Jepang adalah Negara yang mempunyai akar kebudayaan dan tradisi yang sangat kuat. Tak heran, pengaruh budaya tersebut terlihat hampir disemua bidang kehidupan, mulai dari seni origami, beladiri, filosofi dan tak terkecuali interior. Rumah Jepang dengan desain modern sangat mengutamakan kehidupan yang bersih, sederhana, bebas dari kekacauan, mempertahankan keseimbangan, serta dekat dengan alam.

Walaupun sudah menggunakan konsep modern, rumah Jepang tetap tidak pernah lepas dari unsur tradisonalnya. Tak heran, konsep rumah Jepang pun sukses menebarkan pengaruhnya ke seluruh dunia. Mau tahu keunikan desain rumah Jepang? Simak ciri dan inspirasinya i

Ada beberapa ciri atau karakteristik interior rumah Jepang. Entah kenapa saya suka sekali menulis tentang Interior Jepang. Mungkin salah satunya desainya yang minimalis dan elegan

Beberapa karakteristik interior rumah Jepang adalah sebagai berikut;

1. Unsur alam sangat dominan.

Ilustrasi unsur alam pada rumah bergaya Jepang.

Interior Jepang sangat kental dengan unsur alam, baik dari penggunaan bahan maupun pewarnaan. Penggunaan bahan kayu sangat dominan.

2. Terdapat area genkan

Area genkan dirumah bergaya Jepang.

Ini dia salah satu ciri khas yang harus ada pada rumah Jepang. Tak mengenal tipebangunan, di dalam apartemen sekali pun pasti area genkan tetapdipertahankan. Genkan merupakan area transisi antara bagian luar dan dalam rumah. Area ini digunakan untuk menerima pengunjung dan tempat mengganti sepatu dengan sandal rumah yang dilepas sebelum menginjak lantai tatami.

3. Lantai rumah menggunakan Tatami.

Tatami di rumah bergaya Jepang.

Tatami adalah karpet tebal terbuat dari jerami yang di tenun. Jerami banyak sekali apalagi di Indramayu, coba aja dibuat Tatami ( Tatami Made in Indramayu). Namun jika anda susah mendapatkanya bisa juga dengan karpet biasa yang jelas warnanya natural.

4. Bentuk kotak atau Kubus.

Bentuk kotak atau kubus pada rumah bergaya Jepang.

Bentuk ruangan kotak atau bentuk jendela berupa kubus-kubus merupakan ciri-ciri yang khas. Lihat saja pintu geser atau juga jendela banyak sekali kotak-kotaknya. Kalau dulu Bp Presiden waktu kampanye jadi Walikota Jakarta suka pake baju kotak-kotak mungkin terinspirasi interior Jepang.

5. Dinding pembatas dari kertas.

Dinding dengan pembatas berbahan kertas.

Orang Jepang menggunakan dinding dari kertas. Apakah mungkin di Indonesia pake kertas. Dengan kelembaban yang tinggi kertas tidak akan tahan lama, belum lagi dari segi keamanan. Ada bahan lain yang bisa digunakan sebagai pengganti kertas yaitu acrylics . Bahan ini mirip kertas dan tahan terhadap kelembaban.

6. Pintu geser atau Shoji

Pintu geser atau shoji.

Satu lagi ciri yang unik yaitu pintu geser atau shoji. Pintu geser ini sangat unik , mungkin saja hanya ada pada interior Jepang.

7.  Desain minimalis

Ilustrasi desain rumah yang minimalis.

Interior Jepang terkesan minimalis namun cukup Ok, ruangan tampak lebih luas . Tidak banyak perabot di dalamnya. Kalaupun ada kursi juga sangat minim. Ornamen atau lukisan juga tidak banyak, kalau orang Jepang menuliskan huruf kanji sebagai kaligrafi ,anda bisa memberi lukisan bunga atau alam.

8. Furniture rendah

Ilustrasi furniture yang rendah.

Desain furniture jepang rendah baik kursi maupun meja. Kenapa demikian? Karena pada acara minum teh orang jepang duduk lesehan.


(Baca Juga: Filsafat Cina pada Konsep Furniture)