Organisasi Basket di BINUS @Malang: Visi, Misi, Struktur, dan Event yang Diselenggarakan!

BINUS @Malang tidak hanya menjadi universitas dengan kurikulum terbaik, tetapi juga hadirkan organisasi kemahasiswaan terpopuler. Salah satunya adalah Olahraga Basket (HORZELS) atau BINUS Basketball yang menjadi organisasi kemahasiswaan BINUS yang terpopuler.

Mengenai Organisasi Basket Kampus BINUS @Malang

Berbentuk Unit Kegiatan Mahasiswa/Komunitas, Olahraga Basket (HORZELS) berdiri sejak 20 Mei 1995. UKM Basket ini bertujuan sebagai wadah bagi BINUSIAN atau mahasiswa BINUS dalam menyalurkan minat dan bakat mereka di bidang olahraga bola basket ini. Selain mengasah minat dan bakat mereka, tentunya UKM ini juga dapat mengharumkan nama BINUS University di ajang kompetisi tingkat kampus.

Visi dan Misi Organisasi Basket BINUS @Malang

Sejak awal berdirinya organisasi Olahraga Basket (HORZELS) ini, tentunya ada visi dan misi dari organisasi ini. Visi dan misi juga dilambangkan melalui logo organisasi. UKM Basket ini berlambang lebah yang memiliki cerminan akan kerja keras semua anggota dalam memajukan UKM ini.

Bentuk lebah merepresentasikan lambang kerja keras dan kerja sama baik anggota, pelatih, aktivis, pengurus dan bahkan DPI. Sedangkan logo BASKET adalah simbol olahraga ini yang merupakan bentuk kerjasama tim berbasis kekeluargaan.  Bahkan pemilihan warna pun menjadi pertimbangan utama.

Warna hijau tosca merepresentasikan keseimbangan emosi serta menciptakan keterbukaan antara sesama anggota organisasi. Sedangkan warna biru tua menjadi lambang komunikasi dari pihak internal maupun eksternal dalam hal menjunjung kejujuran.

Struktur Organisasi Olahraga Basket BINUS @Malang

Dalam struktur organisasi di UKM Olahraga Basket (HORZELS), terdapat beberapa bagian dengan tugas masing-masing yaitu:

  1. Public Relation

Public Relation bertugas untuk membuat pengumuman latihan dan event. Selain itu, tugasnya adalah mengecek pesan yang masuk dan keluar serta meresponnya. Tugas PR yang lain adalah mengolah media sosial UKM Olahraga Basket (HORZELS) sekaligus membangun relasi antara UKM dan juga dengan organisasi serta perusahaan.

  1. Human Resource Development

Organisasi UKM Basket ini juga memiliki HRD yang bertugas menata data aktivis serta pengurus UKM basket dan juga mengatur event basket. HRD juga bertugas untuk mengatur jadwal latihan dari tim basket serta mengatur tempat dan perlengkapan yang diperlukan untuk latihan.

  1. Creative and Fun

Yang menarik dari UKM Olahraga Basket (HORZELS) adalah keberadaan bagian Creative and Fun. Tentunya hal inilah yang membuat berbeda karena UKM Basket BINUS memang ingin memberikan terobosan berbeda dari yang lain. Membuat event adalah salah satu deskripsi tugas dari departemen ini. Selain itu, departemen Creative and Fun juga bertugas mencari dana untuk pembangunan UKM.

  1. Research and Development

Organisasi UKM Olahraga Basket (HORZELS) juga memiliki tim riset dan juga pengembangan atau disingkat (R&D)  tim ini juga juga bertugas dalam memberikan inovasi dan mengembangkan UKM Olahraga Baket (HORZELS) yang ada di BINUS @ Malang.

Jenis Event di Organisasi Basket BINUS @Malang

Olahraga Basket (HORZELS) BINUS sudah memiliki jam terbang tinggi dalam mengikuti berbagai event. Bahkan, UKM ini juga menjadi tuan rumah dari berbagai event di bawah ini:

  1. Makrab

Makrab merupakan singkatan dari Malam Keakraban. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang digelar di luar kampus. Tujuan dari Makrab ini adalah untuk saling mengakrabkan para pengurus UKM baik dari dan tim putra maupun putri.

Yang menarik adalah kegiatan ini juga sering diramaikan para alumni Olahraga Basket (HORZELS) sehingga suasana akrab semakin terasa. Tidak hanya itu, para alumni juga berbagai pengalaman seru dan bermanfaat sehingga pertemuan semakin mengesankan. Biasanya, kegiatan ini dilakukan dua hari.

  1. P2M

Program pengabdian masyarakat atau P2M merupakan kegiatan positif untuk membantu masyarakat tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Kegiatan ini berwujud mengajar atau bakti sosial. Awalnya, UKM menyelenggarakan program ini di salah satu SMA di wilayah Tangerang karena lokasinya dekat dengan BINUS Greater Jakarta.

Tujuan program ini adalah menawarkan inovasi teknologi dalam mendorong pembangunan ekonomi Indonesia melalui komersialisasi hasil penelitian; Selain itu kegiatan ini juga dapat menawarkan solusi berbasis kajian akademik atas persoalan masyarakat secara riil.

Target utama dari kegiatan ini adalah tentunya masyarakat tidak mampu yang memiliki kelemahan dalam hal ekonomi, sosial dan budaya.

  1. Welcoming Party

Sesuai namanya, acara ini digelar untuk menyambut anggota baru. Tradisi ini ada di UKM Olahraga Basket (HORZELS) di setiap kampus BINUS. Selalu ada tema berbeda setiap tahunnya meskipun tujuan utamanya adalah perkenalan untuk saling mengakrabkan diri dalam membentuk tim basket yang solid.

  1. LDK Aktivis

Latihan dasar kepemimpinan merupakan salah satu bentuk pelatihan yang juga menjadi satu syarat utama untuk anggota baru UKM Olahraga Basket (HORZELS). Peserta dapat mengikuti materi serta pelatihan terkait kepemimpinan namun tetap peduli terhadap sesama serta lingkungan. Kegiatan ini menarik karena tidak hanya pelatihan secara teori saja tetapi juga melalui berbagai permainan yang dapat mengasah kepemimpinan peserta

  1. LDK Pengurus

LDK untuk pengurus merupakan pelatihan bagi para pengurus aktif. Kegiatan ini menjadi salah satu syarat utama untuk mereka yang sudah menjadi anggota atau aktivis UKM. Melalui kegiatan ini, peserta juga mendapatkan materi pelatihan terkait kepemimpinan lebih lanjut sehingga mereka dapat naik tingkat menjadi pengurus UKM.

  1. SERTIJAB

Acara serah terima jabatan dilakukan setelah acara LDK dimana nantinya para aktivis akan dianugerahi jabatan baru. Dengan demikian, regenerasi dari UKM terus terjaga.

Jadi, bagi kamu yang hendak bergabung dengan BINUS tentu tidak perlu ragu lagi. BINUS @Malang juga menawarkan UKM Olahraga Basket (HORZELS) yang sarat kegiatan dengan anggota tim yang sarat prestasi. Kamu tidak hanya akan jadi BINUSIAN yang andal dalam bidang akademis, tetapi juga menjadi BINUSIAN aktif yang sehat dan aktif dalam hal keorganisasian serta hubungan masyarakat.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Fakultas di BINUS @Malang.