Contoh Struktur Data yang Biasa Dipelajari Mahasiswa Ilmu Komputer

Jika kamu adalah calon mahasiswa ilmu komputer atau sains komputer, kamu pasti akan mempelajari tentang struktur data. Struktur data merupakan seperangkat elemen data yang menghadirkan cara termudah dalam menyimpan sekaligus mengoperasikan ragam tindakan ke data komputer. Dengan kata lain, struktur data merupakan metode khusus dalam mengatur data di dalam komputer supaya penggunaannya efektif.

Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi kompleksitas ruang dan waktu. Pengoperasian secara efektif tergantung dari pemilihan struktur data yang baik. Struktur data yang efisien dapat menggunakan ruang memori seminimum mungkin dengan waktu eksekusi yang cepat dalam memproses struktur data tersebut.

Perlu diketahui bahwa struktur data tidak hanya digunakan dalam pengaturan data, namun juga dalam memproses, mengekstrak, serta menyimpan data. Tersedia berbagai jenis struktur data dasar serta lanjutan yang digunakan pada hampir setiap program atau sistem perangkat lunak yang telah dikembangkan.

Struktur data sangat penting karena penyajian data harus mudah dipahami. Terlebih, modifikasi struktur data cukup mudah. Waktu yang diperlukan juga tidak banyak. Selain itu, user juga dapat menghemat ruang memori penyimpanan dengan struktur data. Dengan demikian, user dapat melakukan representasi data dengan mudah sekaligus mengakses database besar juga tidak sulit.

Baca Juga: Jurusan Ilmu Komputer: Prospek Kerja dan Apa Saja Yang Dipelajari

Array

Array merupakan kumpulan item data, di mana lokasi penyimpanan memori sangat berdekatan. Tujuannya adalah untuk menyimpan beberapa item dari jenis yang sama secara bersamaan. Dengan demikian, lebih mudah untuk menghitung posisi setiap elemen hanya dengan menambahkan offset ke nilai dasar, yaitu lokasi memori dari elemen pertama array yang dilambangkan dengan nama array tersebut.

Properti dari array terdiri dari beberapa elemen. Setiap elemennya memiliki tipe data dan ukuran yang sama, yaitu 4 byte. Elemen dalam array tersimpan pada lokasi memori yang berdekatan. Elemen pertama disimpan di lokasi memori yang terkecil. User dapat mengakses elemen array secara acak. Setiap elemen array dapat dihitung dengan alamat dasar yang diberikan dan ukuran elemen data.

Array diperlukan karena dapat menyortir sekaligus mencari nilai dengan lebih mudah. Terlebih, array terbukti paling efektif dalam memproses banyak nilai dengan cepat dan mudah dalam satu variabel.

Pemrograman komputer memerlukan penyimpanan sejumlah besar data dengan tipe yang sama. User harus dapat mendefinisikan sejumlah besar variabel untuk menyimpan data sebanyak karena mengingat nama semua variabel saat menulis program tentu tidak mudah. Lebih mudah mendefinisikan array dan menyimpan semua elemen ke dalamnya daripada menamai semua variabel dengan nama yang berbeda.

Queue

Queue merupakan struktur linier yang mengikuti urutan First In First Out atau FIFO, di mana operasi dilakukan. Dalam Queue, item masuk di satu ujung dan dihapus dari ujung lainnya. Contoh queue yang baik adalah antrean konsumen untuk sumber daya, di mana konsumen yang datang lebih dulu dilayani terlebih dahulu.

Queue berbeda dengan stack, struktur data yang lain. Perbedaan mendasar adalah dalam proses penghapusan. Pada stack, pengguna menghapus item yang paling baru ditambahkan. Sedangkan dalam queue, user menghapus item yang paling terakhir ditambahkan. Queue memiliki empat operasi dasar, yaitu:

  • Enqueue, yaitu menambahkan item ke antrean. Saat antrean telah penuh, maka kondisi ini disebut
  • Dequeue, yaitu menghapus item dari antrean, di mana item dimunculkan dalam urutan yang sama saat item ditambahkan. Jika antrean kosong, kondisi ini disebut
  • Front: Mengambil item terdepan dari antrean.
  • Rear: Mengambil item terakhir dari antre

Stack

Stack merupakan struktur data linier yang mengikuti urutan tertentu di lokasi operasi dilakukan. Urutannya ada dua, yakni Last In First Out atau LIFO dan First In Last Out atau FILO. Pada stack, semua penyisipan dan penghapusan hanya dapat dilakukan di satu ujung daftar.

Stack memiliki lima operasi dasar, yaitu:

  • Initialize, yaitu inisialisasi dalam mengosongkan tumpukan.
  • Push, yaitu penambahan item dalam Apabila stack penuh, kondisi tersebut dinamakan Overflow.
  • Pop, yaitu penghapusan item dari Item dimunculkan dalam urutan terbalik dari posisi di mana mereka dimasukkan. Apabila stack kosong, kondisi tersebut dinamakan underflow.
  • Peek or Top, yaitu pengembalian elemen teratas dari
  • isEmpty, yaitu pengembalian true apabila stack kosong atau

Linked List

Seperti halnya arrays, Linked List merupakan struktur data linear. Namun, ada perbedaan linked list dengan arrays, di mana elemen-elemennya tidak disimpan pada lokasi yang berdekatan. Semua elemennya terhubung dengan menggunakan petunjuk.

Itu dia beberapa contoh struktur data yang terdapat dalam ilmu komputer. Setelah mengetahui semua itu, kamu bisa menerapkannya untuk pengelolaan data yang lebih mudah diakses dan digunakan dengan mudah. Jadi, mana yang menurutmu paling menarik untuk dikulik lebih dalam?