10 Ide Bisnis untuk Mahasiswa, Bisa Bantu Tambah Uang Jajan

Kuliah sambil berbisnis adalah salah satu cara untuk bisa menambah uang jajan. Khususnya untuk kamu yang harus kuliah jauh dari tempat tinggal. Sayangnya banyak mahasiswa yang bingung dari mana mereka mendapatkan uang tambahan. Padahal jika teliti, ternyata ada cukup banyak peluang bisnis untuk mahasiswa yang cukup menjanjikan lho.

Lantas bagaimana dengan modalnya? Bukankah setiap bisnis membutuhkan modal?

Nah, inilah menariknya. Saat ini banyak, lho, ide bisnis menarik dan menjanjikan dengan modal sedikit atau bahkan tanpa modal. Mau tahu? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Mari Mengenal Jenis Entrepreneur dan Contohnya

Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Di antara begitu banyak ide bisnis untuk mahasiswa, di bawah ini beberapa di antaranya yang bisa kamu coba. Sebelum memutuskan yang mana yang hendak dipilih, pastikan kamu memilih yang paling sesuai dengan bakat dan minatmu.

1.       Jasa Penulisan dan Penyuntingan

Jika kamu memiliki kemampuan yang baik untuk menulis dan menyunting, manfaat kemampuanmu dengan membuka jasa penulisan dan penyuntingan. Saat ini kebutuhan akan penulis lepas cukup tinggi. Selain itu, modal yang dibutuhkan juga tidak banyak dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

2.       Les Privat atau Bimbingan Belajar

Ini adalah ide bisnis untuk mahasiswa yang tanpa modal. Kamu bisa membuka jasa les-lesan untuk semua jenjang pendidikan. Mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan kamu juga bisa membuka untuk jenjang sesama mahasiswa.
Selain les-lesan dalam bidang akademik, kamu juga bisa membuka di luar bidang akademik, seperti les renang, bermain gitar, les vokal, dan sebagainya.

3.       Jualan Online

Ini adalah salah satu ide bisnis yang paling sering dilakukan para mahasiswa. Kamu bisa memasarkan barang daganganmu lewat berbagai platform seperti media sosial atau marketplace. Bagi kamu yang belum memiliki cukup modal, kamu bisa mengambil sistem dropshipper atau reseller. Nah, cukup mudah dan bisa dilakukan di manapun, bukan?

4.       Jasa Desain Grafis

Bagi mahasiswa jurusan teknologi informasi, DKV, atau jurusan desain grafis lainnya, kamu bisa membuka jasa desain grafis, lho. Jasa ini biasanya cukup banyak dibutuhkan untuk berbagai kegiatan usaha dan event.

5.       Fotografi dan Videografi

Selain membuka jasa fotografi dan videografi, tahukah kamu bahwa foto dan video yang kamu buat bisa dijadikan cuan? Sekarang banyak laman website yang bisa membantumu menghasilkan uang lewat jepretan kamera. Salah satu contohnya shutterstock.
Bagi kamu yang hobi dalam dunia ini tentu ini jadi angin segar, bukan?

6.       Jasa Pengelolaan Media Sosial

Pesatnya perkembangan teknologi menjadikan media sosial menjadi tempat terbaik untuk berpromosi. Selain itu, tahukah kamu bahwa saat ini jasa pengelolaan media sosial cukup banyak dibutuhkan. Pekerjaan ini umumnya tidak memakan banyak waktu dan bisa dilakukan di mana saja dengan modal gadget dan koneksi internet.

7.       Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

Bagi kamu yang hobi merawat hewan peliharaan, cobalah buka jasa perawatan hewan peliharaan. Tak hanya menawarkan perawatan hewan, kamu juga bisa menawarkan jasa menjaga hewan peliharaan ketika ditinggal pemiliknya.

8.       Penyewaan Barang

Bisnis satu ini biasanya membutuhkan modal yang cukup besar di awal, tetapi prospeknya cukup tinggi. Saat ini banyak orang yang lebih memilih sewa daripada membeli. Tak hanya lebih hemat dari sisi harga, menyewa juga lebih ringkas.

9.       Jasa Pengiriman dan Kurir

Berbekal motor, kamu bisa bekerja sebagai kurir atau jasa pengiriman barang. Dengan kian meningkatnya passion belanja online, maka semakin banyak pula perusahaan yang membutuhkan staf pengiriman.

10.    Jasa Konsultasi dan Tutoring

Jika kamu memiliki keahlian dalam suatu hal, kamu bisa membuka jasa konsultasi dan tutoring. Misal, jika ada temanmu yang kesulitan dalam satu mata kuliah dan kamu adalah ahlinya, tawarkan jasa ini kepadanya. Bisnis ini memang nampak remeh, tetapi sangat banyak yang membutuhkanya.

Tips Sebelum Memulai Bisnis

Meskipun telah memiliki ide, sebelum memulai sebuah bisnis kamu harus merencanakannya sematang mungkin. Berikut beberapa tips yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis milikmu:

1.       Melakukan riset

Dalam hal ini, kamu bisa mencoba melakukan penelusuran tentang kebutuhan pasar serta menilik faktor kelangkaan. Jadi, jangan sampai kamu membuka sebuah usaha yang mana pasar tidak membutuhkan serta tidak relevan dengan zaman kondisi saat ini. Selain itu, perhatikan berapa banyak kompetitor yang ada. Semakin banyak kompetitornya, maka semakin sempit peluang bagi bisnismu untuk berkembang.

2.       Target konsumen

Jika kamu hendak berbisnis, kenali siapa target konsumenmu. Apakah bisnismu ditujukan untuk anak-anak, ibu-ibu muda, perempuan, lelaki atau untuk yang lainnya. Semakin kamu mengenalinya, semakin mudah untuk mendekati mereka pula.

3.       Berfokus pada kepuasan konsumen

Dalam berbisnis, yang paling penting adalah kepuasan konsumen. Ketika mereka puas dengan pelayanan atau produk yang kita miliki, tentu mereka akan kembali menggunakan jasa atau membeli barang yang kita tawarkan. Misal, jika kamu membuka warung, untuk memenuhi kepuasan konsumen, kamu harus mampu menyediakan tempat yang bersih dan makanan yang lezat.

4.       Rencanakan keuangan

Meskipun bisnis tersebut tanpa modal, misal penerjemah, kamu tetap harus memiliki perhitungan keuangan. Dalam perencanaan keuangan, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, seperti melakukan biaya hitung set-up, memproyeksikan perkiraan laba dan rugi, membuat arus kas, serta memahami BEP.

5.       Menampilkan ciri atau keunikan produk

Meskipun bisnis yang hendak kamu jalankan memiliki banyak pesaing, jangan khawatir kalah. Tampilkan ciri khas yang jadi keunikan dari produk yang kamu miliki. Pastikan keunikan tersebut tidak dimiliki oleh kompetitor lainnya.
Contoh keunikan produk tak hanya dilihat dari sisi kualitas, tetapi bisa dari harga yang murah, proses pembuatan yang lebih unggul, dan sebagainya.

6.       Kuliah di BINUS @Malang

Ketika kamu kuliah di BINUS @Malang, kamu akan mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat dalam pengembangan bisnis milikmu. Jadi, tak perlu ragu untuk kuliah di BINUS @Malang.

Baca Juga: Apa Itu Bisnis Digital dan 9 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan

Di atas adalah beberapa inspirasi ide bisnis untuk mahasiswa beserta tips memulai bisnis yang bisa kamu coba. Apapun ide bisnis yang kamu pilih, pastikan kamu suka dalam menjalaninya. Selamat mencoba!