13 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa

Bekerja tidak harus dilakukan setelah kamu lulus kuliah. Kamu bisa memulainya sejak saat ini juga. Memang bekerja sambil kuliah adalah hal yang cukup menguras waktu, tenaga dan pikiran, tetapi jika kamu mampu mengaturnya, tentu semua akan berjalan dengan baik. Sebagai tahap awal, kamu bisa mencoba melakukan beberapa pekerjaan sampingan untuk mahasiswa seperti yang kami ulas dibawah ini.

13 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa

Ada banyak pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa dilakukan di era teknologi seperti sekarang. Kerja sampingan mahasiswa didefinisikan sebagai jenis pekerjaan yang dicari untuk mengisi waktu luang. Pekerjaan ini dikenal dengan sebutan part time atau freelance yang mengindikasikan periode kerja harian yang lebih singkat. Biasanya pekerjaan sampingan dipilih berdasarkan kemampuan atau minat seseorang.

Nah, bagi kamu yang ingin bekerja hanya untuk sekedar menambah uang saku atau membiayai kuliah, berikut beberapa pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa kamu geluti.

1.       Guru Les

Salah satu pekerjaan sampingan yang paling favorit bagi para mahasiswa adalah guru les atau tutor. Pekerjaan ini tidak membutuhkan banyak waktu, tetapi gajinya bisa lumayan tinggi untuk sekelas mahasiswa. Persiapan menjadi seorang guru les juga tidak terlalu banyak. Kamu bisa menjadi guru les atau tutor untuk semua mata pelajaran, atau untuk mata pelajaran tertentu sesuai dengan jurusan kuliah yang kamu ambil.

2.       Jasa Desain

Bagi kamu yang hobi desain, kamu bisa membuka jasa desain kecil-kecilan. Sekarang permintaan jasa desain kian banyak sehingga menggeluti bidang ini sebagai pekerjaan sampingan jelas sangat menjanjikan.

Kamu bisa menciptakan desain logo, desain postingan di media sosial, desain undangan, desain photobook tahunan, desain banner, dan sebagainya. Jika digeluti dengan telaten, bayaran yang didapat dari pekerjaan ini lumayan menggiurkan, lho.

3.       Jualan Online

Siapa yang tak kenal dengan pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di manapun dan kapanpun ini? Ya, jualan online adalah salah satu jenis pekerjaan sampingan yang paling mudah digeluti bagi para mahasiswa. Tak hanya bisa mengatur jadwal jualanmu sendiri, jika kamu belum memiliki stok barang yang akan dijual, kamu juga bisa menjadi seorang reseller atau dropshipper.

Dengan kemudahan teknologi saat ini, jualan online menjadi cara terbaik untuk menggaet konsumen. Jika kamu ingin memulainya, kamu bisa mulai dari menjual barang yang sesuai dengan market di sekitarmu, yakni mahasiswa. Misalnya skincare, make up, baju, dan sebagainya.

4.       Konten Kreator

Salah satu pekerjaan sampingan dengan penghasilan yang cukup menggiurkan adalah pekerjaan sebagai seorang content creator. Saat ini beragam platform siap menampung konten kreatif milikmu. Misalnya YouTube dan TikTok. Kedua platform tersebut tak hanya bisa digunakan sebagai tempat untuk menyalurkan hobi, tetapi juga untuk mendapatkan penghasilan.

Namun, tidak sembarang video bisa mendapatkan bayaran. Hanya video yang menarik, bermanfaat, serta memiliki views yang tinggi yang akan mendapatkan bayaran.

5.       Penulis Lepas

Ide pekerjaan sampingan untuk mahasiswa selanjutnya adalah penulis lepas. Jenis pekerjaan ini sangat sesuai bagi para mahasiswa yang notabene memiliki kemampuan menulis yang baik.

Pekerjaan ini tak hanya mampu memberikan tambahan uang saku, tetapi juga baik untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Sebagaimana yang kita ketahui, seorang mahasiswa pasti tak lepas dari tugas dan ujian yang membutuhkan kepiawaian dalam menulis. Misalnya tugas penelitian dan skripsi.

6.       Fotografer

Bagi kamu yang memiliki hobi foto, kamu bisa menjadi seorang fotografer. Memang modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang fotografer lumayan tinggi, tetapi jika digeluti dengan serius, penghasilannya tentu tidak main-main.

