10 Daftar Universitas Jurusan Desain Komunikasi Visual Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan yang ahli dalam bidang desain komunikasi visual (DKV). Oleh karena itu tak heran jika jurusan desain komunikasi visual memiliki peminat yang cukup tinggi beberapa tahun belakangan. Sebut saja video editor, desainer UI/UX, visual desainer, illustrator, publishing designer, photojournalist, dan brand and digital designer. Semua pekerjaan dalam industri kreatif tersebut diperuntukkan bagi para lulusan DKV.

Nah, jika kamu adalah seorang yang memiliki minat dan bakat terhadap DKV dan ingin melanjutkan studi S1 di kampus yang tepat, maka kamu harus tahu mana saja kampus DKV terbaik di Indonesia. Memilih tempat belajar yang tepat akan membantumu meraih kesuksesan lebih mudah lho. Jadi pastikan untuk memperhatikan kampus yang masuk dalam daftar dibawah ini.

10 Daftar Universitas Jurusan Desain Komunikasi Visual Terbaik Terakreditasi BAN-PT

Ada banyak universitas atau kampus yang memiliki jurusan DKV di Indonesia. Di antara begitu banyak kampus, di bawah ini adalah 10 terbaik yang sudah terakreditasi oleh BAN-PT:

  1. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Bukan rahasia jika BINUS masuk dalam daftar 10 kampus DKV terbaik di Indonesia. Meskipun kampus swasta, namun kualitas pendidikannya tak kalah saing dari PTN negeri.  Jurusan DKV di BINUS Jakarta bahkan telah terakreditasi Unggul oleh BAN-PT.

BINUS sendiri memiliki beberapa kampus yang tersebar di Indonesia. Ada yang berlokasi di Depok, Bandung, Semarang, dan Malang. Tentu ini sangat memudahkan.

Misal bagi kamu yang berada di Malang, tak perlu jauh-jauh ke Jakarta karena kamu bisa kuliah di BINUS @Malang. Begitupun sebaliknya jika kamu berdomisili di Bandung, Semarang dan kota lainnya. Kamu bisa pilih kampus terdekat.

  1. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Jika kamu mencari kampus DKV terbaik di Indonesia yang memiliki akreditasi A oleh BAN-PT, maka IKJ adalah salah satunya. Akreditasi A yang diraih IKJ ini sebenarnya sudah cukup lama sejak tahun 2014 lalu hingga tahun 2024 ini. Raihan 10 tahun akreditasi A ini membuktikan bahwa IKJ memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik dan layak untuk dijadikan pilihan.

  1. Universitas Kristen Petra (UK Petra)

Kampus DKV terbaik selanjutnya adalah UK Petra. Universitas ini berhasil mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2020 lalu hingga tahun 2025 mendatang. Selain itu prodi DKV di UK Petra juga telah mendapatkan akreditasi Internasional melalui AQAS. AQAS (Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programs) adalah lembaga nirlaba yang berada di Jerman. Akreditasi ini sebagai pengakuan atas standar pengajaran dan kualitas pendidikan yang diadopsi oleh Universitas Kristen Petra.

  1. Universitas Ciputra

Universitas Ciputra merupakan kampus swasta yang sudah mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2015 hingga tahun 2020. Universitas yang berlokasi di Surabaya ini memiliki fokus utama pada pendidikan entrepreneurship bagi semua mahasiswanya yang bercita-cita menjadi seorang pebisnis.

  1. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Ini termasuk dalam daftar kampus DKV terbaik di Indonesia. Alasannya karena DKV di kampus ini sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Selain itu permintaan lulusan DKV dari UPH adalah yang tertinggi di Indonesia. Terbukti dari banyaknya lulusan yang sudah mendapatkan pekerjaan di bidang industri kreatif sebulan sesudah lulus. Hal ini tentu tak lepas dari aktivitas pembelajaran yang efektif dengan dukungan fasilitas canggih dalam kegiatan pembelajarannya.

  1. Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS)

Kampus yang terletak di Jawa Tengah ini menjadi rujukan bagi para calon mahasiswa yang memiliki bakat dan minat dalam bidang DKV. Tak heran karena jurusan ini sudah berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

  1. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Kampus swasta selanjutnya yang masuk dalam daftar kampus DKV terbaik adalah UMN atau Universitas Multimedia Nusantara. Sejak tahun 2005 kampus ini telah mendapatkan akreditasi A. Nah, jika kamu tertarik dengan DKV, kamu bisa mengambil peminatan Interactive Media Design atau Graphic Design.

  1. Universitas Trisakti

Kampus yang berdiri sejak tahun 1965 ini juga sangat direkomendasikan bagi kamu yang berminat dengan DKV. Sama seperti kampus lainnya, prodi DKV di kampus ini juga sudah terakreditasi A sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk masalah pendidikan atau fasilitasnya.

  1. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)

Jurusan DKV di kampus ini berada di bawah naungan fakultas Teknologi Informasi. Kampus ini juga masuk daftar terbaik dengan perolehan akreditasi A dari BAN-PT. Bagi kamu yang berdomisili di Jawa Tengah tepatnya di Salatiga, kamu bisa jadikan UKSW sebagai kampus pilihanmu.

  1. Universitas Telkom

Telkom University merupakan universitas swasta milik BUMN yang terletak di Jawa Barat. Jurusan DKV di Telkom University berada dibawah naungan Fakultas Industri Kreatif. Tak perlu ragu masuk kesini karena jurusan DKV disini sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2022 lalu.

Baca juga: Sambil Menunggu Pendaftaran PTN, Simak 8 Jurusan Favorit di BINUS @Malang

Di atas adalah daftar kampus DKV terbaik yang ada di Indonesia. Jika kamu berada di Indonesia bagian timur, kami rekomendasikan BINUS @Malang sebagai kampus pilihanmu. BINUS @Malang merupakan kampus terbaik yang diluncurkan oleh BINUS University. BINUS @Malang memiliki prodi Visual Communication Design atau DKV yang didukung dengan berbagai fasilitas berteknologi canggih seperti Lab Mac, Lab Photograph dan Lab Digital Content. Kamu bisa langsung mendaftar dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan.