Minggu, tepatnya tanggal 14 Mei 2023 kemarin, menjadi hari terakhir mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) gelombang pertama. Sementara waktu pelaksanaan gelombang II dilaksanakan pada 22/5/2023.

Dalam website resminya, UTBK SNBT tahun 2023 dilaksanakan pada 20 Juni 2023. Selanjutnya pada tanggal 26-31 Juli, para calon mahasiswa bisa mengunduh sertifikat UTBK di sana. Berikut adalah informasi lengkap terkait jadwal UTBK SNBT tahun 2023.

  • Registrasi Akun SNPMB siswa: 16 Februari – 03 Maret
  • Sosialisasi: 01 Desember – 14 April
  • Pendaftaran UTBK: 23 Maret – 14 April
  • Pelaksanaan gelombang I: 08 – 14 Mei
  • Pelaksanaan gelombang II: 22 -28 Mei
  • Pengumuman UTBK: 20 Juni
  • pengunduhan sertifikat UTBK: 26 Juni – 31 Juli

8 Jurusan Favorit BINUS @Malang yang Bisa Kamu Pilih Sembari Menunggu Pengumuman UTBK

Daripada kamu galau menunggu pengumuman hasil UTBK, lebih baik kamu melihat peluang jurusan lain yang bisa jadi lebih keren daripada jurusan yang kamu pilih di UTBK. Untuk hal ini, BINUS @Malang memiliki banyak jurusan favorit dengan prospek menjanjikan yang bisa kamu pilih. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1.     Entrepreneurship – Business Creation

Jurusan Entrepreneurship-Business dirancang agar para mahasiswanya menjadi wirausahawan yang kreatif serta inovatif di masa depan. Mahasiswa akan diajarkan beberapa mata kuliah seperti Production to Management and BusinessBusiness Mathematics, Marketing Communication, Introduction to Entrepreneurship, dan masih banyak lagi mata kuliah lainnya. Lulusan Entrepreneurship – Business Creation memiliki prospek kerja yang baik, kamu bisa bekerja di bidang Business Planner, Entrepreneur, Creativepreneur, dan profesi menjanjikan lainnya.

2.     Computer Science

Jurusan Computer Science di BINUS @Malang memiliki akreditasi. Beberapa mata kuliah yang bisa kamu dapatkan di sini adalah Multimedia Programming Foundation, Big Data Processing, Wen Programming, dan masih banyak lagi. Jenjang karir yang dimiliki juga sangat luas, kamu bisa menjadi Computer Network Specialist, Artificial Intelligence Specialist, atau pilihan profesi lainnya.

3.     Interior Design

Interior Design merupakan jurusan yang mempelajari ilmu terkait perencanaan tata letak dan rancangan ruang pada sebuah bangunan. Beberapa mata kuliah yang bisa kamu dapatkan adalah Interior Technical Drawing, Ergonomic and Anthropometry, Sense of Design, Art Principles, dan sebagainya. Prospek karir yang dimiliki jurusan ini juga bagus, nantinya kamu bisa berkarir di bidang Jurnalis Interior, Bisnis Properti, Arsitek, dan masih banyak lagi.

4.     Communication

Jurusan Communication bisa dikatakan program studi interdisipliner, di mana teori sekaligus konsep ilmu komunikasi dan penyiaran digabungkan. Di sini, kamu akan mendapat beberapa mata kuliah seperti Political Communication, Introduction to Communication Science, Social Design Thinking, dan mata kuliah penting lainnya. Jurusan ini memiliki prospek karir sangat baik, di antaranya adalah di bidang Presenter, News Anchor, Wartawan, dan sebagainya.

5.     Public Relations

Public Relations juga program studi interdisipliner yang pembelajarannya menggabungkan teori serta konsep ilmu komunikasi dengan hubungan masyarakat atau humas. Mata kuliah yang bisa didapat dalam jurusan ini diantaranya adalah Corporate Relationship Management, Writing for Public Relations, Consumer and Audience Analytics, dan sebagainya. Prospek karir yang dimiliki juga tidak kalah luas dan banyak, nanti kamu bisa berkarir di bidang Event Organizer (EO), Presenter, Publik Relations (humas), dan sebagainya.

