Siaran Pers

Semarang, 7 Oktober 2023 – Revolusi Industri 4.0 telah mengubah sektor industri secara mendalam, mendorong bisnis dan individu untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Dalam konteks perkembangan Artificial Intelligence (AI), baru-baru ini Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) merilis data Future of Jobs Report dari World Economic Forum 2023 yang mengungkapkan bahwa AI diproyeksikan akan menyerap dan menggantikan peran 85 juta pekerja pada tahun 2025. Informasi ini telah menciptakan rasa urgensi yang kuat, menegaskan pentingnya keterampilan manusia dan adaptasi di era dimana AI terus berkembang.

BINUS UNIVERSITY @Semarang memahami urgensi ini dan berkomitmen melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang siap menghadapi tantangan dan peluang Revolusi Industri 4.0.

Rektor BINUS UNIVERSITY, Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA dengan bangga mengungkapkan “Kami mempersembahkan BINUS UNIVERSITY @Semarang, yang terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkelas dunia kepada generasi masa depan. Hari ini, kami hadir dengan inovasi baru, yaitu gedung kampus yang modern dan inspiratif. Ini adalah wujud dedikasi kami dalam meningkatkan pengalaman belajar bagi BINUSIAN agar mereka siap menghadapi Revolusi Industri 4.0. Ini adalah langkah nyata dalam mendukung visi misi BINUS UNIVERSITY untuk mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja yang terus berubah dan memimpin dalam masyarakat yang semakin kompleks,” ungkapnya.

Sebagai bagian dari komitmen  melahirkan SDM unggul pada era Revolusi Industri 4.0 secara global, BINUS UNIVERSITY @Semarang menyelenggarakan “REVOLUTIONIZE U: Moving Towards Industrial Revolution 4.0” pada tanggal 7 Oktober 2023. Acara ini menjadi sangat penting dalam evolusi industri global, di mana kemajuan teknologi, terutama kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), menjadi kunci dalam menentukan masa depan dunia kerja.

“Acara REVOLUTIONIZE U merupakan manifestasi dari komitmen BINUS UNIVERSITY @Semarang dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang mendunia. Kami ingin menginspirasi para peserta untuk menghadapi masa depan yang penuh perubahan dan mengedukasi pentingnya memberdayakan pendidikan berkelanjutan dan keterampilan adaptasi dalam menghadapi perubahan teknologi yang pesat.”, jelas Dr. Ir. Boto Simatupang, MBP., selaku BINUS UNIVERSITY @Semarang Campus Director.

Acara ini akan menampilkan serangkaian kegiatan menarik, antara lain:

  1. International Poster Exhibition
  2. Open House
  3. OSIS Gathering
  4. Student Performance
  5. Media Gathering
  6. Workshop & Career talk
  7. BINUS & Scholarship Update
  8. BTalk
  9. Principal & Teacher Gathering
  10. BINUS TV – Broadcasting Day
  11. Test Minat Bakat
  12. Food Bazaar

Dalam rangkaian acara BTalk dan Workshop & Career Talk yang akan diadakan, akan hadir para pemikir dan praktisi terkemuka akan membahas tantangan dan peluang yang muncul di era Revolusi Industri 4.0. Mereka akan membahas bagaimana perubahan teknologi, terutama perkembangan pesat kecerdasan buatan (AI) memengaruhi sektor industri.

Selain itu, mereka akan memberikan wawasan tentang keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan oleh calon profesional agar tetap relevan dan kompetitif di pasar kerja yang terus berubah. Dalam sesi ini, ide-ide akan berkembang, dan semangat revolusi akan terus hidup, mendorong para peserta untuk berani mengejar impian mereka dan menjadi agen perubahan dalam masyarakat yang berkembang pesat ini.

Melalui acara ini, BINUS UNIVERSITY @Semarang berharap untuk meningkatkan kesadaran akan pentingya keahlian individu dalam menghadapi era Industri 4.0 saat ini.

Tentang BINUS UNIVERSITY

BINUS UNIVERSITY merupakan Perguruan Tinggi Indonesia berkualitas global yang telah terakreditasi Unggul dari BAN-PT dan mendapat pengakuan dari lembaga pemeringkatan dunia seperti QS (Quacquarelli Symmonds) dan Times Higher Educations. Dengan pengalaman selama 42 tahun membina Nusantara melalui pendidikan, BINUS UNIVERSITY memiliki visi utama, yakni sebagai “A World-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation.”

BINUS UNIVERSITY memiliki 12 kampus yang tersebar di beberapa kota di Indonesia yang terdiri dari 6 kampus di Jakarta, 2 kampus di Tangerang, 1 kampus di Bekasi, 1 kampus di Bandung, 1 kampus di Malang, dan 1 Kampus di Semarang. Selain itu BINUS juga memiliki Online Campus yang menyediakan layanan pendidikan jarak jauh.

BINUS UNIVERSITY berkomitmen 2 dari 3 lulusan BINUS UNIVERSITY bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur. Tidak hanya membekali mahasiswa dengan pengalaman belajar di kampus, mahasiswa juga diberikan pengalaman langsung di dunia industri. Komitmen ini diwujudkan melalui Program (2+1)+1.

Program (2+1)+1 ditujukan bagi mahasiswa yang ingin merasakan pengalaman belajar multi-kampus dengan konsep belajar selama dua tahun di kampus asal, 1 tahun di kampus BINUS di kota lain; serta 1 tahun mengambil 1 dari 7 track Enrichment yang disediakan, yaitu: Internship, Community Development, Research, Start-Up Business, atau Study Abroad (kuliah di luar negeri), serta Further Study untuk beberapa program studi tertentu, serta specific independent study.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi:
Gandy Pratama Jaya
Public Relations BINUS UNIVERSITY
Cell : 0815 – 1949 – 8085
Email : gandy.jaya@binus.edu