Halo guys.. kota Malang sebagai kota pendidikan tidak terlepas dengan hadirnya mahasiswa perantauan. Hidup jauh dari orang tua adalah sebuah tantangan, dipaksa untuk bisa mengatur keuangan sebaik mungkin, mulai dari kebutuhan makan, membeli paket internet, bensin, print dan fotocopy tugas, hingga jalan-jalan semua harus diatur sebaik-baiknya.

Meskipun setiap mahasiswa memiliki uang saku yang berbeda-beda dari orang tua, namun terkadang tuntutan kebutuhan mahasiswa yang semakin besar hingga gaya hidup yang tidak terkendali menuntut kita harus bisa memutar otak.

Bisa dibilang menjadi mahasiswa rantau itu gampang-gampang susah. Ada yang harus ngirit banget, melakukan segala hal demi beasiswa, sampai terpaksa kerja part-time demi memenuhi kebutuhan. Tentunya semua itu tergantung dari kita masing-masing, bagaimana me-manage keuangan hingga mengetahui hal apa saja yang harus diprioritaskan.

Eits.. jangan khawatir, tim BINUS Malang sudah menyiapkan beberapa tips biar dompetmu gak menangis.

  • Buat Perencanaan Pengeluaran

Yup.. kamu bisa membuat budget pengeluaran tiap bulannya, kamu bisa membuat daftar apa saja kebutuhanmu hingga kamu tahu berapa total uang yang kamu miliki berikut rencana pengeluarannya.

  • Pilih Kost Yang Dekat Dengan Kampus

Apabila lokasi kostmu dekat dengan kampus, kamu bisa menghemat pengeluaranmu karena kamu tidak perlu repot-repot untuk membeli bensin. Kamu bisa berjalan kaki untuk pergi ke kampus, hitung-hitung sambil olahraga..haha

  • Jadi Chef Amatiran

Nah untuk tips berhemat berikutnya, kamu bisa jadi chef di dapurmu. Mungkin kamu bisa belajar memasak melalui internet untuk menambah wawasanmu tentang makanan. Kamu bisa memasak mulai dari yang termudah seperti membuat tumis ataupun bikin sup, dengan begitu kamu tidak perlu lagi beli makan diluar.

  • Jauhi Teman Toxic

Nah ini musuh utama anak millenials jaman sekarang. Sebisa mungkin jauhi teman-teman yang toxic, seperti terlalu meninggikan gengsi, gaya hits abis padahal uang minimalis, hingga suka pamer yang bukan miliknya. Jangan sampai kamu dibilang “gaya sosialita uang gak ada”, akan sangat merugikan bukan?.

Nah, itulah beberapa tips berhemat ala mahasiswa yang mungkin bisa kamu terapkan ketika kuliah sudah dimulai. Apabila kamu bingung mau kuliah dimana, kamu bisa cari informasi mengenai Universitas BINUS Malang, dimana kampus yang mampu menghasilkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi, berkualitas, serta berkompetitif di bidangnya. Ingat Kampus Terbaik ya ingat BINUS Malang!.