Warna terbagi atas warna additive dan warna subtractive. Warna additive adalah warna-warna yang berasal dari cahaya atau yang dikenal dengan istilah spektrum. Sedangkan warna subtractive adalah warna yang berasal dari pigmen. Spektrum warna pokok yaitu merah, hijau, dan biru (red, green, and blue) yang dalam bahasa komputer dikenal dengan model RGB. Sedangkan pigmen warna yaitu cyan, magenta, dan kuning yang dalam bahasa komputer dikenal dengan model CMY.  

Spektrum seperti yang telah diketahui merupakan warna yang berasal dari cahaya yaitu cahaya warna biru, merah, dan hijau. Masing-masing cahaya warna ini bila digabungkan akan menghasilkan cahaya warna diluar dari ketiga cahaya warna awalnya, seperti:  

  1. Cahaya warna biru bila dipadukan dengan cahaya warna merah akan menghasilkan cahaya berwarna magenta.  
  2. Cahaya warna merah bila dipadukan dengan cahaya warna hijau akan menghasilkan cahaya berwarna kuning.  
  3. Cahaya warna hijau bila dipadukan dengan cahaya warna biru akan mengasilkan cahaya berwarna cyan 
  4. Cahaya warna biru bila dipadukan dengan cahaya warna merah dan hijau akan menghasilkan cahaya berwarna putih dimana cahaya putih ini merupakan gabungan dari seluruh spektrum cahaya.  

Bila spektrum merupakan warna yang berasal dari cahaya atau disebut dengan warna additive, maka warna subtractive adalah warna yang dihasilkan dari pigmen. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, warna pokok pigmen antara lain cyan, magenta, dan kuning. Serupa dengan spektrum, pigmen pun dapat digabungkan dan menghasilkan warna-warna diluar warna pokoknya seperti:  

  1. Pigmen kuning bila dicampur dengan pigmen cyan maka akan menghasilkan warna hijau. 
  2. Pigmen magenta bila dicampur dengan pigmen kuning maka akan menghasilkan warna jingga (oranye).  
  3. Pigmen cyan bila dicampur dengan pigmen magenta maka akan menghasilkan warna ungu. 
  4. Pigmen kuning bila dicampur dengan pigmen magenta dan cyan maka akan menghasilkan warna gelap/hitam. 

Sistem spektrum warna atau yang dikenal dengan RGB dan pigmen warna atau yang dikenal dengan CMY ini dekat dengan aktivitas seorang desainer komunikasi visual. Seperti diketahui sistem RGB merupakan sistem warna yang digunakan pada beragam media elektronik seperti layar TV, LCD, kamera digital, dan lain-lain. Sedangkan sistem warna CMY kerap digunakan dalam bidang cetak mencetak (percetakan).  

 

Source:  

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2009). Nirmana Elemen-Elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.