Jakarta, 24 Agustus 2020 – Dalam menghadapi persaingan global bisnis di masa depan diperlukan sumber daya manusia memiliki kemampuan dan pemahaman yang baik tentang pengelolaan bisnis dan teknologi Informasi. Selain itu diperlukan sumber daya manusia yang memiliki jiwa entrepreneurship dengan ide, dan motivasi dalam mengelola suatu bisnis untuk menentukan berhasil atau tidaknya pada bisnis. Dalam mengelola bisnis, teknologi harus juga dimanfaatkan dengan maksimal untuk menunjang inovasi, motivasi, produktifitas dan fleksibilitas. Demikian, untuk menjadi seorang pengusaha yang cerdas dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan wirausaha yang perlu di tanamkan sejak dini melalui pembekalan ilmu yang dapat diperoleh di perguruan tinggi, karena bisa memberikan fasilitas kepada mahasiswa dengan memberikan ilmu kewirausahaan secara teori dan praktik.

Program Studi Entrepreneurship – Business Creation dirancang khusus untuk membentuk wirausahawan kreatif dan inovatif di masa depan. Program studi Entrepreneurship – Business Creation akan memperkenalkan mahasiswa pada dasar-dasar inovasi dan kewirausahaan, memberikan cetak biru untuk ide dan strategi untuk mengubah ide menjadi usaha yang layak. Mahasiswa akan belajar untuk mengembangkan kemampuan inti dari generasi ide dan penemuan peluang, akuisisi sumber daya dan manajemen kewirausahaan, menilai kelayakan finansial, dan membangun model bisnis. Selain itu, mahasiswa akan memiliki pengalaman langsung dalam membentuk tim, membangun jaringan dengan mitra, melakukan riset pasar, dan meluncurkan usaha baru.

Mata Kuliah

Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di jurusan Entrepreneurship – Business Creation di BINUS University @Malang antara lain: Character Building : Pancasila, Business Mathematics, Introduction to Management and Business, Introduction to Entrepreneurship, Introduction to Accounting, English Entrant, Character Building : Kewarganegaraan, Entrepreneurial Marketing, Marketing Communication, Introduction to Economics, Entrepreneurial Finance, Human Resources Management, Business Ideas and Opportunities, Innovation and Entrepreneurship, Business Model, Creative and Innovative Thinking, Business Information Systems, Operational Management, Character Building : Agama, English in Focus, Legal Aspects in Business, Indonesian Language, Business Ethics, Digital Marketing, Business Statistics, New Venture Creation, Topics in Creative Business, English Savvy, Managerial Economics, Entrepreneurial Strategy, Managing Growing Business, Business Plan and Product Development, Cross Cultural Management, Market Research, Managing Family Business, Entrepreneurship and Culture, Enrichment Program, dan Thesis. (https://binus.ac.id/program/entrepreneurship-business-creation/)

Prospek Karir

Berikut prospek karir untuk jurusan Entrepreneurship – Business Creation BINUS University diantaranya adalah:

  1. Creativepreneur
  2. Business Developer
  3. Intropreneur
  4. Business Planner
  5. Small Business Consultant

Universitas Bina Nusantara (BINUS) hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di bidang Entrepreneurship – Business Creation. Entrepreneurship – Business Creation (S1) adalah program studi BINUS University menawarkan kurikulum berkualitas sehingga memberikan kesempatan secara luas dan terbuka kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan akademik sesuai dengan bakat dan minat di bidang bisnis. Program Studi Entrepreneurship – Business Creation (S1) BINUS@Malang di desain untuk menyiapkan talenta muda menjadi Sarjana Bisnis yang siap mengaplikasikan pengetahuan entrepreneurship, serta mempersiapkan generasi muda dengan kemampuan kreatif dan inovatif untuk penciptaan dan pengembangan bisnis yang dapat bersaing dalam kompetisi global. Melalui Entrepreneurial Process, mahasiswa akan belajar dalam menemukan ide dan peluang bisnis, menganalisa persaingan, pasar dan risiko bisnis. Selain itu, mahasiswa dapat merumuskan model bisnis dan perencanaan bisnis, menjalankan bisnis rintisan (startup), serta menumbuhkan dan mengembangkan bisnis.

Program Studi Entrepreneurship – Business Creation BINUS@Malang bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa dalam mengelola bisnis dan manajemen guna memenangkan persaingan bisnis global yang semakin ketat dalam dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Program Studi Entrepreneurship – Business Creation (S1) BINUS@Malang membekali mahasiswa dengan kemampuan dan kompetensi melalui pemanfaatan teknologi informasi, kemampuan dan kompetensi pada bisnis internasional dan strategis, dan mampu mengaplikasikan pemikiran-pemikiran yang strategis di bidang manajemen dan bisnis global.

Program Studi Entrepreneurship – Business Creation BINUS@Malang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan agar mampu melakukan komunikasi secara profesional untuk membangun dan memelihara hubungan perusahaan dengan pemangku kepentingan melalui saluran yang relevan. Selain itu, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam berkomunikasi, serta program (2+1)+1, dimana dua tahun kuliah di kampus asal, satu tahun bisa memilih kuliah di kampus yang ada di kota lain, dan 1 tahun mengikuti Enrichment program. Dalam Enrinchment program, mahasiswa mendapatkan waktu 1 tahun untuk melakukan magang di perusahaan, atau melakukan penelitian, atau studi ke luar negeri, atau melakukan pengembangan komunitas, atau membuat bisnis start-up murni dari ide mereka sendiri. Tentu saja segenap tim dosen akan mendukung dan membimbing mahasiswa, jalur apapun yang dipilih. Hal ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan industri kreatif baik nasional maupun internasional.

Program Studi Entrepreneurship – Business Creation BINUS@Malang sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas agar dapat memenuhi kebutuhan industri di masa depan dalam menyelesaikan masalah komunikasi melalui berbagai media visual. Sehingga mahasiswa lulusan Program Studi Entrepreneurship – Business Creation BINUS University mampu bersaing dalam era teknologi agar dapat langsung berkarir di dunia industri.

Program Studi Entrepreneurship – Business Creation kini telah tersedia di BINUS @Malang. BINUS University Malang beralamat di Araya Mansion No. 8 – 22, Genitri, Tirtomoyo, Kec. Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.