10 Alasan Mengapa Strategi Bisnis Adalah Kunci Utama

Semua pelaku usaha pasti tahu jika strategi bisnis adalah kunci dari kesuksesan dan keberlanjutan sebuah bisnis. Namun tidak dipungkiri jika banyak pelaku usaha yang abai dengan hal ini. Padahal jika diterapkan dengan benar dampaknya cukup signifikan, apalagi dengan pergeseran tren yang terus menerus dan persaingan yang kian ketat. Mengingat hal tersebut, strategi bisnis adalah suatu hal yang harus diperhatikan.

Strategi bisnis yang baik mampu menentukan ke mana arah perusahaan dengan cara mengidentifikasi bisnis dari berbagai sisi baik itu dari segi pesaing, pelanggan, hingga pasar. Bisa dikatakan pula jika strategi bisnis adalah peta yang akan mengantarkan anda untuk sampai ke tujuan.

Lantas apa kira-kira yang membuat strategi bisnis ini bisa begitu penting? Berikut ulasannya!

Panduan Menuju Visi dan Tujuan

Strategi bisnis menjadi pondasi utama ketika hendak membangun sebuah bisnis. Dalam hal ini perencanaan yang matang sangatlah penting agar bisnis bisa mencapai target. Nah, di sinilah peran dari strategi bisnis. Strategi yang terencana dengan baik akan membantu anda menilai bisnis dari beberapa sudut pandang agar tujuan bisnis bisa lekas tercapai. Anda bisa membuat instruksi terkait apa yang harus dilakukan dan siapa saja yang bertanggung jawab untuk hal tersebut.

Dengan kata lain, strategi bisnis berperan sebagai panduan menuju visi dan misi perusahaan. Strategi bisnis akan mengajak semua pihak terkait memiliki pemahaman yang sama sesuai dengan apa yang menjadi tujuan jangka panjang perusahaan yang bersangkutan.

Diferensiasi di Pasar

Strategi bisnis adalah inti dari diferensiasi produk di pasar. Sebagaimana kita ketahui, diferensiasi pasar sangat penting di era disrupsi saat ini. Saat ini banyak pesaing bermunculan yang bermain dalam kategori bisnis yang serupa atau bahkan sama. Oleh sebab itu sebagai pebisnis anda tidak bisa bersantai-santai.

Diferensiasi harus dilakukan untuk membedakan produk milik anda dengan kompetitor. Tujuan diferensiasi yang paling utama adalah menjadi pemuncak dalam persaingan bisnis. Keberhasilan dari strategi ini akan berdampak pada keberhasilan perusahaan untuk bertahan di tengah persaingan bisnis. Syaratnya anda harus tetap berinovasi pada produk baru serta selalu memberikan penawaran layanan yang sesuai kebutuhan mereka.

Diferensiasi produk bisa didapat diupayakan dengan berbagai cara mulai dari cara membuat produk, cara melakukan model bisnis, cara pendekatan, dan sebagainya. Memang untuk memuncaki persaingan akan dibutuhkan biaya tambahan dan dibutuhkan penelitian yang mendalam, namun hasilnya dipastikan mampu membawa bisnis anda bertahan hingga beberapa tahun kedepan.

Optimalisasi Sumber Daya

Kenapa seorang pebisnis harus memiliki strategi bisnis? Salah satu alasannya karena strategi bisnis membantu pengoptimalan sumber daya. Optimalisasi sumber daya merupakan strategi atau teknik untuk mencegah adanya kekurangan atau kelebihan pemanfaatan sumber daya. Hal ini berlaku untuk semua sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan yang terkategorikan dalam 6M (Man atau manusia, Money atau uang, Material atau fisik, Machine atau teknologi, Method atau metode, dan Market atau pasar).

Semua sumber daya tersebut diatas akan dikaji dan dipastikan tidak ada yang kelebihan atau kekurangan sehingga mampu membantu meningkatkan efisiensi bisnis secara keseluruhan. Tujuannya adalah peningkatan margin keuntungan.

Adaptasi Terhadap Perubahan

Pebisnis yang menerapkan strategi bisnis akan lebih sadar terhadap perubahan. Dalam dunia bisnis, adaptasi terhadap perubahan adalah hal yang sangat penting mengingat tren yang bergeser sangat cepat dan konstan. Bisnis dengan kemampuan adaptasi yang cepat mampu mengidentifikasi peluang serta lebih cepat dan pastinya mampu mengatasi tantangan lebih baik dari yang tidak.

