Yuk, Simak 5 Kampus dengan Jurusan Public Relations Terbaik Versi EduRank

Jurusan Public Relations atau PR merupakan jurusan yang tersedia di berbagai perguruan tinggi dan universitas di seluruh dunia. PR atau juga disebut Hubungan Masyarakat adalah bidang yang bertujuan untuk membangun dan memelihara hubungan baik antara suatu organisasi atau individu dengan berbagai pihak terkait yang terdiri dari media, konsumen, karyawan, dan masyarakat umum. Belakangan jurusan ini begitu diminati karena prospek karirnya yang menjanjikan hingga beberapa dekade ke depan. Namun untuk menjadi seorang PR yang handal, tentunya kamu harus kuliah di kampus dengan jurusan Public Relations terbaik bukan?

Apa Itu Jurusan Hubungan Masyarakat?

Jurusan Public Relations merupakan sebuah jurusan yang menawarkan program studi dengan cakupan teori dan praktik dalam bidang komunikasi, hubungan masyarakat, manajemen reputasi, penulisan media, penelitian pasar, dan strategi promosi. Seorang PR memiliki cakupan karir yang luas mulai dari wartawan, dosen, jurnalis, juru bicara atau bahkan analis.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Hubungan Masyarakat

Program studi dalam jurusan Public Relations mengajarkan beberapa mata kuliah seperti dasar Public Relations, media relations, penulisan press release, komunikasi organisasi, management crisis, pengembangan strategi komunikasi, etika PR, event management dan planning, branding reputation management, dan teknologi terkini yang terkait dengan PR.

Lulusan jurusan Public Relations dapat menempuh karir di berbagai perusahaan swasta, lembaga pemerintahan, industri, media, agensi pemasaran atau serta agensi konsultan PR. Lulusan jurusan ini juga dapat bekerja sebagai staff atau manajer, spesialis media sosial, event organizer, dan pekerjaan lain yang berkaitan dengan komunikasi.

Baca Juga : Daftar 10 Kampus Dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik. Jadi masih ragu?

Daftar Universitas dengan Jurusan Public Relations Terbaik Versi Edu Rank

Apabila kamu saat ini sedang ingin mencari kampus dengan jurusan Public Relations terbaik, kamu dapat berpatokan pada EduRank. EduRank merupakan salah satu lembaga yang melakukan penggolongan universitas terbaik berdasarkan kategori. Ingin tahu kampus dengan jurusan Public Relations terbaik? Cek daftarnya di bawah ini!

  1. Universitas Padjadjaran

Jln. Ir. Soekarno km. 21 Jatinangor, Kab. Sumedang 45363 Jawa Barat

Program Studi Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas yang terletak di Bandung ini memiliki peran sebagai pusat pengembangan ilmu dan profesi PR andal dan profesional. Program studi Humas Fikom UNPAD ini mendukung ketersediaan tenaga PR untuk penuhi kebutuhan perusahaan, lembaga atau organisasi yang membutuhkan jasa ini. Misi jurusan Humas UNPAD adalah meluluskan tenaga profesional untuk kebutuhan SDM yang berdaya saing tinggi.

  1. Universitas Indonesia

Gedung VA Lt. 1, Ruang VA105, Vokasi UI Kampus Baru UI Depok, Kukusan, Beji, Depok 16425

Program studi Hubungan Masyarakat di UI termasuk dalam program studi vokasi dengan misi lulusan Ahli Madya Hubungan Masyarakat. Lulusan jurusan ini digembleng untuk dapat melakukan evaluasi program PR sesuai kebutuhan industri sesuai hukum dan etika profesi. Visi jurusan Humas UI ini adalah menyediakan SDM yang mampu bersaing dengan program diploma lainnya di ASEAN. Jurusan ini menawarkan mata kuliah inovatif dan berdaya saing global sesuai silabus terbaru sebagai perpaduan teori dan praktek selaras dengan kebutuhan dunia kerja.

  1. Universitas Diponegoro

Jl. Prof. Soedarto, SH., Tembalang, Semarang 50275

Program Studi Sarjana Terapan Informasi dan Humas merupakan program Vokasi Universitas Diponegoro (SV UNDIP). Program Studi (Prodi) Diploma IV memiliki misi mencetak praktisi profesional yang dapat mengelola komunikasi kehumasan.

Tenaga kehumasan memang tengah dibutuhkan di era serba digital dimana jurusan ini akan mendukung kemampuan mahasiswa dalam pengelolaan informasi seperti tata kelola big dan digital archive selain hanya membuat konten digital yang disertai strategi digital PR.

  1. Universitas Udayana

Jalan Raya Kampus Unud, Kampus Bukit Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia

Jurusan Public Relations secara spesifik di Universitas Udayana sebenarnya tidak tersedia. Tetapi, kalian dapat mencoba mendaftar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau FISIP Unud. Fisip Unud memiliki lima program studi yaitu Sarjana dan D3. Seluruh jurusan Soshum yang ada di kampus ini adalah Administrasi Negara D3 Perpustakaan, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, dan Ilmu Sosiologi

  1. Universitas BINUS

Jl. Araya Mansion No.8 – 22, Kec. Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65154

Siapa yang tidak kenal dengan reputasi BINUS? Terlebih, kini BINUS hadir di berbagai kota di Indonesia, salah satunya BINUS @Malang yang memiliki dan mengajarkan mata kuliah secara spesifik yang berkaitan dengan pengembangan potensi PR berbasis teknologi digital. Misi dari kampus ini adalah mendidik mahasiswa untuk menjadi staf PR andal yang dapat berkomunikasi secara aktif dengan publik, media, dan klien.

Jadi, mengapa harus menunggu? Segera daftar ke program studi Public Relations di BINUS @Malang. Dapatkan berbagai macam mata kuliah teori komunikasi sekaligus praktik yang akan mendukung karirmu kedepannya. Ya, lulusan BINUS @Malang digadang akan menjadi seorang praktisi humas dengan kemampuan analitis cakap serta mampu menyusun strategi dalam membangun merek perusahaan.

Namun, tentunya peringkat terbaik tersebut tak lepas dari program istimewa BINUS @Malang yang tidak dimiliki kampus jurusan Public Relations lainnya yaitu program 2+1+1. Program ini membekali kalian dengan pengalaman dua tahun di Kampus Malang, kemudian 1 tahun di Kampus BINUS kota lain lalu ditambah dengan satu tahun pengalaman magang profesional atau membangun startup, dan bahkan belajar di luar negeri.

Selain menjadi salah satu kampus jurusan Public Relations terbaik, BINUS @Malang juga jadi yang terbaik untuk ilmu komunikasi lho.