Bermain game adalah salah satu hobi yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Selain itu, dengan bermain game sobat bisa menghasilkan uang dengan mengikuti berbagai perlombaan. “Lalu, apakah sobat pernah berpikir siapa sih yang bekerja dibalik pembuatan game yang sobat mainkan?” Ada banyak orang yang terlibat dalam pembuatan game ini. Salah satunya adalah Game Developer.

Game Developer merupakan pekerjaan untuk membuat video game. Game Developer akan membuat fitur-fitur dalam sebuah game, seperti pembuatan karakter, alur cerita, serta menyusun desain dan mekanisme permainan. Selain itu, Game Developer akan membuat software agar permainan tersebut bisa diakses oleh PlayStation, Nintendo, dan aplikasi Android dan iOS.

Lalu, skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Game Developer terbaik?

1.    Memiliki bakat dalam bidang IT

Untuk membuat Video Game, developer perlu memahami tentang bahasa pemrograman dan desain perangkat lunak. Seorang Game Developer harus memiliki kemampuan untuk mengoperasikan peralatan yang berhubungan dengan video dan audio. Karena sebagian besar bagian dari game adalah grafis dan animasi, maka developer harus terbiasa dengan desain karakter, desain pemandangan, dan desain antarmuka.

2.   Memiliki kemampuan Problem Solving yang kuat

Dalam membuat Video Game, pasti akan ada error dari kode yang sudah dibuat. Seperti terjadinya bug pada saat memainkan game, layar hitam, dan Network Error. Developer akan mengatasi dan menyelesaikan semua gangguan teknis yang terjadi. Sobat harus memiliki kesabaran dan mencoba untuk mencari sudut pandang lain saat menghadapi masalah.

3.   Memiliki Keterampilan Manajemen Waktu Yang Baik

Video Game memiliki banyak bagian yang komplek dan bergerak. Seringkali, developer memerlukan bantuan dari tim artistik dan teknis yang memiliki tanggung jawab untuk menyatukan bagian yang berbeda. Untuk itu, sobat harus bisa bekerja di bawah tekanan dan cobalah untuk berkolaborasi dengan tim lain agar bisa menempati tenggat waktu.

4.   Kemampuan kreativitas yang tinggi

Seorang developer harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk membuat dunia virtual yang menantang dan menarik. Selain itu, kreativitas juga diperlukan untuk membangun plot cerita yang menantang dan menghidupkan karakter tokoh semenarik mungkin. Developer juga harus memperhatikan detail pada setiap desain seperti warna, pakaian, tekstur, dan background.

5.   Selalu mengikuti perkembangan industri

Sebagai seorang Game Developer, sobat harus menyukai bermain game. Dengan itu, sobat bisa memperbarui diri tentang apa yang dibutuhkan oleh pesaing dan dunia game pada saat itu. Sobat juga bisa memperbaiki desain dan meningkatkan ide game sobat sendiri melalui elemen yang ada pada game lain

Itulah 5 skill yang harus kamu pelajari untuk menjadi seorang Game Developer terbaik. Profesi ini sangat menarik karena selain pasar dari sebuah game tak terbatas, pendapatan yang dihasilkan juga sangat besar.

Jika sobat ingin belajar lebih tentang Game Developer atau belum memahami tentang sistem pemrograman komputer yang baik, sobat bisa banget dapetin skillnya di BINUS @Malang. Disini ada program studi Computer Science dimana kamu akan belajar tentang teknik dan proses bagaimana mengembangkan sistem berbasis komputer.

Kuliah di universitas modern yang ada di Jawa Timur ini, kamu akan merasakan bahwa BINUS @Malang memiliki komitmen yang menciptakan lulusan unggulan yang siap untuk berkontribusi secara langsung untuk perkembangan teknologi dan informasi. Jadi tunggu apalagi? Pastikan BINUS @Malang ada di pilihanmu ya.