Jurusan Ilmu Komputer: Prospek Kerja dan Apa Saja Yang Dipelajari

Seperti namanya, jurusan ilmu komputer merupakan salah satu jurusan perkuliahan yang mempelajari tentang komputer. Ilmu komputer di sini meliputi software, hardware, ilmu komputasi, serta semua ilmu yang berkaitan dengan jurusan ini. Namun, tak hanya itu, di sini kamu juga akan banyak belajar tentang algoritma dan bahasa pemrograman.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan jurusan ini, ulasan singkat di bawah bisa membantumu.

Alasan Memilih Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer tak pernah sepi peminat. Tentunya karena ilmu komputer semakin dibutuhkan di tengah era teknologi seperti sekarang. Namun, apakah hanya karena itu? Nyatanya, berikut ini beberapa alasan kuat kenapa jurusan ilmu komputer harus dipilih:

1.     Peluang kerja yang bervariasi

Saat ini semua jenis perusahaan dan bidang pekerjaan apapun pasti menggunakan kemampuan komputer untuk mempermudah pekerjaannya. Bahkan untuk usaha rumahan pun kerap membutuhkan kemampuan dari lulusan komputer ini.

2.     Ilmunya dapat diterapkan di berbagai bidang

Ilmu komputer merupakan bidang keilmuan yang cukup fleksibel dan mudah diterapkan ke berbagai bidang. Misalnya di bidang pertanian, ilmu komputer bisa digunakan untuk memprediksi musim tanam atau untuk membantu petani dalam urusan penyiraman otomatis.

3.     Peluang yang cukup bervariasi

Perkembangan ilmu komputer sangat cocok bagi kamu untuk bisa menciptakan banyak inovasi. Tak hanya peralatan skala besar, kamu bisa menciptakan peralatan sederhana seperti aplikasi untuk membantu keseharian. Misalnya aplikasi untuk memprediksi cuaca, membantu diet, dan sebagainya.

4.     Memprediksi masa depan

Kemampuan prediksi adalah salah satu kelebihan dari penggunaan ilmu komputer. Ilmu komputer akan membantumu untuk mengumpulkan data, kemudian mengolahnya dan menampilkan prediksi dari data yang telah ada. Kemampuan ini cukup penting dalam berbagai bidang seperti ekonomi, kesehatan, pendidikan, atau manufaktur.

5.     Cakupan ilmunya luas

Jurusan ilmu komputer tak sekedar membuatmu sebagai ahli komputer, tetapi di sini kamu juga akan banyak belajar tentang ilmu lainnya seperti pendidikan, kesehatan, aerodinamis, ekonomi, keuangan, bisnis, dan sebagainya.

6.     Bisa berkarir ke luar negeri

Bagi kamu yang memiliki cita-cita untuk berkarir ke luar negeri, jurusan ilmu komputer bisa jadi salah satu jalanmu. Saat ini lulusan ilmu komputer sangat dibutuhkan di banyak perusahaan di berbagai negara. Kamu juga tidak perlu khawatir karena kemungkinan kebutuhan dunia akan lulusan ini dari tahun ke tahun selalu meningkat. Jadi, prospek peluang untukmu juga cukup besar, bukan?

7.     Gaji yang fantastis

Banyak perusahaan besar yang membutuhkan lulusan jurusan ilmu komputer untuk ditempatkan pada posisi seperti programmer, IT, dan sebagainya. Nah, banyak di antara mereka yang berani memberikan nominal besar untuk gajinya, lho. Namun, tentu saja ini setara dengan kerumitan pekerjaan dan tingginya tanggung jawab yang diampu.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Komputer

Banyak yang akan kamu pelajari pada jurusan ilmu komputer. Namun, tentunya tak melulu soal komputer. Berikut beberapa mata kuliah yang kemungkinan akan kamu temui.

  1. Matematika
  2. Grafika komputer
  3. Fisika dan kimia dasar
  4. Rekayasa perangkat lunak
  5. Kecerdasan buatan
  6. Sistem operasi
  7. Dasar pemrograman
  8. Jaringan komputer
  9. Database
  10. Arsitektur komputer

Dari berbagai mata kuliah tersebut, kamu akan memahami dasar ilmu komputer serta bagaimana pengaplikasiannya dalam berbagai bidang pekerjaan.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer

Ketika kamu masuk menjadi salah satu mahasiswa jurusan ilmu komputer, tak perlu khawatir jika nantinya akan menganggur. Berikut beberapa prospek kerja jurusan ilmu komputer:

1. Teknisi jaringan

Perusahaan besar atau perusahaan kecil membutuhkan seorang dengan keahlian ini. Utamanya perusahaan digital yang menjual produk mereka secara online, atau perusahaan startup.

2. Programmer

Pekerjaan ini bisa dikerjakan secara freelance atau full time. Pekerjaan seorang programmer cenderung santai, tetapi cukup rumit karena mereka berurusan dengan coding yang tentunya hanya para programmer yang menguasainya.

3. Konsultan IT

Saat ini jasa konsultan IT banyak dibutuhkan berbagai perusahaan. Gaji yang diperoleh pun juga cukup besar.

4. Game developer

Bagi kamu yang hobi nge-game, kamu bisa jadikan hobi tersebut sebagai salah satu cara mendapatkan cuan.

5. System integrator

Tugas dari pekerjaan ini untuk menganalisis sistem perangkat lunak dalam sebuah perusahaan. Pekerjaan ini cukup banyak dibutuhkan di perusahaan digital dan gajinya juga cukup besar.

6. Pengajar

Jurusan ini juga cukup memungkinkan bagi kamu yang ingin menjadi seorang pengajar. Namun, untuk menjadi dosen, kamu harus kuliah S2 terlebih dulu.

7. Servis komputer

Kebutuhan komputer dan laptop saat ini kian banyak, nah, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka jual beli serta service komputer atau laptop. Dengan kian pesatnya perkembangan teknologi, dipastikan jika pekerjaan ini tak akan sepi.

Melihat banyaknya pilihan karir yang tersedia, rasanya cukup worth it jika kamu memutuskan untuk terjun di bidang ilmu komputer karena banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan ilmu komputer untuk ditempatkan di berbagai posisi IT, salah satunya full stack developer. Buat kamu yang tertarik menjadi full stack developer, simak penjelasan lengkapnya di artikel Apa Itu Full Stack Developer, Tugas, dan Berapa Gajinya?