Apa Itu Public Relations dan Tugasnya? Yuk, Kita Cari Tau!

Kamu pasti sering melihat sosok seorang Public Relations atau PR dari beberapa perusahaan. Mereka selalu memiliki penampilan yang menarik, dengan tutur bahasa yang diplomatis serta meyakinkan. Public Relations tidak hanya menjadi profesi yang dibutuhkan perusahaan yang menawarkan jasa seperti hotel, properti, dan jasa layanan lainnya, tetapi juga instansi pemerintahan.

Bagi kamu yang penasaran dengan jurusan ini, simak ringkasan penjelasan apa itu PR di bawah ini.

Apa Itu Public Relations?

Public Relations atau hubungan masyarakat merupakan aktivitas dengan kemampuan dan pengetahuan untuk dapat melakukan proses komunikasi dalam membangun hubungan positif antara organisasi atau perusahaannya dengan publik yang terkait dengan organisasi atau perusahaan tersebut. Staf PR mengelola citra serta reputasi perusahaan di depan publik.

Ilmu Public Relations adalah disiplin ilmu dengan berbagai spesialisasi. Bagian dari disiplin ilmu tersebut adalah marketing, komunikasi, dan promosi.  Intinya, departemen Public Relations harus dapat memberikan pengaruh akan persepsi publik yang terkait dengan citra atau reputasi dari sebuah brand atau instansi.

Fungsi Public Relations

Fungsi utama dari departemen atau staf Public Relations adalah untuk membantu tugas bidang pemasaran, periklanan, dan citra perusahaan. Departemen Public Relations dalam sebuah perusahaan berfungsi sebagai media dalam menunjukkan citra positif dari merek, barang, atau jasa perusahaan tersebut. Sedangkan untuk instansi pemerintahan, departemen hubungan masyarakat umumnya merilis kegiatan atau memberikan klarifikasi apabila terjadi kesalahpahaman dari masyarakat.

Seorang staf PR yang profesional harus punya spesialisasi dalam berkomunikasi dengan baik dan hati-hati. Apapun strategi komunikasi tersebut, baik melalui lisan dan tulisan, Public Relations harus dapat memupuk hubungan baik antara instansi atau perusahaan dengan publik atau pelanggan. PR profesional harus menggunakan metode tepat sesuai kebutuhan klien.

Tugas Public Relations

Keberadaan PR sangat penting untuk mayoritas perusahaan, seiring dengan peningkatan penggunaan media sosial. Terlebih, saat ini apapun dapat menjadi viral dengan begitu mudah. Staf PR yang profesional harus dapat mewakili beberapa hal berikut:

1. Branding

Staf PR perlu berbagi banyak cerita positif dari perusahaan untuk membangun citra perusahaan. Dengan demikian, proses penjualan produk atau jasa akan lebih mudah. Tak heran, kini mayoritas perusahaan menamakan departemen Marketing Communication yang memiliki tugas untuk PR.

2. Komunikasi Internal

Staf Public Relations juga harus menjaga komunikasi internal. Terlebih saat perusahaan mengembangkan cabang di berbagai lokasi. Karyawan di semua lokasi cabang harus mendapatkan informasi tentang aktivitas yang ada di setiap cabang perusahaan. Dengan demikian, relasi antarkaryawan terjaga dengan baik karena mereka bekerja untuk satu tujuan.

3. Menjaga nama baik

Departemen PR juga harus dapat menangkis pemberitaan palsu yang memiliki efek negatif untuk perusahaan mereka. Staf PR harus memahami taktik manajemen krisis supaya kerusakan atau nama buruk perusahaan tidak terjadi, misalnya hanya karena berita palsu atau hoax.

Ada beberapa cara efektif yang dilakukan para staf PR untuk melakukan tugasnya. Salah satu cara termudah adalah dengan keterlibatan secara aktif di media sosial untuk mengunggah kegiatan positif dan cerita-cerita menarik yang positif tentang produk atau jasa perusahaan. Staf PR juga harus terlibat secara aktif dengan respon cepat kepada para pelanggan yang bertanya atau beropini.

Tugas utama staf PR juga mempublikasikan press release apabila ada kegiatan perusahaan yang terkait dengan peluncuran produk atau jasa, atau sanggahan terkait dengan adanya fake news atau kejadian force majeure. Selain itu, departemen PR harus aktif dalam menyelenggarakan event, seperti launching, open house, atau acara lain yang terkait dengan pengenalan produk atau jasa perusahaan.

Pemanfaatan media digital untuk informasi terbaru perusahaan sangatlah krusial, di mana tugas PR adalah membagikan konten promosi atau informasi penting lainnya. Saat ini, tugas PR lebih mudah karena ketersediaan media sosial. Dengan demikian, jangkauan juga lebih luas.

Selain menjalin hubungan baik dengan pelanggan atau publik, tugas PR juga menjalin hubungan baik dengan mitra bisnis, investor, dan calon investor, bahkan dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama.

Kisaran Gaji Public Relations

Seorang staf pemula atau fresh graduate yang menjabat sebagai staf PR biasanya mendapatkan gaji UMR sesuai domisili pekerjaan mereka. Namun, bisa jadi gajinya lebih tinggi, di mana hal ini tergantung pada kebijakan perusahaan. Sedangkan untuk manajer Public Relations, gaji minimal yang diterima adalah Rp6.000.000 rupiah atau lebih, tergantung perusahaan yang merekrutnya.

Namun, seringkali perusahaan juga menilai fresh graduate dari kampus di mana ia lulus. Tentu, fresh graduate dari kampus ternama dengan standar internasional akan mendapatkan gaji lebih tinggi. Karena itulah, penting bagi kalian yang ingin menempuh jurusan Public Relations untuk memilih kampus yang tepat.