Ingin Masuk Jurusan Public Relations BINUS? Berikut Informasi Lengkap dan 12 Pilihan Prospek Karir Yang Menjanjikan!
Jakarta, 24 Agustus 2020 – Komunikasi adalah salah satu cara manusia berinteraksi dalam menyampaikan suatu pesan atau informasi, banyak sekali cara agar pesan tersebut dapat tersampaikan, bahkan seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat informasi semakin mudah didapatkan dengan tanpa batasan. Oleh karena itu, komunikasi dibutuhkan dalam segala hal. Karena pada dasarnya ilmu komunikasi lahir dari berbagai disiplin ilmu sosial seperti sosiologi, ilmu politik, antropologi, dan hubungan internasional.
Program studi Public Relations merupakan jurusan interdisipliner yang menggabungkan teori dan konsep Ilmu Komunikasi dan Hubungan Masyarakat (Humas). Program studi Public Relations memiliki dua konsentrasi, yaitu Komunikasi Perusahaan (Corporate Communication) dan Komunikasi Merek (Brand Communication) yang berfokus pada pengembangan keterampilan komunikasi dengan menggunakan media konvensional dan digital, serta mampu merancang rencana komunikasi secara strategis untuk berbagai stakeholders. Corporate Communication berfokus pada perancangan perencanaan komunikasi secara strategis dalam membangun dan memelihara hubungan baik serta memberikan timbal balik dengan publik internal dan eksternal perusahaan melalui berbagai alat kehumasan, seperti siaran pers dan publikasi, media sosial, event perusahaan, kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, dan lain sebagainya. Sedangkan Brand Communication berfokus pada perancangan perencanaan secara strategis untuk mengkomunikasikan merek secara kredibel kepada target audiens.
Bagi kamu yang masih bingung memilih program studi yang sesuai untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi nanti? Program studi Public Relations bisa menjadi program studi andalan buat kamu, karena bidang komunikasi memiliki prospek karier yang sangat luas. Program Studi Public Relations sangat berhubungan dengan indusri kreatif, digital marketing, dan advertising. Di mana yang kita tahu perkembangan industri dalam bidang public relations memiliki perkembangan yang sangat pesat pada saat ini.
Mata Kuliah
Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di jurusan Public Relations di BINUS@Malang antara lain: Character Building : Pancasila, Introduction to Public Relations, Public Speaking, Intercultural Communication, Corporate Relationship Management, Indonesian Language, English in Focus, English for Business Presentation, Character Building : Kewarganegaraan, Communication Theories in Public Relations Context, Professional Communication in Business Setting, Writing for Public Relations, Reputation Management, Entrepreneurship : Ideation, English Savvy, English for Written Business Communication, Character Building : Agama, Entrepreneurship : Prototyping, Social Design Thinking, Consumer and Audience Analytics, Strategic Planning in Public Relations, Crisis Management, Corporate Social Responsibility, Entrepreneurship : Market Validation, Communication Technology, Integrated Marketing Communication, SEM and SEO Management, Public Relations Photography, Visual Design, Quantitative and Qualitative Research Methods in Communication Context, Workplace Ethics and Behavior, Branding and Advertising, Event Management, Digital Platform Strategies, Digital Analytical for Public Relations, Enrichment Program, dan Thesis. (https://binus.ac.id/program/public-relations/)
Prospek Karir
Secara mayoritas, calon mahasiswa yang memilih jurusan Public Relations karena mahasiswa lulusan program studi Public Relations memiliki prospek karir yang sangat luas dan banyak. Dalam mempelajari ilmu komunikasi, semua teori tersebut dapat di aplikasikan ke dalam berbagai bidang. Sehingga, mahasiswa lulusan Public Relations, dapat memasuki dunia industri di berbagai bidang. Berikut prospek karir untuk jurusan Public Relations diantaranya adalah:
- Public Relations/Humas : seorang Public Relations/humas bertugas untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu yang membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. Seorang Public Relations menggunakan berbagai media untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang baik antara perusahaan dengan stakeholders dan masyarakat.
- Event Organizer : seorang event organizer harus mampu mengurus semua hal terkait acara dengan sangat detail. Mulai dari klien, vendor, hingga para tamu undangan yang hadir. Seorang EO juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karena EO lebih banyak berkomunikasi dan berelasi dengan banyak orang. EO, biasanya bisa bekerja pada suatu perusahaan yang biasa mengadakan beragam jenis event. Seperti Ismaya, DBL Indonesia, Live Nation dan lain-lain.
