Bila ditinjau berdasarkan lingkaran warna atau The Color Wheel akan ditemukan 12 warna yang dapat dibelah menjadi tiga bagian. Tiga bagian ini membagi warna ke dalam golongan warna dengan sifat panas, warna bersifat hangat, dan warna bersifat dingin.  

Warna panas terdiri atas warna kuning, kuning jingga, jingga, merah jingga, dan merah. Warna hangat terdiri atas warna kuning hijau dan merah ungu. Sedangkan warna dingin terdiri atas warna ungu, biru ungu, biru, biru hijau, dan hijau.  

Sifat Warna dan Kesan yang Tercipta

Beberapa pemahaman yang dapat diterapkan mengenai warna dan sifatnya antara lain sebagai berikut:  

  1. Merah, jingga, dan kuning tergolong sebagai warna yang bersifat panas, sehingga menghasilkan kesan atau menimbulkan efek panas bila digunakan.  
  2. Biru, ungu, dan hijau tergolong sebagai sifat warna yang dingin, sehingga menghasilkan kesan atau menimbulkan efek dingin bila digunakan. 
  3. Warna hijau akan menjadi hangat bila penggunaannya diarahkan ke arah hijau kekuningan, dan ungu akan menjadi hangat bila openggunaannya diarahkan ke arah ungu kemerahan. Penggunaan warna hijau kekuningan dan ungu kemerahan akan menghasilkan kesan atau menimbulkan efek hangat.  
  4. Penggunaan warna panas memberi kesan semangat, kuat dan aktif. Sedangkan penggunaan warna dingin memberi kesan tenang dan pasif.  
  5. Terlalu banyak menggunakan warna panas akan menstimulasi semangat atau amarah, sedangkan terlalu banyak menggunakan warna dingin akan menstimulasi sisi melankolis atau kesedihan. 
  6. Warna panas bila digunakan akan terasa lebih dekat serta memperbesar ukuran suatu bidang bilang digunakan. Sedangkan penggunaan warna dingin akan terasa lebih jauh serta memperkecil ukuran suatu bidang bila digunakan.  
  7. Warna panas dan warna dingin saling berkomplemen sehingga penerapannya akan menghasilkan kontras atau bertentangan.  

 

Source:  

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2009). Nirmana Elemen-Elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra. 


(Baca juga: Retorika Visual Lukisan Bak Truk: Makna dan Tujuannya)