6.     Visual Communication Design

Visual Communication Design adalah jurusan yang menyiapkan lulusannya untuk bisa berkreatif dan berwawasan global. Beberapa mata kuliah yang kamu dapatkan dalam jurusan ini adalah Visual Communication Design, Design Methods, Character Design, dan masih banyak lagi. Untuk prospek karir yang bisa kamu pilih adalah Web Design and Development, Graphic Design Studio, Government Institutions, dan sebagainya.

7.     Digital Business Innovation (Double Program)

Di jurusan ini kamu akan dipersiapkan untuk memiliki kemampuan menganalisis sekaligus merancang sistem informasi. Metode pembelajarannya lebih menekankan pada project based learning, di mana mahasiswanya bisa mengembangkan keterampilan dalam memecahkan masalah yang mungkin akan dihadapi. Prospek karir yang bisa kamu dapatkan adalah Business Planner, Entrepreneur, dan masih banyak lagi.

8.     Interactive Design & Technology (Double Program)

Jurusan ini sangat cocok untuk kalian yang memiliki ketertarikan di dunia teknologi dan desain visual. Jenjang karir yang dimiliki juga tidak main-main, kamu bisa berkarir di bidang System Analyst, UI Designer, Creative Director, dan sebagainya.

Berbagai Fasilitas yang Ada di BINUS @Malang

Selain berbagai pilihan jurusan yang bergengsi, BINUS juga menyediakan berbagai fasilitas yang sangat worth it. Berikut beberapa fasilitas yang bisa kamu dapatkan jika kuliah di BINUS @Malang.

  1. Menyesuaikan keadaan kota Malang yang sejuk, maka BINUS mengusung tema smart and green campus pada bangunannya.
  2. Terdapat tiga ruang perkuliahan, yaitu smart class, creative class dan regular class.
  3. Berbagai perlengkapan laboratorium yang canggih juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat karya, mengembangkan ide, hingga mempresentasikannya melalui simulasi yang mirip.
  4. Perpustakaan BINUS @Malang terdiri dari dua lantai dengan tempat duduk yang nyaman dan akses WiFi yang lancar.
  5. Selain fasilitas yang sangat nyaman, BINUS @Malang juga memiliki hall dengan kapasitas 300 orang, minimarket, klinik, mushola dan coworking space.

Daftar Pilihan Organisasi yang Ada di BINUS @Malang

Selain fasilitas yang memadai, berikut beberapa pilihan organisasi di BINUS @Malang yang bisa kamu ikuti juga.

  1. Olahraga

Ini adalah organisasi yang favorit di kalangan pecinta olahraga, seperti bulu tangkis, futsal, voli, dan jenis olahraga lainnya.

  1. Dance

Mengikuti organisasi ini membuatmu berkesempatan untuk tampil ketika ada event-event di kampus.

  1. Musik

Sama halnya dance, jika kamu aktif mengikuti organisasi ini, kamu juga bisa tampil untuk event kampus, bahkan di luar kampus.

  1. Jurnalistik

Jika kamu tekun mengikuti organisasi ini, karya tulismu bisa diangkat untuk mengisi majalah kampus atau semacamnya.

  1. Bidang IT

Organisasi ini bukan untuk kalangan anak IT saja. Kamu yang non IT juga bisa bergabung di sini.

Syarat-syarat dan Cara Mendaftar Kuliah di BINUS @Malang

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus kamu persiapkan sedini mungkin jika ingin kuliah di BINUS @Malang.

  • Mengisi formulir yang bisa kamu dapatkan di kampus BINUS @Malang atau secara online.
  • Pas foto terbaru 3×4.
  • Scan KTP asli.
  • Curriculum Vitae (CV).
  • Scan ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) asli untuk lulusan SMA/ SMK
  • Scan ijazah dan transkrip nilai asli (untuk lulusan D3).
  • Surat keterangan bekerja (khusus yang telah bekerja).
  • Sebelum membeli formulir, cek terlebih dahulu data mahasiswa kamu.

Universitas BINUS @Malang adalah salah satu kampus favorit yang sudah tidak diragukan lagi eksistensinya. Menjadi bagian dari BINUS @Malang, artinya kamu sudah memiliki cukup bekal untuk bersaing di di era global. Tunggu apa lagi, segera bergabung di BINUS @Malang dan raih masa depan yang lebih cemerlang di sana!