- Presenter : berprofesi menjadi seorang presenter menjadi suatu pekerjaan yang menyenangkan karena terlibat dalam membawakan acara. Apalagi menjadi soernag presenter televisi yang terkenal dalam menyampaikan berita menjadi prospek kerja lulusan ilmu komunikasi yang didambakan. Banyak sekali presenter televisi yang terkenal seperti Najwa Shihab, Feni Rose, Andy.F. Noya, dan masih banyak lagi.
- Wartawan : seseorang yang bertugas menulis dan melaporkan berita (informasi) dari suatu kejadian. Menjadi seorang wartawan bukan pekerjaan yang mudah, karena dibutuhkan keberanian dan komitmen dalam menyajikan berita yang layak bagi banyak orang.
- Editor : menjadi seorang editor atau sering disebut dengan penyunting menjadi pekerjaan yang diminati oleh para lulusan komunikasi. Editor bertugas untuk mencari, memperbaiki, dan mempublikasikan naskah.
- Penyiar Radio : menjadi seorang penyiar radio menjadi peluang besar bagi lulusan komunikasi yang terampil dan cakap dalam berkomunikasi. Penyiar radio bertugas dalam menyampaikan informasi kepada para pendengar radio.
- Designer Grafis : mahasiswa lulusan public relations yang tertarik ke multimedia, pekerjaan ini sangat cocok. Desainer grafis berperan dalam menciptakan tipografi, ilustrasi, dan grafis yang digunakan untuk menyampaikan informasi suatu produk dalam bentuk desain yang menarik dengan berbagai macam software seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan masih banyak lagi.
- Copy Writer : prospek kerja untuk mahasiswa lulusan public relations juga berpeluang besar untuk menjadi seorang copywriter, terutama untuk orang yang suka menulis. Seorang copywriter harus mampu membuat para pembacanya menjadi nyaman dan tidak jenuh membaca tulisannya hingga akhir.
- Juru Bicara : seseorang yang diberikan tanggung jawab dalam menerangkan kondisi sesuatu. Juru bicara biasanya bertugas dalam menyampaikan keterangan resmi kepada umum yang mewakili seseorang atau suatu kelompok. Juru bicara menjadi pekerjaan yang sangat menarik terutama untuk seorang lulusan komunikasi.
- Dosen : di setiap perguruan tinggi yang mempunyai jurusan ilmu komunikasi tentu membutuhkan seorang pengajar. Sehingga tidak heran para lulusan komunikasi dapat menjadi seorang dosen tentu dengan persyaratan pendidikan minimal magister (S2).
- Pengusaha : mahasiswa lulusan public relations yang ingin berbisnis bisa menjadi pengusaha. Menjadi pengusaha memiliki perkerjaan yang tidak terikat dengan suatu instansi, sehingga bisa bekerja kapanpun sesuai keinginan. Namun, untuk menjadi seorang pengusaha kamu tidak boleh takut untuk mengalami kegagalan dan dituntut untuk terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman.
- Analisis : seorang lulusan public relations juga bisa menjadi seorang analis yang profesional untuk kebutuhan kemajuan perusahaan yang tentunya membutuhkan banyak analis data. Seorang analis bertanggung jawab dalam perancanaan, penelitian, dan mengelola data menjadi suatu informasi. Sehingga data tersebut bisa dipahami dan berguna untuk mengatasi suatu masalah tertentu.
BINUS University hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik di bidang Public Relations melalui kurikulum program yang dirancang untuk menyiapkan mahasiswa yang kreatif dengan mempelajari menganalisis kasus-kasus dalam komunikasi untuk memberikan solusi dengan pendekatan ilmu komunikasi sehingga mahasiswa lulusan Public Relations BINUS University mampu merancang solusi dalam pendekatan ilmu komunikasi untuk menghadapi krisis komunikasi baik internal, eksternal maupun komunitas dengan menggunakan berbagai media.
Program Studi Public Relations BINUS@Malang membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan agar mampu melakukan komunikasi secara profesional untuk membangun dan memelihara hubungan perusahaan dengan pemangku kepentingan melalui saluran yang relevan. Selain itu, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam berkomunikasi, serta program (2+1)+1, dimana mahasiswa akan menjani 2 tahun kuliah di kampus asal, 1 tahun kuliah di kampus BINUS di kota lain, dan 1 tahun mengambil salah satu dari 5 program enrichment.
Program Studi Public Relations BINUS@Malang sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas agar dapat memenuhi kebutuhan industri di masa depan dalam menyelesaikan masalah komunikasi melalui berbagai media visual. Sehingga lulusan Public Relations BINUS University mampu bersaing dalam era teknologi agar dapat langsung bekerja di dunia industri.
Program studi Public Relations BINUS University kini telah tersedia di BINUS @Malang. BINUS@Malang beralamat di Araya Mansion No. 8 – 22, Genitri, Tirtomoyo, Kec. Pakis, Malang, Jawa Timur 65154.
Comments :