Digitec Valley BINUS Malang: “Silicon Valley” di Jawa Timur

BINUS @Malang menghadirkan kecanggihan teknologi melalui Digitec Valley, sebuah komitmen untuk mendukung para technopreneur dalam mengembangkan industri digital.

Siapa yang tidak kenal dengan Silicon Valley? Kawasan yang terletak di California Utara ini merupakan pusat dari perusahaan berbasis teknologi tercanggih dan inovatif. Puluhan bisnis startup berbasis teknologi canggih ada di Silicon Valley. Tempat ini juga menjadi pusat pengembangan teknologi dengan ratusan ribu pekerja ahli di bidang TI.

Kalau kalian adalah penggemar teknologi, kalian tidak perlu jauh-jauh ke Silicon Valley. BINUS @Malang menghadirkan Digitec Valley yang hadir dengan fasilitas tercanggih berbasis teknologi. BINUS @Malang sudah populer sebagai sebagai Digitechpreneur Campus dengan misi mencetak technopreneur berdaya saing tinggi.

Mengenal Digitec Valley BINUS Malang: Fasilitas Mutakhir Berbasis Teknologi

BINUS @Malang menghadirkan kecanggihan teknologi melalui Digitec Valley, sebuah komitmen untuk mendukung para technopreneur dalam mengembangkan industri digital. Peluncuran Digitec Valley pada 20 Juli 2023 mendapatkan apresiasi luar biasa, bukan hanya dari BINUSIAN, tetapi juga dari calon-calon mahasiswa yang berminat di bidang teknologi digital.

Digitec Valley BINUS @Malang menawarkan standar terkini untuk memfasilitasi mahasiswa BINUS dengan kecanggihan lingkungan pembelajaran. BINUS telah populer dengan berbagai jurusan yang menawarkan ilmu berbasis teknologi. Mahasiswa BINUS dipersiapkan secara khusus dengan adanya room experience dengan perangkat keras dan perangkat lunak tercanggih.

Melalui fasilitas di Digitec Valley, para mahasiswa BINUS akan terbiasa dengan berbagai alat canggih, yang nantinya akan mereka operasikan di perusahaan-perusahaan ternama. Mereka tidak hanya menguasai hardware dan software teknologi terkini, tetapi juga dapat berkreasi secara inovatif untuk menjadi seorang technopreneur.

Tujuan Digitec Valley

BINUS @Malang menawarkan fasilitas super canggih dalam mendukung pendidikan berbasis teknologi. Lulusan BINUS di seluruh Indonesia memang mendapatkan fasilitas pendidikan terbaik sehingga mereka tidak canggung saat terjun ke dunia digital technopreneur secara langsung.

Khusus di BINUS @Malang, Digitec Valley merupakan satu-satunya fasilitas teknologi tercanggih di kawasan pendidikan di Jawa Timur. Pendirian Digitec Valley menjadi parameter pendidikan berbasis teknologi canggih yang terus berkembang. Digitec Valley hadir untuk menjawab demand industri teknologi terkini.

Mahasiswa BINUS @Malang dari semua jurusan akan mendapatkan mata kuliah berbasis teknologi dengan fasilitas tercanggih di Digitec Valley. Terlebih, mereka juga mendapatkan dukungan dari para alumni BINUS yang sudah sukses di dunia industri digital.

Digitec Valley di BINUS @Malang merupakan komitmen kuat BINUS University untuk menghadirkan pendidikan terbaik. Tuntutan industri kini bukan sekedar mahasiswa lulusan S1. Namun, industri terkini membutuhkan tenaga ahli yang cakap teknologi tercanggih untuk dapat bersaing di industri digital.

Tujuan lain dari keberadaan Digitec Valley BINUS @Malang ini adalah untuk menjadi ajang kerjasama bagi semua mahasiswa BINUS. Mereka dapat saling berkolaborasi dengan mempelajari berbagai pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja yang kompetitif. Bahkan, mereka juga dapat bekerja sama dengan berbagai perusahaan startup untuk belajar inovasi di dunia digital.

Sebagai pionir di kawasan Jawa bagian timur, Digitec Valley tentunya dapat menjadi penggerak untuk memajukan para mahasiswa yang ingin berkecimpung di bidang industri digital. Mereka nantinya dapat memberi kontribusi terbaik bagi bangsa untuk menghadirkan solusi inovatif di bidang informasi teknologi.

