang. Selain itu bagi kamu yang memiliki kendala dalam bidang keuangan, BINUS @Malang juga memiliki program beasiswa lho.

Tunggu apalagi? Segera daftarkan dirimu ke BINUS @Malang.