Kamu bisa membuat jasa foto pernikahan, jasa photobook tahunan, jasa foto produk, bahkan kamu juga bisa menjual hasil fotomu. Saat ini, ada banyak tempat jual foto di internet, mulai dari iStockphoto, Alamy, Adobe Stock, Shutterfly, dan sebagainya. Kamu bisa ubah foto jadi cuan dengan mudah di beberapa platform tersebut.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis untuk Mahasiswa, Bisa Bantu Tambah Uang Jajan

7.       Makeup Artist

Profesi sebagai makeup artist sangat dibutuhkan untuk lingkup mahasiswa. Beberapa kegiatan sering menggunakan jasa MUA mulai dari acara sederhana seperti reuni, wisuda, hingga acara besar seperti pernikahan.

8.       Data Entry

Salah satu pekerjaan sampingan untuk mahasiswa adalah data entry. Mengolah data membutuhkan waktu lama sehingga banyak perusahaan yang mencari seorang freelance untuk membantu mereka dalam urusan pengolahan data. Agar kamu lebih piawai dalam urusan data entry, kamu bisa mempelajari Excel.

9.       Web Developer

Perkembangan teknologi yang kian pesat memaksa semua jenis perusahaan memiliki web. Untuk itu, profesi sebagai seorang web developer sudah pasti dibutuhkan. Nah, jika kamu punya keahlian dalam bidang ini, kamu bisa mulai menawarkan pembuatan website sederhana bagi para klien.

Kamu bisa memanfaatkan template blog untuk membuat website yang kamu miliki bisa kian menarik. Pelajari pula SEO agar website yang kamu bangun bisa lebih mudah dicari.

10.    Social Media Management

Dunia sosial media saat ini menjadi tempat yang paling cepat meraih cuan. Apalagi bagi kamu yang hobi membuat konten di sosial media. Kamu bisa mulai dengan membuka jasa social media management. Tugasmu pun sederhana. Kamu hanya perlu membuat akun dan menghidupkannya dengan berbagai konten kreatif dan interaktif.

Nampaknya memang mudah, tetapi kamu harus selalu up to date dengan perkembangan algoritma social media karena jika tidak akun sosmed yang sudah kamu bangun bakal sepi pengikut atau viewers.

11.    Bisnis kuliner

Pekerjaan sampingan yang jelas tak akan sepi yakni bisnis kuliner. Apalagi jika kamu adalah seorang yang pandai memasak dan menargetkan teman-temanmu sebagai sasaran pasar.

Kebanyakan mahasiswa suka jajan. Ini terbukti dengan banyaknya bisnis kuliner kekinian yang laris manis dengan pelanggannya yang mayoritas anak-anak muda.

12.    Jasa penerjemah

Bagi kamu yang memiliki kemampuan berbahasa asing yang bagus, cobalah jadi penerjemah. Kamu bisa memasarkan keahlianmu lewat sosial media atau bergabung dengan platform freelance untuk mendapatkan klien. Jasa penerjemah pun juga tidak membutuhkan banyak peralatan. Kamu hanya perlu laptop dan gawai untuk memulai bisnis sampingan ini.

Nah, jasa penerjemah sendiri ada bermacam-macam, mulai dari menerjemahkan surat, dokumen, tugas, dan lain sebagainya.

13.    Kerajinan tangan

Bagi kamu yang memiliki jiwa seni dan juga telaten, kamu bisa menjadikan kerajinan tangan sebagai cuan. Misalnya membuat hampers kekinian atau membuat buket bunga untuk wisuda.

Selain menjual kerajinan tangan secara langsung, kamu juga bisa menjadi seorang content creator, lho. Caranya cukup isi akunmu dengan berbagai tutorial hasil karyamu. Saat ini konten-konten tutorial memiliki viewers cukup tinggi sehingga tak hanya berbagi, kamu juga bisa mendapatkan banyak cuan dari kegiatan ini.

Di atas adalah beberapa inspirasi pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa kamu jadikan referensi. Selain memilih pekerjaan, jangan lupa untuk update ilmu bisnis terbaru dengan membaca artikel-artikel kami di website BINUS @Malang, ya!