Ketika kalian sudah memasuki semester akhir ataupun fresh graduate, pernahkah kalian berkata kira-kira skill apa sih yang harus dipersiapkan untuk kedepannya? apa yang harus saya miliki agar siap di dunia kerja?

Sebagai mahasiswa memiliki pekerjaan yang diinginkan tentu menjadi impian besar, namun masih banyak yang belum tahu sebenarnya apa saja yang sekiranya dibutuhkan pada saat bekerja.

Sekarang ini, perusahaan tidak hanya mengandalkan nilai akademik dan akreditasi kampus saja lhoo, melainkan harus di imbangi dengan keahlian, sebuah skill yang mampu menunjang kalian lolos masuk perusahaan impian di masa mendatang.

Jadi, kira-kira apa saja ya softskill yang harus dipersiapkan untuk masa depan? yuk kita ulas bersama-sama..

1.   Berpikir Kritis dan Problem Solver

Memiliki pemikiran yang kritis, kalian bisa menjadi aset berharga bagi perusahaan lho..

Wah kenapa bisa begitu?

Karena seorang dengan pemikiran kritis pasti akan memiliki pemikiran yang detail serta teliti dalam kondisi yang akan mendatang.

Apalagi jika ditambah dengan kemampuan memecahkan masalah dan memberi solusi yang tepat, dijamin kalian akan memiliki poin plus tersendiri di mata perusahaan, karena mampu membantu menyelesaikan persoalan apapun yang sedang terjadi di dalam perusahaan. Keren banget kan..

2.   Leadership

Ketika kalian berada di dunia kerja pasti akan banyak bertemu dengan pimpinan, tetapi ada beberapa yang kurang memiliki jiwa leadership.

Leadership yang dimaksud seperti apa ya?

Jiwa leadership yang dimaksud adalah yang memiliki simpati, empati, keseimbangan untuk kemajuan dipekerjaanya dan tentunya memiliki pemikiran yang lebih maju dari pada lainnya.

Seorang yang memiliki soft skill leadership harus mampu mengetahui bagaimana kondisi di sekitarnya bukan hanya dunia pekerjaan saja.

3.   Kecerdasan Emosional

Setiap orang pasti memiliki emosi, namun ada sebagian orang yang kurang bisa mengontrol emosinya dan juga disekitarnya.

Nah skill kecerdasan emosional ini sangat dibutuhkan untuk pekerjaan mendatang lho..

Kecerdasan emosional sendiri merupakan sebuah kemampuan yang bisa menerima, mengendalikan emosi diri dan orang lain di lingkungan sekitarnya.

Skill ini sangat berharga dan dibutuhkan di dunia kerja. jadi dari sekarang mulai latih emosinya ya..

4.   Kreatif

Perkembangan zaman membuat semuanya semakin canggih dan modern termasuk juga dunia kerja.

Sebagai mahasiswa yang mengikuti perkembangan zaman, sebaiknya jika kalian  menguasai bidang teknologi, karena dengan skill tersebut kalian sangat dicari oleh perusahaan.

Kreativitas dapat diasah dengan banyak cara, bisa dengan membaca buku, menonton youtube dan lain sebagainya. Semakin banyaknya ilmu yang didapat kalian akan menemukan peluang untuk inovasi baru yang berguna di masa depan.

Nah, itulah 4 softskill yang bisa kami rangkum untuk kalian. Semoga setelah membaca artikel diatas kalian bisa memahami skill apa saja yang harus dipersiapkan dengan matang untuk memasuki dunia kerja.

Tetap semangat, latih dan asah skill tersebut dari sekarang, tapi ingat jangan terburu-buru ya.. tetap tenang dan yang terpenting fokus.

Ingin membaca artikel lainnya? Yuk check terus artikel dari https://www.binus.ac.id/kampus-malang