Sambil Menunggu Pendaftaran PTN, Simak 8 Jurusan Favorit di BINUS @Malang

Ada banyak hal produktif yang bisa dilakukan sambil menunggu pendaftaran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dibuka. Daripada bermalas-malasan, lebih baik mempersiapkan diri dengan belajar untuk persiapan mengikuti SBMPTN. Selain itu, mencari informasi tentang cara daftar PTN 2024 serta pilihan jurusan yang menjadi favorit bagi kamu juga penting dilakukan supaya proses menuju perguruan tinggi bisa lancar tanpa ada hambatan karena minimnya pengetahuan.

Persyaratan Masuk PTN

Bisa lolos seleksi dan masuk ke PTN yang diinginkan, apalagi masuk ke jurusan favorit, memang menjadi dambaan banyak orang. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan dengan baik terkait dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendukung administrasi pendaftaran. Bagaimana cara daftar ke PTN 2024? Berikut adalah beberapa yang perlu dipersiapkan untuk masuk PTN jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri:

  1. Jalur SNBP
  • SMA/SMK/MA yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  • Sekolah dengan terakreditasi A mendapatkan kuota sebanyak 30%, B sebanyak 25% dan C sebanyak 5%. Artinya penerimaan siswa berdasarkan kebutuhan kuota dari akreditasi tersebut.
  1. Jalur SNBT
  • Siswa SMS/SMK?MA kelas XIII dengan maksimal berumur 22 tahun per 1 Juli 2024.
  • Lulusan SMA/SMK/MA tahun 2022 dan 2023 atau para siswa lulusan paket C tahun 2022 dan 2023 dengan maksimal berumur 22 tahun per 1 Juli 2024.
  • Membayar biaya untuk UTBK kecuali bagi penerima KIP kuliah.
  • Menyertakan portofolio bagi peserta yang mengambil prodi olahraga dan seni.
  • Peserta yang lulus seleksi SNBP 2024/2023, tidak diperkenankan kembali mendaftar SNBT 2024.
  • Peserta yang lulus jalur SNBT 2024 dan sudah daftar ulang, maka tidak tidak bisa ikut seleksi mandiri di PTN manapun.
  • Mengikuti UTBK.
  1. Jalur Mandiri

Jalur mandiri ditentukan oleh masing-masing PTN yang dituju. Namun aturan baru untuk tahun 2024 adalah, jalur mandiri di PTN manapun tidak bisa diikuti peserta yang sudah diterima dari jalur SNBP dan SNBT.

Dokumen Pendukung Masuk PTN

Beberapa dokumen ini juga perlu kamu persiapkan sejak awal supaya proses pendaftaran semakin lancar:

  1. Kartu tanda peserta.
  2. Kartu identitas (bisa KTP atau paspor).
  3. Fotokopi ijazah yang dilegalisir.

Jurusan Favorit BINUS @Malang yang Bisa Kamu Pilih

Beberapa diantara anda mungkin ada yang kurang percaya diri akan diterima di PTN yang kamu inginkan. Setelah mengetahui cara daftar PTN 2024 dan berbagai persyaratannya di atas dan sembari menunggu pendaftaran PTN, tidak ada salahnya mengetahui 8 jurusan favorit yang ada di BINUS @Malang ini. Siapa tahu ada yang kamu minati salah satunya.

  1. Business Creation

Jurusan ini mempersiapkan mahasiswanya supaya mampu untuk selalu kreatif dan inovatif di masa mendatang. Di sini kamu akan belajar beberapa mata kuliah seperti Business Mathematics, Introduction to Entrepreneurship, Producvtion to Management And Business dan lain sebaginya. Prospek kerjanya juga sangat baik, kamu bisa bekerja si bidang Creativepreneur, Business Planner dan masih banyak lagi.

  1. Computer Science

Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan ini ada Big Data Processing, Multimedia Programming Foundation, Wen Programming dan sebagainya. Untuk jenjang karir di jurusan ini sangat luas, kamu bisa menjadi Artificial Intelligence Specialist, Computer Network Specialist atau profesi lainnya.

  1. Interior Design

Jurusan Interior Desain adalah jurusan yang mempelajari tentang rancangan ruang dan tata letak di suatu bangunan. Beberapa mata kuliah seperti Art Principles, Interior Technical Drawing, Sense of Design dan sebagainya. Prospek karir yang dimiliki jurusan ini ada di bidang arsitek, jurnalis interior, bisnis properti dan sebagainya.

  1. Communication

Ini merupakan jurusan yang bisa dibilang prodi interdisipliner, dimana teori serta konsep ilmu komunikasi digabungkan dengan penyiaran. Beberapa mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini diantaranya ada Social Design Thinking, Political Communication dan  sebagainya. sementara prospek karirnya ada di bidang Wartawan, News Anchor dan masih banyak lagi.

  1. Public Relations

Jurusan Public Relations juga menjadi prodi interdisipliner yang menggabungkan teori serta konsep ilmu komunikasi dengan hubungan masyarakat. Di sini kamu akan mendapat mata kuliah seperti Writing for Public Relations, Corporate Relationship Management dan lain-lain. untuk prospek pekerjaan yang terbuka untuk prodi ini ada Graphic Design Studio, Web Design and Development dan sebagainya.

  1. Visual Communication Design

Ini adalah salah satu jurusan yang juga menyiapkan agar lulusannya mampu untuk berkreasi serta memiliki wawasan luas. Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di sana ada Design Methods, Visual Communication Design dan lain-lain. Prospek karir untuk prodi ini bisa di bidang Graphic Design Studio, Web Design and Development dan masih banyak lagi.

  1. Digital Business Innovation (Double Program)

Di prodi ini, para mahasiswa dipersiapkan agar memiliki kemampuan menganalisa dan merancang sistem informasi, sehingga ke depannya menjadi lebih siap dalam menghadapi masalah yang mungkin dihadapi. Karir yang sesuai dengan prodi ini ada Entrepreneur, Business Planner dan sebagainya.

  1. Interactive Design & Technology (Double )

Buat kamu yang tertarik dunia teknologi dan desain visual, maka disarankan untuk mengambil jurusan ini. Untuk karir, kamu bisa bekerja di bidang UI Designer, System Analyst dan sebagainya.

Fasilitas Kampus BINUS @Malang

Sebagai kampus yang mengusung konsep ‘Smart and Green’ berbasis teknologi, sudah pasti BINUS @Malang juga memiliki fasilitas yang canggih untuk mendukung aktivitas belajar. Beberapa fasilitas yang tersedia di sana ada perpustakaan, laboratorium, ruang belajar, ruang admisi dan atrium. Tidak hanya fasilitas yang kece, namun BINUS sendiri masuk 10 besar perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, yang bahkan menyaingi PTN lain.

Peringkat ini keluarkan oleh QS World University Rankings, UniRank dan WUR dan mendapat akreditasi unggul dan akreditasi internasional yang diakui oleh ABET, AACSB, Tedqual, AUN-QA, dan akreditasi Internasional bergengsi lainnya. Ini merupakan bukti kalau BINUS @Malang memang punya standar yang sangat tinggi untuk kualitas edukasi.

Selain mengetahui cara daftar PTN 2024, tidak ada salahnya kamu juga mencari informasi kampus lain untuk jaga-jaga kalau ternyata kamu masih belum lolos di PTN. So, tunggu apalagi? Yuk, segera Join BINUS @Malang!