Jurusan Komunikasi Belajar Apa? Simak Ulasannya di Sini!

Ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan yang mendapat minat cukup tinggi, khususnya untuk anak IPS. Bahkan saking favoritnya, ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan populer di SBMPTN. Namun, tahukah kamu jurusan komunikasi belajar apa?

Bagi kamu yang ingin tahu dan berminat menjadi mahasiswa ilmu komunikasi, simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Ilmu Komunikasi?

Komunikasi adalah hal penting yang dilakukan setiap hari. Tanpa adanya komunikasi, tentu semua hal tak akan bisa berjalan dengan baik. Namun, komunikasi juga ada ilmunya, lho. Ilmu komunikasi di sini tak sekedar ilmu untuk berkomunikasi secara verbal antara dua atau beberapa orang, tetapi lebih dari itu.

Ilmu komunikasi adalah inti atau induk dari berbagai ilmu yang meliputinya. Beberapa turunan dari ilmu komunikasi antara lain penyiaran, periklanan, jurnalistik, komunikasi pemasaran, desain komunikasi visual, hingga public relation.

Oleh karena itu, ketika kamu menjadi mahasiswa ilmu komunikasi, kamu akan belajar banyak hal terkait dengan beberapa hal di atas. Kamu akan tahu bahwa ada macam-macam komunikasi seperti komunikasi massa, komunikasi intrapersonal, komunikasi seni, komunikasi media sosial, komunikasi politik, dan sebagainya.

Skill dan Pengetahuan di Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi memiliki cakupan yang sangat luas, jadi jangan heran jika akan ada banyak hal yang dipelajari. Selain itu, tuntutan era digital saat ini memacu mahasiswa ilmu komunikasi untuk beradaptasi dengan segera. Di bawah ini merupakan beberapa skill dan pengetahuan yang akan dimiliki oleh jurusan ilmu komunikasi yang sangat berguna di zaman seperti sekarang:

1.   Public speaking

Ini adalah kemampuan yang harus dikuasai oleh mahasiswa jurusan ilmu komunikasi. Public speaking di sini tak sekadar pada sebatas cara bicara, tetapi juga bagaimana cara agar pesan yang kamu sampaikan bisa diterima dengan baik sesuai dengan tujuanmu.

2.   Marketing

Mahasiswa jurusan ilmu komunikasi juga akan belajar tentang komunikasi pemasaran. Tentunya kamu juga akan banyak belajar tentang cara untuk memahami serta mempromosikan produk.

3.   Jurnalisme

Mahasiswa jurusan ilmu komunikasi tentu memiliki skill seorang jurnalis. Di sini kamu tak hanya memiliki kemampuan untuk menulis berita, tetapi juga belajar menyampaikan berita dari sudut pandang yang tepat. Kamu juga akan banyak belajar tentang struktur berita.

4.   Riset

Kamu akan memiliki kemampuan riset yang tinggi ketika menjadi mahasiswa di sini. Tak hanya meneliti, kamu juga akan dituntut untuk mampu mengolah data dan menganalisisnya.

5.   Videografi

Perkembangan teknologi yang kian canggih jelas membuat skill atau keahlian ini cukup dicari. Kamu akan banyak belajar cara membuat video kreatif yang dibutuhkan untuk periklanan atau sekedar untuk dokumentasi.

6.   Fotografi

Lulusan komunikasi juga belajar tentang fotografi. Tentu karena gambar atau foto bisa dijadikan sebagai sarana untuk komunikasi.

Itulah beberapa skill dan pengetahuan yang akan kamu pelajari di jurusan ilmu komunikasi. Cukup menarik dan menantang, bukan?

Tugas yang Biasanya Diberikan oleh Dosen

Jika ada yang tanya jurusan komunikasi belajar apa? Tentu jawabannya telah diulas di atas. Namun, kira-kira apa saja biasanya tugas yang diberikan oleh dosen?

Perlu diketahui, di awal semester, kebanyakan tugas berupa presentasi, makalah, serta hapalan teori, baik itu individu ataupun kelompok. Setelah itu, tugas akan mulai berkembang, seperti membuat artikel, film, berita, tugas desain, social project, sampai magang. Cukup menarik, bukan?

Mitos yang Ada di Jurusan Komunikasi

Setelah tahu jurusan komunikasi belajar apa, tentu kamu juga harus tahu apa saja mitos yang ada di jurusan komunikasi. Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya:

1.   Orang yang ekstrovert

Karena jurusan ini erat kaitannya dengan orang yang “jago ngomong”, maka mitosnya semua mahasiswa jurusan ini adalah seorang yang ekstrovert. Padahal tidak. Semua mahasiswa meskipun adalah introvert sekalipun, akan belajar hal yang sama dan tentunya ini bisa jadi solusi untuk kamu yang “gak jago” untuk jadi “jago”.

2.   Pasti jadi penyiar

Memang banyak lulusan ilmu komunikasi yang jadi penyiar, tetapi nyatanya ini bukan satu-satunya pilihan karir untuk jurusan komunikasi. Banyak pilihan karir untuk jurusan ini mulai dari videografer, praktisi media, atau seorang entrepreneur.

3.   Tidak ada matematika

Siapa bilang jika jurusan komunikasi tak berhitung? Nah, kamu juga akan belajar hitung-hitungan di jurusan ini karena ada beberapa mata kuliah yang membutuhkannya, misalnya perencanaan media dan statistika dasar.

4.   Jurusan yang gampang

Banyak yang beranggapan ini jurusan gampang karena komunikasi adalah hal yang sering dilakukan. Namun, nyatanya malah sebaliknya karena di sini kamu tak hanya sekedar berbicara, tetapi juga belajar untuk memahami apa isi dan konteks dari sebuah pembicaraan.

Mata Kuliah dan Peminatan Jurusan Ilmu Komunikasi

Menjadi mahasiswa jurusan ilmu komunikasi tentu ada banyak yang akan dipelajari. Mata kuliahnya pun beragam dengan cakupan yang cukup luas. Sebagai gambaran, berikut beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari ketika menjadi mahasiswa ilmu komunikasi:

  1. Public speaking
  2. Philosophy and ethics of communication
  3. Pengantar Sosiologi
  4. Pengantar Sains Komunikasi
  5. Teori Komunikasi
  6. Komunikasi Politik
  7. Komunikasi interpersonal
  8. Public Opinion
  9. Komunikasi teknologi
  10. Media promosi dan marketing
  11. Digital Audio Video Streaming
  12. Motion Graphics
  13. Entrepreneurship
  14. Dan lain sebagainya

Demikian pembahasan tentang jurusan komunikasi, materi yang dipelajari di jurusan komunikasi, debunking mitos jurusan komunikasi, serta prospek kerja jurusan komunikasi yang sangat beragam, seperti jurnalis, penyiar, ahli periklanan, marketing communications specialist, dan masih banyak lagi. Lantas, bagaimana dengan karir lain seperti public relations  yang saat ini juga banyak dicari oleh perusahaan? Nah, kamu bisa mendapatkan penjelasan lengkap tentang apa itu public relations di artikel berikut: Apa Itu Public Relations dan Tugasnya