Pengertian dan Jenis Teknik Ilustrasi Digital

Pernahkah kamu mendengar istilah teknik ilustrasi digital? Istilah ini mungkin saja asing didengar, tetapi bagi kamu yang suka dan hobi dengan karya seni pasti pernah mendengarnya. Istilah ini mulai dikenal seiring dengan perkembangan teknologi yang kian kekinian. Jika dulu membuat karya seni selalu menggunakan cat, kuas, dan kertas, maka sekarang karya seni bisa dibuat dengan lebih mudah menggunakan perangkat yang kamu miliki.

Ingin tahu lebih jelas? Berikut ulasannya!

Apa yang Dimaksud dengan Teknik Ilustrasi Digital?

Ilustrasi digital adalah sebuah teknik menggambar dengan memanfaatkan semua jenis alat digital untuk membuat gambar. Tentunya teknik menggambar ini berbeda dengan teknik konvensional, yang mana menggunakan cat kuas dan kertas sebagai media fisiknya untuk menghasilkan karya seni atau karya ilustrasi.

Beberapa perangkat yang biasanya digunakan untuk membuat ilustrasi digital adalah tablet grafis, tablet, mouse serta komputer yang telah dilengkapi perangkat lunak untuk desain dan ilustrasi seperti Photoshop atau Illustrator.

Jika dalam teknik konvensional terdapat beberapa jenis gaya gambar, maka ini juga berlaku dalam teknik ilustrasi digital. Beberapa jenis gambar yang cukup diminati adalah komikal, realism, dan ilustrasi flat.

Perkembangan teknik ini menjadi angin segar bagi para kreator dan artis. Mereka tak hanya mendapatkan banyak manfaat, tetapi juga banyak peluang baru yang bisa dicoba dalam pembuatan karya seni. Selain itu, perkembangan teknik ilustrasi digital yang pesat juga memungkinkan para seniman menghasilkan beragam karya seni dengan komposisi gambar yang lebih kompleks.

Baca juga: Perangkat Lunak Pendukung Desain Grafis

Jenis Teknik Ilustrasi Digital

Ada beberapa teknik ilustrasi digital yang sering ditemui. Berikut beberapa di antaranya:

1.       Vector

Teknik ilustrasi digital ini adalah salah satu yang paling sering ditemui. Teknik ini menggunakan sejumlah garis dan kurva untuk membuat gambar ilustrasi. Jika dilihat sekilas, gambar yang dihasilkan dari teknik ini nampak seperti kartun, tetapi jika dilihat dengan detail bisa mirip dengan aslinya.
Teknik ini bisa digunakan dengan memanfaatkan software yang mendukung vector, seperti Corel Draw dan Adobe Illustrator.

2.       Digital Painting

Teknik digital painting diartikan sebagai perpindahan sketsa atau gambar manual ke komputer, mulai dari proses pemberian outline dan berlanjut ke grayscale, kemudian painting, coloring, hingga ke tahapan editing.
Salah satu keuntungan teknik ini adalah waktu. Maksudnya, pembuatan karya seni menggunakan teknik digital painting tidak banyak memakan waktu serta lebih mudah diperbaiki jika terjadi kesalahan.
Selain itu, untuk harga desain menggunakan teknik digital painting juga cukup kompetitif dan lukisan yang dihasilkan tak jauh berbeda dari lukisan yang dibuat menggunakan teknik konvensional. Hanya saja untuk lukisan digital painting secara umum memiliki permukaan yang halus sesuai dengan media cetaknya, berbeda dengan lukisan dengan teknik konvensional yang bertekstur.
Namun ingat, melukis secara digital berbeda dengan edit foto. Di sini kamu tetap harus membuat sketsa dasar secara digital.
Ada beberapa perangkat lunak yang mendukung teknik digital painting ini, yakni Corel Painter, Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop.

3.       Ilustrasi Berbasis Pixel

Teknik ilustrasi digital ini mirip dengan berbasis vektor, bedanya gambar atau karya seni yang dihasilkan terbuat dari sejumlah titik yang akan membentuk objek di layar komputer. Ilustrasi berbasis pixel ini juga sering disebut Pixel Art.
Untuk membuat karya seni ini bisa menggunakan software Piksel, Aseprite, Pixilart, Pyxel Edit, Pro Motion NG, dan lain sebagainya. Beberapa software tersebut juga memungkinkanmu untuk membuat semacam animasi dan semuanya memiliki pilihan warna yang cukup beragam.

4.       Ilustrasi 3D

Seperti namanya, karya seni 3D memiliki tinggi, panjang, dan lebar. Tentu saja kita sudah tahu karena akan hal ini, bukan?
Nah, di antara beragam jenis karya seni 3D yang dibuat oleh para desainer dan juga seniman salah satu yang paling booming adalah 3D Illustration. Ragam karya seni ini mulai menjadi tren sejak awal tahun 2020.
Visual dari gaya seni ini mirip dengan cartoonist dengan tampilan yang nyaman dan lembut dipandang. Biasanya gaya ilustrasi 3D digunakan dalam situs web dan kerap digunakan untuk berbagai keperluan, seperti social media assets, digital interface, dan kebutuhan lainnya.
Ada beberapa perangkat lunak yang sering digunakan untuk membuat ilustrasi 3D, yakni Blender 3D, Adobe Illustrator, AutoCad, Vectary, Adobe Premiere Pro, dan Spline.design.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui apa itu teknik ilustrasi digital dan jenis-jenisnya. Kamu bisa langsung melatih kemampuanmu membuat ilustrasi digital dan menghasilkan karya-karya mengagumkan dengan kombinasi skillmu dan jenis-jenis teknik di atas, loh!