Artocity BINUS @Malang, Kegiatan Kampus yang Harus Kamu Tahu

Artocity BINUS @Malang selalu mendapatkan atensi tinggi dari para penggemar seni. Acara ini yang menjadi salah satu kegiatan rutin BINUS @Malang merupakan gagasan dari mahasiswa jurusan Visual Communication Design. Kegiatan rutin ini menjadi ajang untuk menampilkan prestasi dari para peserta yang rata-rata adalah warga kota Malang dan sekitarnya yang memiliki bakat dalam desain visual.

Sebenarnya, Artocity terselenggara oleh semua Universitas Binus Nusantara di seluruh Indonesia. Terlebih, semua acara dapat diikuti oleh siapa saja yang ingin bergabung. Artocity tidak hanya menghadirkan pameran, tetapi juga webinar dan berbagai seminar yang digelar secara online. Bahkan, hampir semua seminar dari narasumber ahli dapat diikuti secara gratis!

Selain webinar dan seminar, Artocity juga menghadirkan berbagai social gathering, festival, bazaar, konferensi, dan sebagainya. Semua kegiatan bermanfaat ini memang sangat menguntungkan mereka yang berminat di dunia desain komunikasi visual. Selain dapat mengikuti seminar yang dapat memperluas wawasan, peserta juga dapat menunjukkan hasil karya mereka melalui berbagai pameran.

Baca Juga : 8 Jurusan Kuliah Terakreditasi Internasional di BINUS @Malang yang Belum Tentu Ada di UTBK

Siapa Penyelenggaranya?

Penyelenggara utama dari acara Artocity BINUS @Malang adalah jurusan Desain Komunikasi Visual. Para mahasiswa ini menamakan komunitas mereka sebagai VISCODE atau Visual Communication Design. Acara yang digelar setahun sekali ini adalah ajang pameran sekaligus kompetisi seni seperti membuat comic strip, melukis dan sebagainya.

Para penyelenggara memilih tema yang selalu disesuaikan dengan anak muda saat ini. Intinya, tema akan selalu menyemangati para anak muda untuk terus berkarya sesuai passion. Dengan berkarya, mereka dapat mencapai cita-cita sembari memupuk kepercayaan diri.

Terbukti, para peserta lomba dan pameran di Artocity BINUS @Malang adalah para siswa SMA, SMK di Jawa Timur, serta para mahasiswa yang memiliki minat dan bakat bagus di bidang seni visual.

Program Studi S1 Visual Communication Design BINUS @Malang mempersiapkan para generasi muda yang tidak hanya kreatif tetapi juga berwawasan global. Mereka dapat mengusung nilai-nilai lokal kendati memiliki basis teknologi komunikasi canggih. Dengan demikian, mereka dapat menjadi pencipta karya seni visual sebagai kontribusi terhadap masyarakat dan negara.

Workshop dan Seminar

Artocity BINUS @Malang selalu hadir dengan berbagai acara menarik. Workshop dan seminar menjadi agenda utama bagi para pecinta seni. Semua acara juga digelar gratis. Bahkan, seminar dalam bentuk webinar juga hadir melalui Zoom. Siapapun dapat bergabung untuk mendapatkan ilmu desain visual yang berharga dari para Binusian.

Pameran seni secara virtual menjadi agenda penting yang mendapatkan atensi tinggi dari peminat seni visual. Bahkan, saat pandemi Covid-19, Artocity 2021 hadir melalui pameran yang digelar melalui Minecraft. Tentunya pameran ini sangat menarik dimana siapapun dapat berpartisipasi.

Seminar dan workshop hadir dengan para pembicara yang ahli di bidangnya. Seminar tersebut tidak hanya menghadirkan cara desain visual digital, tetapi juga aktivitas kekinian. Peserta dapat belajar tentang cara membuat konten kreatif dari Youtuber terkenal, menggambar ilustrasi dan komik, motion graphic dan SFX, workshop UI/UX, desain karakter graffiti, fotografi, dan sebagainya.

Semua acara tersebut dipandu oleh para publik figure yang juga BINUSian. BINUSian dari berbagai kampus yang ada di seluruh Indonesia turut berpartisipasi dalam acara tahunan ini. Tentunya, webinar saja tidak cukup. Artocity juga selalu menggelar pameran seni yang merupakan karya BINUSian dan alumni serta berbagai lomba yang dibuka untuk umum.

Tentu saja, penggemarnya adalah para anak muda yang ingin berkreasi dengan menggunakan teknologi terkini. Selain menggambar, mereka juga dapat belajar sebagai web developer, konten kreator, dan segala sesuatu yang terkait dengan seni digital.

Kapan Dilaksanakan?

Artocity terselenggara setiap tahun di semua kampus BINUS di seluruh Indonesia. Tentu saja acara yang digelar berbeda-beda. Biasanya, acara diselenggarakan dari bulan Juli hingga Desember. Beberapa acara digelar secara online melalui webinar gratis.

Contohnya beberapa acara webinar gratis yang diselenggarakan oleh VISCODE BINUS Jakarta. Berbagai webinar terselenggara di bulan Juli 2023 dengan menghadirkan tema terkini. Tema tersebut adalah penggunaan Chat GPT secara benar, peningkatan profit melalui AI, affiliate marketing, bahkan juga tentang parenting.

Intinya, acara ini sebenarnya bisa untuk siapa saja. Para calon mahasiswa BINUS, para orang tua, dan para entrepreneur muda yang ingin mengembangkan ilmu sangat antusias mengikuti semua acara yang digelar. Terlebih, mayoritas webinar terselenggara secara gratis.

Khusus untuk acara Artocity BINUS @Malang, para calon peserta dapat terus memantau akun media sosial resmi dari Program Studi Desain Komunikasi Visual BINUS Malang secara berkala. Acara-acara tersebut akan digelar di pertengahan tahun 2023.

Sembari menunggu acara Artocity, langsung saja bergabung sebagai mahasiswa jurusan S1 Design Communication Visual BINUS @Malang. Terletak di kawasan elit Araya Mansion di kota Malang, Bina Nusantara University Malang hadir sebagai kampus yang tidak hanya terakreditasi internasional, tetapi juga menawarkan fasilitas tercanggih dengan kurikulum terbaik.

Jurusan S1 Design Communication Visual BINUS @Malang telah melahirkan para desainer yang telah siap dengan daya kompetisi global. Mereka tidak hanya mempelajari ilmu komunikasi visual secara teori, tetapi mereka juga dapat menerapkan ilmu mereka di dunia kerja. Bahkan, mereka tidak hanya dapat mengaplikasikan ilmu secara tepat, tetapi juga menerapkan etika dalam masyarakat dan perusahaan dimana mereka mengabdi.

Hanya BINUS @Malang yang menghadirkan Program 2+1+1. Program ini menguntungkan mahasiswa yang dapat berkuliah dua tahun di kampus BINUS @Malang, kemudian kuliah satu tahun untuk peminatan keilmuan di BINUS Greater Jakarta, serta satu tahun program pengayaan melalui internship.