People Innovation Excellence
 

Teknik dan metode mengembangkan creative thinking

Teknik dan metode yang bisa kita terapkan dalam mengembangkan creative thinking, yaitu:

  1. Brainstorming

Brainstorming merupakan teknik yang paling sering digunakan dalam bidang pemasaran, periklanan, dll. Teknik ini dilakukan dengan berdiskusi bersama dalam sebuah grup atau forum untuk menemukan sebuah solusi dengan mengumpulkan berbagai ide dari partisipan yang terlibat. Namun seiring perkembangan zaman, teknik ini tidak lagi dianggap efektif untuk menghasilkan berbagai ide baru.

  1. Lateral Thinking

Lateral thinking merupakan salah satu metode penyelesaian masalah dan pengembangan ide yang dikembangkan oleh Edward de Bono, dimana kita memanipulasi dan mengarahkan pikiran kita ke arah pemikiran tertentu. Teknik ini memang menggunakan cara yang tidak biasa, tetapi  dapat membantu kita mengeksplorasi lebih banyak kemungkinan dan pendekatan lainnya.

  1. Six Thinking Hats

Metode lainnya yang merupakan karya Edward de Bono adalah Six Thinking Hats, dimana para pemikir dapat mengarahkan pikiran mereka ke arah yang berbeda. Berbagai arah ini direpresentasikan dalam bentuk 6 buah topi yang memiliki warna yang berbeda dengan pokok pikiran yang juga berbeda. Masing-masing topi merepresentasikan data atau info yang ada, intuisi hingga emosi  yang dirasa, kemungkinan terburuk yang akan terjadi, optimisme dan positive thinking, peluang yang terlihat, serta proses dari pola pemikiran yang diterapkan.

  1. Random Input

Teknik ini biasa dianalogikan seperti hubungan yang dipaksakan, karena teknik ini memaksa kita untuk keluar dari pola pikir yang lama untuk menemukan ide yang baru. Teknik ini menghasilkan pola pikir yang baru serta asosiasi dalam memecahkan suatu masalah.

  1. Reversal

Teknik reversal memaksa otak kita untuk berpikir dengan cara yang tidak biasa. Hal ini dapat dilakukan dengan membalikkan pertanyaan-pertanyaan yang muncul dan membalikkan kembali hasilnya agar sesuai dengan pertanyaan di awal sebelumnya.

  1. SCAMPER

Teknik ini dilakukan dengan mempertimbangkan peningkatan produk maupun jasa yang dirasa memiliki masalah atau memiliki potensi bagi perkembangan selanjutnya. SCAMPER sendiri merupakan alat yang mempermudah kita dalam mengembangkan ide, konsep, produk maupun jasa yang baru dengan memberikan beberapa pertanyaan penting yang dapat mengarahkan pikiran kita ke arah yang lebih spesifik.

  1. Method of Analysis

Method of Analysis adalah metode dimana kita dapat menganalisis suatu permasalahan dengan berbagai cara. Metode ini dilakukan dengan membuat daftar atribut dari suatu produk atau jasa yang kemudian dapat divariasikan atau dikombinasikan untuk meningkatkan kualitasnya, atau membentuk produk dan jasa yang baru.

 

Referensi

Vogel, T. (2014). Breakthrough Thinking: A Guide to Creative Thinking and Idea Generation. Cincinnati: HOW Books.

 

 


Published at :
Written By
Mardhatillah Shanti, S.E., M.M.
Lecturer
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close