Tips Memulai Bisnis Digital di Kota Semarang

Sejak dimulainya Revolusi Industri 4.0, pebisnis makin terdorong untuk memanfaatkan teknologi. Jika dulu bisnis hanya dilakukan secara offline, kini kamu bisa menjual barang tanpa harus tatap muka secara langsung. Bahkan, kamu juga bisa menjalankan keduanya untuk mendapatkan keuntungan ganda. Untuk pembayarannya pun dapat dilakukan secara digital melalui aplikasi maupun transfer bank. Tren bisnis yang memanfaatkan teknologi digital ini juga bermunculan di kota Semarang.

Dari banyaknya kota besar di Indonesia, Semarang tercatat sebagai kota yang mulai diminati pebisnis untuk merintis usaha. Maklum saja, peluang bisnis di Semarang tergolong baik. Hal ini tak lepas dari statusnya sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah. Semarang juga memiliki banyak destinasi wisata dan kuliner lezat yang membuat wisatawan tertarik. Di Semarang, kamu juga bisa mendapatkan tenaga kerja kompeten dan harga sewa bangunan yang relatif lebih terjangkau. 

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Digital di Kota Semarang?

Kendati demikian, sebelum merintis bisnis kamu harus mempersiapkan sejumlah hal. Supaya lebih mudah, berikut tips memulai bisnis digital yang dapat kamu terapkan. 

Menentukan Tujuan

Sebagai pebisnis, kamu harus memiliki tujuan yang jelas. Misalnya, penjualan minimal 20 buah setiap bulan, perluasan bisnis setelah 6 bulan, atau total laba bersih 500 juta dalam waktu satu tahun. Berbekal tujuan yang jelas kamu tidak akan menyerah saat mengalami masalah atau pendapatan bisnis tak sesuai ekspektasi. Kamu justru akan makin bersemangat untuk mencari solusi terbaik demi mencapai tujuan bisnis.

Riset Pasar

Lakukan riset pasar untuk memudahkan kamu menentukan produk atau jasa yang hendak ditawarkan. Riset pasar juga bermanfaat untuk melihat kondisi persaingan, menentukan harga jual, dan terobosan baru supaya produk yang kamu jual memiliki keunggulan dibanding produk serupa di pasaran. Berbekal riset pasar, kamu akan lebih mudah menjangkau pasar yang lebih luas.

Membuat Website

Untuk menjalankan bisnis digital, kamu tidak harus memiliki toko fisik. Kamu hanya perlu membuat website bisnis untuk memperkenalkan merek, menambah kesan profesional, dan melayani konsumen. Namun, kamu mungkin akan memerlukan gudang untuk penyimpanan barang ketika bisnis sudah berkembang pesat. 

Manfaatkan Media Sosial

Menjalankan bisnis digital tidak cukup dengan merancang website saja. Kamu juga perlu membuat akun media sosial untuk mendorong kepercayaan publik. Mulai dari TikTok, Instagram, Facebook, Twitter, hingga Youtube. Manfaatkan saluran media sosial tersebut untuk mempromosikan bisnis dan menjalin kedekatan dengan pelanggan. Cara ini efektif meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.

Pelajari Dasar Ilmu Bisnis

Supaya bisnis digital yang kamu jalankan berjalan tanpa kendala berarti, rajinlah membaca buku yang berkaitan dengan bisnis. Akan lebih baik apabila kamu mengambil jurusan Digital Business di BINUS UNIVERSITY @Semarang. Kamu akan lebih paham mengenai dunia bisnis, cara merancang dan merintis bisnis, serta solusi untuk menghadapi berbagai permasalah klasik yang kerap dihadapi pebisnis. 

Tak hanya itu saja, kamu juga akan diajak untuk mengasah dan menggali potensi diri, bertemu dan bertukar pikiran dengan BINUSIAN lain, serta mengikuti program untuk mengasah mental dan jiwa bisnis. Di BINUS UNIVERSITY @Semarang, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman baru yang berkesan dan bermanfaat di masa depan. 

Memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO)

Supaya sukses bisnis digital, kamu harus memahami dan menguasai SEO. Berbekal SEO, halaman website kamu bisa berada di halaman utama mesin pencari Google maupun sejenisnya. Dampaknya, bisnismu akan lebih dikenal sehingga berpotensi meraih lebih banyak pelanggan. Alhasil, penjualan pun meningkat pesat.

Demikianlah sejumlah tips memulai bisnis digital di Kota Semarang yang bisa kamu terapkan. Jangan ragu untuk menimba ilmu di BINUS UNIVERSITY @Semarang! Dapatkan kesempatan untuk bertemu dengan banyak teman baru, menjalin relasi, dan pengalaman menyenangkan selama kuliah. Tunggu apa lagi? Ayo, rancang masa depan kamu bersama di BINUS UNIVERSITY @Semarang!