Inovasi Berkelanjutan

Saat ini inovasi bisnis berkelanjutan menjadi hal yang lebih penting jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebagaimana kita ketahui, dunia terus berubah yang membuat banyak tantangan baru bermunculan dengan perspektif konsumen yang menuntut terhadap model bisnis yang baru. Proporsinya pun kian meningkat seiring dengan perkembangan generasi Z. Bahkan disebutkan jika inovasi ini mampu meningkatkan laba hingga 60%.

Ini adalah salah satu alasan mengapa sebuah bisnis memerlukan strategi. Strategi bisnis yang baik diperlukan untuk bisa memujudkan inovasi berkelanjutan.

Efisiensi dan Pengoptimalan Keuntungan

Strategi bisnis yang berhasil akan memberikan dampak positif pada efisiensi dan pengoptimalan keuntungan. Dalam dunia bisnis, efisiensi adalah faktor penting untuk menjaga bisnis tetap bertahan. Efisiensi akan menghilangkan segala macam hal atau kegiatan yang tidak memberi nilai tambah atau disinyalir tidak penting. Tujuannya meningkatkan produktivitas, pengoptimalan keuntungan dan mengurangi pemborosan.

Adapun efisiensi di sini berkaitan dengan berbagai jenis sumber daya baik itu waktu, produk, layanan, modal hingga tenaga kerja.

Manajemen Risiko yang Terinformasi

Alasan penting menggunakan strategi bisnis erat kaitannya dengan manajemen risiko. Manajemen risiko merupakan bagian yang difungsikan untuk mengevaluasi risiko bisnis jika ada perubahan dalam sistem dan proses bisnis.

Perlu diketahui, risiko bisnis bisa saja berdampak positif namun juga bisa negatif, dengan manajemen risiko yang lebih terinformasi kita mengetahui mana risiko yang mampu menghambat perkembangan bisnis, dan mana yang mampu dijadikan sebagai peluang.

Koordinasi Seluruh Organisasi

Strategi bisnis memiliki peranan sebagai penyatu antar departemen dalam pengambilan keputusan yang sesuai dengan visi dan misi. Seorang pebisnis yang menerapkan strategi juga bisa dengan mudah memberikan instruksi dan menentukan siapa yang bertanggung jawab terhadap hal tersebut. Dengan ini maka strategi bisnis menjadi cara untuk berkoordinasi dengan seluruh organisasi.

Pemertahanan Fokus Jangka Panjang

Setiap bisnis harus memiliki prospek jangka panjang dan harus berfokus pada hal tersebut. Memang tujuan jangka pendek penting, namun jika ingin bisnis anda bisa bertahan lama maka sebagai pebisnis juga harus berfokus pada tujuan jangka panjang. Selain itu ketika kita mencapai target jangka panjang, secara otomatis target jangka pendek juga akan teratasi bukan?

Strategi bisnis yang baik akan membantu kita untuk memujudkannya. Tak hanya pada tujuan jangka pendek namun juga mempertahankan tujuan jangka panjang.

Penciptaan Nilai Jangka Panjang

Penciptaan nilai atau value creation adalah suatu cara untuk memberikan suatu yang berharga ketika menginovasi produk. Pedoman terkait hal ini masih kurang sehingga menyulitkan perusahaan dalam menangkap peluang yang timbul akibat tren. Namun penerapan strategi bisnis yang tepat mampu membuat penciptaan nilai ini bisa lekas diwujudkan.

Adanya value creation sangat membantu meningkatkan penjualan produk atau layanan serta menghasilkan efisiensi yang lebih tinggi. Selain itu bagi para investor, value creation ini juga mampu meningkatkan nilai yang membuat kenaikan terhadap harga saham yang jadi modal investasi masa depan.

Di atas adalah beberapa alasan mengapa strategi bisnis menjadi kunci utama kesuksesan. Jika anda tertarik untuk menjadi seorang pebisnis, ada banyak hal yang harus dipelajari. Misalnya terkait membangun sebuah bisnis yang sesuai dengan dirimu, baca juga artikel Ketahui Jenis Model Bisnis Terbaik untuk Membangun Bisnis Kamu.

Cari tahu juga artikel terkait bisnis dan entrepreneurship lainnya di website BINUS @Malang. Beragam artikel bisnis modern tersaji di sini untuk membantumu memujudkan kesuksesan.