Empat Wahana Pembelajaran BINUS of Digitec Valley (BDV)

BINUS of Digitec Valley menawarkan empat wahana pembelajaran dengan fasilitas canggih. Fasilitas yang ada di setiap wahana dirancang untuk dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa untuk berinovasi. Mereka juga dapat mengembangkan kemampuan entrepreneurship melalui semua wahana disini.

Beberapa wahana tersebut adalah sebagai berikut:

1.     Hype Reality Zone

Hype Reality Zone adalah area di mana para mahasiswa dapat memanfaatkan fitur-fitur Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Kedua fitur tersebut sudah bukan lagi hal yang asing untuk kegiatan operasional dari berbagai industri berbasis digital saat ini.

2.     Eagle Sky Zone

Eagle Sky Zone adalah sarana untuk pengguna yang ingin mencoba kemampuan dalam belajar drone. Drone telah menjadi perangkat ‘wajib’ yang harus dimiliki para pekerja teknologi digital. Para influencer dan YouTuber sangat bergantung pada drone untuk mengolah konten mereka menjadi sangat menarik.

3.     Live Show Zone

Sesuai namanya, Live Show Zone adalah sarana untuk cara live. Zona ini merupakan studio podcast yang dapat dimanfaatkan siapa saja. BINUS @Malang sendiri membuka kesempatan untuk siapa saja yang ingin mencoba fasilitas ini, terutama partner, pelaku industri, dan UMKM binaan.

Beberapa media massa juga sering memanfaatkan studio podcast canggih milik BINUS @Malang ini. Biasanya, awak media membahas topik terkini yang menghadirkan narasumber terpercaya. Hal ini membuktikan bahwa BINUS @Malang memang berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan teknologi untuk siapa saja.

Para mahasiswa pun dapat memanfaatkan zona keren ini untuk membuat konten bermanfaat. Dengan demikian, mereka dapat mempelajari cara untuk mengunggah acara podcast live. Seringkali mereka mewawancarai para dosen atau para technopreneur yang ingin berbagi pengalaman.

4.     Memory Zone

Memory Zone hadir bagi siapa saja yang memiliki minat di dunia fotografi serta videografi. Namun, tentunya zona ini bukan hanya untuk para mahasiswa BINUS @Malang yang bergabung di jurusan Visual Communication Design, tetapi untuk semua jurusan. Siapapun dapat memanfaatkan zona ini untuk belajar atau mengasah kemampuan di bidang fotografi dan videografi.

Baca Juga: Artocity BINUS @Malang, Kegiatan Kampus yang Harus Kamu Tahu

Empat wahana di Digitec Valley tersebut sebenarnya sudah ada sejak awal tahun 2023. Para mahasiswa juga sudah dapat menikmati fasilitas canggihnya sejak bulan Maret 2023. Mereka memanfaatkan empat zona tersebut dalam mendesain project mereka atau sekadar untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Perlu diketahui bahwa semua prodi di BINUS @Malang terkait dengan teknologi informasi. Dengan demikian, semua mahasiswa BINUS dapat memanfaatkan semua wahana untuk mendukung proses pembelajaran mereka. Proses untuk meminjam zona juga sangat mudah karena semuanya dilakukan secara online.

Mereka yang ingin meminjam zona dapat mendaftar lewat website karena ketersediaan wahana ada di website tersebut. Kemudahan ini tentunya dapat menghemat waktu mahasiswa, di mana mereka dapat mengerjakan tugas lain terlebih dahulu. Intinya, semua wahana Digitec Valley memberikan kemudahan untuk sarana belajar dan bekerja.

Wahana-wahana tersebut juga sudah diperkenalkan kepada publik saat kampus ini menggelar berbagai acara. BINUS @Malang selalu menggelar acara yang terkait dengan edukasi TI dengan berkolaborasi bersama UMKM, partner dari berbagai perusahaan dan industri, serta alumni BINUS yang sukses dengan karier technopreneur mereka.

Acara-acara yang digelar biasanya adalah pameran karya UMKM, webinar dan berbagai talkshow terkait dengan teknologi digital, serta berbagai acara hiburan. Pada dasarnya, Digitec Valley memang tidak hanya menunjang pendidikan dengan fasilitas canggih, tetapi juga dalam bidang entertainment. Dengan demikian, mahasiswa dapat mencoba berinovasi di bidang yang menjadi minat mereka dengan menggunakan teknologi canggih di Digitec Valley.

Jadi, tunggu apa lagi? Kalian tidak perlu berpikir dua kali untuk bergabung di BINUS @Malang. Semua jurusan memiliki basis di bidang teknologi. Kalian pun akan menjadi lulusan dengan keahlian yang dapat bersaing di dunia kerja yang kompetitif ini!